Olah Raga

Indonesia Babat Laos 5-1, Indonesia Pulang

Saturday, 29 Nopember 2014 | View : 545

HANOI-SBN.

Timnas Indonesia sukses memetik kemenangan dari timnas Laos dengan skor akhir 5-1 pada laga terakhir Grup A Piala AFF Suzuki Cup 2014 yang digelar di Hang Day Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (28/11/2014) malam.

Perjuangan keras Tim Nasional senior Indonesia dengan meluluh-lantakkan Tim Nasional Laos dengan skor akhir yang meyakinkan 5-1 di partai terakhir Grup A Piala AFF Suzuki 2014 di Stadion Hang Day, Hanoi, Vietnam, Jumat (28/11/2014) malam menjadi sia-sia, belum cukup untuk membawa Indonesia melaju ke babak selanjutnya. Hasil kemenangan ini tak membantu Timnas Garuda untuk lolos dan harus angkat koper dari ajang ini. Pasalnya di pertandingan Grup A lainnya, Vietnam berhasil mengantongi poin penuh dari Filipina dengan menang telak 3-1 atas Filipina. Kemenangan besar Indonesia tak berarti karena pada waktu yang hampir bersamaan, Vietnam mengandaskan Filipina 3-1.

Artinya, Indonesia masih kalah dengan jumlah poin yang dimiliki Filipina dan Vietnam. Dengan hasil kemenangan Vietnam ini maka membuat Vietnam menjadi juara grup dengan mengoleksi 7 poin dari hasil dua menang sekali imbang atau seri/draw, diikuti Filipina dengan mengumpulkan enam poin hasil dua menang dan sekali kalah. Poin Filipina tak bisa disamai Indonesia yang hanya mendapat empat poin. Sementara itu, Indonesia berada di posisi ketiga grup dengan empat poin dan Laos menjadi juru kunci.

Kekalahan Indonesia 0-4 dari Filipina di laga kedua menjadi penyebab kecilnya peluang Indonesia. Alhasil, laga terakhir melawan Laos bisa dikatakan hanya formalitas saja.

Meski demikian skuat Alfred Riedl tetap berusaha tampil maksimal melawan Laos. Anak-anak asuh Alfred Riedl tersebut tampil dominan sepanjang babak pertama, meski sesekali mendapat perlawanan dari Laos. Di babak pertama, Indonesia sudah unggul 2-1 atas Laos. Namun keunggulan itu harus dibayar mahal setelah Supardi Nasir diganjar kartu merah di menit ke-27.

Kendati demikian, penampilan dari skuat Garuda patut mendapatkan pujian. Terutama dari pemain muda berbakat, Evan Dimas yang telah membuktikan bahwa dirinya layak menjadi starter dalam laga kompetitif. Terbukti pemain jebolan timnas u-19 ini mampu merobek gawang Laos melalui tendangan level tinggi. Evan Dimas menjaringkan bola lewat tendangan keras dari luar kotak penalti menggunakan kaki kirinya pada menit ke-8.

Lima gol Indonesia dibuka Evan Dimas saat laga baru berjalan delapan menit. Indonesia membuka keunggulan lewat gol Evan Dimas di menit ke-8. Sepakan keras kaki kiri pemain Persebaya Surabaya itu dari luar kotak penalti meluncur deras dan bersarang ke sisi kanan gawang Laos. Secara psikis, gol cepat nan indah Evan Dimas di menit ke-8 mampu membangkitkan semangat para pemain Indonesia untuk bermain lebih baik lagi. Pemain berusia 19 tahun itu yang disimpan oleh pelatih Alfred Riedl di dua pertandingan awal Piala AFF 2014, mampu menunjukkan kualitasnya.

Tampil menguasai pertandingan, skuat asuhan Alfred Riedl kembali mengukir papan skor. Menit ke-20, Indonesia yang tampil dominan menambah gol keduanya. Kali ini giliran gol dicetak pemain gelandang, Rizki Ramdani Lestaluhu yang berhasil meneruskan umpan pendek dari Cristian Gonzales di dalam kotak penalti. Sodoran Cristian Gonzales di dalam kotak tanpa kontrol, Rizki Ramdani Lestaluhu langsung disambut dengan melepaskan tendangan sepakan kaki kanan first time Rizki Ramdani Lestaluhu dan berbuah gol pada menit ke-20. Indonesia menambah keunggulan. Skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Tim Merah Putih.

Laos bukan tanpa perlawanan. Thim Xad mampu melakukan serangan balik di menit ke-23 melalui Khonesavanh Sihavong. Beruntung dia kehilangan momentum sehingga ruang tembaknya mampu ditutup bek Victor Igbonefo.

Namun, petaka untuk timnas Indonesia. Menit ke-29 terjadi petaka ketika Supardi Nasir melakukan pelanggaran keras di area penalti. Bek timnas Indonesia, Supardi Nasir dengan sengaja mendorong pemain Laos di dalam kotak penalti. Akibatnya, Supardi Nasir diusir dari lapangan lantaran diganjar kartu merah tepatnya menit 29. Wasit menunjuk titik putih dan memberikan kartu merah buat Supardi Nasir.

Mendapatkan hadiah tendangan penalti, Laos pun tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Striker andalan Laos, Khampheng Sayavutthi yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menjalankan tugasnya menjadi algojo dan menciptakan gol untuk memperkecil ketertinggalan Laos menjadi kedudukan 1-2 pada menit ke-29. Hingga memasuki jeda babak pertama skor tetap bertahan 2-1.

Memasuki paruh kedua, Indonesia seidikit tertekan lewat serangan-serangan Laos yang sedikit menjanjikan. Namun, upaya itu masih bisa diatasi dengan baik oleh pasukan Merah Putih.

Bermain dengan 10 pemain, intensitas serangan Indonesia menurun. Kesempatan itu membuat Laos mulai meningkatkan intesitas serangan dan beberapa kali membahayakan gawang Indonesia. Beruntung, kiper I Made Wiryawan tampil brilian di bawah mistar gawang.

Tampil hanya dengan 10 pemain timnas Indonesia kembali membuka keran gol.

Di babak kedua, Indonesia yang bermain dengan 10 pemain beberapa kali keteteran mengimbangi permainan Laos yang agresif. Namun Indonesia mampu memperbesar keunggulan berkat gol kedua pemain gelandang Rizki Ramdani Lestaluhu menciptakan gol keduanya di menit ke-50. Gol bermula dari giringan bola Evan Dimas menyisir pertahan Laos dari sisi kiri. Saat masuk ke dalam kotak penalti, Evan lantas mengirim umpan silang ke mulut gawang. Hasil umpan Evan Dimas melawati Cristian Gonzales dan dengan mulus mendarat di kaki Rizki Ramdani Lestaluhu sebelum dituntaskan lewat sepakan kaki kiri. Jadi, Rizki Ramdani Lestaluhu memborong dua gol masing-masing di menit 20 dan 50. Khampheng Sayavutthi sempat menipiskan ketinggalan jadi 2-1 sebelum Rizki Ramdani Lestaluhu  mencetak gol keduanya.

Setelah itu beberapa kali penjaga gawang I Made Wiryawan jatuh bangun melakukan penyelamatan.

Menjelang berakhir waktu normal Indonesia memperlebar gol Tim Garuda. Gol keempat itu dicetak oleh pemain yang datang dari bangku cadangan, Zulham Zamrun. Zulham Zamrun membuat skor jadi 4-1 di menit 82 lewat tendangan voli. Menit ke-82, pemain klub Mitra Kukar itu, Zulham Zamrun memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 4-1 setelah sukses menjebol gawang Laos setelah menyambut umpan silang dari Muhammad Ridwan. Zulham Zamrun memaksimalkan umpan lambung dari Muhammad Ridwan di sisi kanan lapangan. Zulham Zamrun yang tepat berada di arah bola datang langsung menghajar si kulit bundar menggunakan kaki kiri dan membuat kedudukan menjadi 4-1.

Sedangkan gol kelima tercipta lewat gol bunuh diri. Hadiah gol itu diberikan Laos setelah pemain bek Laos Ketsada Souksavanh membuat dan mencetak gol bunuh diri pada menit ke-89. Proses gol bunuh diri bermula dari pergerakan lincah dari Zulham Zamrun yang menggiring bola ke dalam jantung pertahanan Laos.

Zulham Zamrun yang bermaksud mengirim bola ke pada rekan setimnya, tanpa sengaja bola dibelokan Ketsada Souksavanh ke dalam gawangnya sendiri. Hasil itu membuat kedudukan menjadi 5-1 untuk keunggulan Indonesia. Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-1.

Berikut klasemen akhir Grup A Piala AFF Suzuki 2014:

22 November 2014
16:00

 

Philippines 

4–1

 Laos

Rota Goal 40'
P. Younghusband Goal 45+1'
Reichelt Goal 77', 88'

 

Sayavutthi Goal 21'

 

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Wang Di (China PR)

 

22 November 2014
19:00

 

Vietnam 

2–2

 Indonesia

Qu Ngc Hi Goal 11'
Lê Công Vinh Goal 68'

 

Zulham Goal 33'
Samsul Goal 84'

 

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Minoru Tj (Japan)

 

25 November 2014
16:00

 

Philippines 

4–0

 Indonesia

P. Younghusband Goal 16' (pen.)
Ott Goal 52'
Steuble Goal 68'
Gier Goal 79'

 

 

 

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Fahad Al-Marri (Qatar)

 

25 November 2014
19:00

 

Laos 

0–3

 Vietnam

 

Report

V Minh Tun Goal 27'
Lê Công Vinh Goal 84'
Nguyn Huy Hùng Goal 88'

 

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Ali Sabah Al-Qaysi (Iraq)

 

28 November 2014
19:00

 

Indonesia 

5–1

 Laos

Evan Goal 8'
Ramdhani Goal 20', 50'
Zulham Goal 82'
Souksavanh Goal 89' (o.g.)

 

Sayavutthi Goal 29' (pen.)

 

Hàng y Stadium, Hanoi
Referee: Ali Sabah Al-Qaysi (Iraq)

 

28 November 2014
19:00

 

Vietnam 

3–1

 Philippines

Ngô Hoàng Thnh Goal 9'
V Minh Tun Goal 51'
Phm Thành Lng Goal 58'

 

 

 

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Minoru Tj (Japan)

Susunan Pemain:

Indonesia:

I Made Wiryawan (PG), Supardi Nasir (kartu merah 27’), Victor Igbonefo, Zulkifli Syukur, A. Jufriyanto, Hariono (Firman Utina 84’), Manahati Lestusen, Rizki Ramdani Lestaluhu (Muhammad Ridwan 56’), Evan Dimas, Cristian Gonzales, Boaz Solossa (Zulham Zamrun 66’).

Pelatih: Alfred Riedl.

Laos:

Seng Athit Somvang (PG), Saynakhonevieng Phommapanya (Sitthideth Khanthavong 68’), Saychon Khunsamnam, Ketsada Souksavanh, Bountavy Sipasong, Phoutdavy Phommasane, Viengsavanh Sayyabounsou, Keoviengphet Liththideth, Khonesavanh Sihavong, Soukaphone Vongchiengkham, Khampheng Sayavutthi.

Pelatih: David Booth. (jos)

See Also

Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
Portugal Lolos Ke Final Setelah Tundukkan Wales 2-0
Prancis Ke Semi Final Setelah Kalahkan Islandia 5-2
Jerman Menang Adu Penalti Atas Italia 6-5
Piala Eropa 2016, Wales-Belgia 3-1
Zinedine Zidane Tak Yakin Bertahan Di Real Madrid
Nico Rosberg Juara GP F1 Rusia
Valentino Rossi Juara MotoGP Spanyol
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.114.017 Since: 05.03.13 | 0.2201 sec