Nasional

Wali Kota Bandung Girang Ahok Janji Ganti Rugi

JAKARTA-SBN.

Keduanya, Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disebut “Ahok” dan Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil atau Emil mengisi acara Kompasianival yang bertema “Aksi Pemimpin Daerah untuk Indonesia” di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (22/11/2014). Acara tersebut mempertemukan blogger Kompasiana dari seluruh Indonesia.

Rivalitas antara Persija Jakarta dan Persib Bandung bukan hanya terjadi di lapangan hijau, namun sudah menjalar hingga luar lapangan.

Pendukung fanatik Persija yang menamakan dirinya “Jakmania” dan pendukung fanatik Persib atau dikenal dengan nama “The Viking” kerap bentrok hingga keluar lapangan.

“Ya, sebenarnya Viking atau Bobotoh itu tidak ada organisasi formalnya, padahal jumlah suporter Persib itu terbanyak di dunia. Waktu ada kontes klub sepak bola mana terbaik di dunia di media ‘on-line’ yang nomor satu Persib, nomor dua baru Barcelona, karena semua suporter Persib ‘vote’,” kata Wali Kota Bandung ke-24 yang mulai menjabat sejak 16 September 2013, Mochamad Ridwan Kamil atau Emil cerita soal pertanyaan moderator Nurul soal bagaimana persoalan Jakmania dan Bobotoh akan diselesaikan?

Sudah banyak pihak yang berusaha mendamaikan kedua kubu, berbagai carapun sudah ditempuh namun perdamaian yang diharapkan belum juga terwujud.

Wali Kota Bandung yang alumnus Master of Urban Design University of California, Berkeley tahun 1999-2001 ini, Ridwan Kamil juga sudah lama berusaha mewujudkan perdamaian tersebut yaitu sejak DKI Jakarta masih dipimpin Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi.

“Saya bernah ajak Pak Jokowi waktu itu, dan beliau setuju kita main bola saja di Cipularang KM 88. Mungkin Pak Ahok mau,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dalam kesempatan bertemu komunitas blogger Kompasiana di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (22/11/2014) dikutip wartawan.

Tantangan yang datang tiba-tiba tersebut membuat Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias  Ahok terkejut.  “Jangan saya, saya nggak bisa,” celetuk mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut.

Menurut Basuki Tjahaja Purnama, supporter Persija di Jakarta harus segera ditertibkan. Sebenarnya, dengan e-KTP harusnya dapat menjadi basis data, termasuk untuk anggota The Jakmania. Tapi, fungsi e-KTP belum sampai situ.

“Sebenarnya bukan islah, kita mau di atas damai damai aja. Yang paling masalah siapa sih yang ngaku-ngaku Jakmania itu, siapa sih. Jangan jangan susupan. Bobotoh siapa sih jangan-jangan susupan,” tukas Basuki Tjahaja Purnama.

“Pokoknya, saya kalau Jakmania bikin rusuh ya tangkap saja. Kita serahkan ke aparat hukum,” tegas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Wali Kota Bandung Mochamad Ridwan Kamil atau Emil gembira hatinya lantaran Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disebut “Ahok” berjanji 'menebus dosa' karena suporter Persija Jakarta “Jakmania” telah merusak bus yang ditumpangi Bobotoh, pendukung Persib Bandung, saat melintas di jalanan Ibu Kota pada Minggu (9/11/2014).

"Alhamdulillah, lumayan hemat Rp 125 juta," seloroh Emil dalam acara Kompasianival di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur, Sabtu (22/11/2014).

Kegirangan Emil bermula saat dia menceritakan kejadian rusaknya bus yang ditumpangi rombongan Bobotoh.

Arsitek, dosen, dan aktivis sosial ini mengungkapkan bus dirusak pendukung fanatik Persija yang menamakan dirinya “Jakmania” saat melintas di wilayah DKI Jakarta. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tak menyebutkan bus tersebut rusak oleh siapa dan karena apa. Tapi Emil mengklaim punya bukti rusaknya bus.

Putra pasangan almarhum Atje Misbach, S.H. dan Tjutju Sukaesih ini pun mengaku merogoh kocek pribadinya sebesar Rp 250 juta untuk mengganti kerusakan. Padahal, menurut dia, kejadiannya bukan di Bandung.

“Saya tidak mau cerita saja ya pak Ahok, Rp 250 juta uang harus saya keluarkan untuk mengganti kerusakan 50 bis suporter PERSIB yang diserang saat pulang final ISL kemarin. Ada yang dirawat di rumah sakit, ada yang luka dibacok. Tapi ya itu semua saya harus ambil alih tanggung jawabnya,” beber Emil yang dari kalangan profesional dicalonkan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) pada tahun 2013 sebagai Wali Kota Bandung dengan didampingi oleh Oded Muhammad Danial sebagai calon Wakil Wali Kota.

Merasa tersindir, Basuki Tjahaja Purnama pun berseloroh, "Wah, seharusnya itu gue yang ganti (bayar) ya," celetuk mantan Bupati Belitung Timur tersebut. Basuki Tjahaja Purnama bertanya karena ‘asumsinya’ Jakmanialah yang menyerang bus konvoi Viking tersebut.

Emil dan semua penonton tertawa mendengar celetukan Gubernur DKI Jakarta tersebut. Peserta Kompasianival yang memenuhi Gedung Sasono Utomo pun terpingkal-pingkal bukan karena keduanya melucu ’slapstick’ gaya srimulat, tetapi karena kedua pejabat negara ini berbicara mirip curhat tanpa “jaim” formal-formalan karena pejabat negara.

“Bukan begitu maksudnya, tapi kalau mau bantu juga gak apa-apa…,” timpal alumnus Institut Teknologi Bandung itu.

“Ya, kalau begitu kita bagi dua saja deh. Rp 125 juta saya kasih deh kalau ada nomor rekening PO bis pariwisatanya…,” kata Basuki Tjahaja Purnama terkekeh.

Bukan menanggapi, alumnus Sarjana Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung tahun 1990-1995 ini, Emil melanjutkan ceritanya.

Alumnus S2 University of California, Berkeley, Amerika Serikat ini membeberkan, dalam kejadian perusakan bus tersebut, ada beberapa Bobotoh yang menjadi korban. Emil miris saat melihat kondisi korban. "Ada yang tulangnya patah," papar dia.

Wali Kota Bandung yang lahir pada tanggal 4 Oktober 1971 ini kemudian menginstruksikan semua rumah sakit daerah untuk tidak memungut biaya sepeser pun kepada para korban. Tagihan rumah sakit, ia perintahkan ditanggung oleh dirinya. "Saya telepon semua rumah sakit untuk menagih ke saya," ucapnya.

Curhat Emil berbuah manis. Basuki Tjahaja Purnama berjanji mengganti kerusakan bus itu. "Kirim saja rekening via Whatsapp," kelakar mantan anggota Komisi II DPR RI, Basuki Tjahaja Purnama.

Percakapan informal seperti inilah yang sulit ditemui kalau kedua pejabat negara ini tidak menjadi “duet” narasumber di Kompasianival 2014 sekitar pukul 15.00-16.00 WIB.

Selain membahas apa dan bagaimana program kerja kedua pejabat negara ini berdua kedepan, tampaknya keduanya memang sering berinteraksi secara nonformal di media sosial ataupun secara pertemuan kekeluargaan.

Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama, dan Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, mendapat sambutan meriah dari para blogger. Bahkan Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok mendapat ucapan selamat atas pengangkatannya saat menghadiri acara kumpul blogger di Gedung Sasono Utomo, TMII, Jakarta Pusat.

Basuki Tjahaja Purnama yang baru saja dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Selasa lalu, langsung diserbu dan dibanjiri sorakan dari pecandu tulisan di dunia maya. “Selamat Pak Gubernur," teriak kompasianer sembari berebut mendekati Basuki Tjahaja Purnama.

Tidak hanya itu, para pengeblog ini berebut foto bersama dengan kedua kepala daerah muda itu. (jos)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.640.932 Since: 05.03.13 | 0.1986 sec