Olah Raga

Indonesia Raih 1 Poin Dari Laga Lawan Vietnam

Saturday, 22 Nopember 2014 | View : 585

HANOI-SBN.

Timnas Indonesia selamat dari kekalahan di pertandingan pertama menghadapi Vietnam di babak penyisihan Grup A Piala AFF Suzuki 2014 yang berlangsung di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (22/11/2014). Kedua tim berjumpa dalam laga perdana Grup A Piala AFF 2014 di My Dinh Stadium, Hanoi, Vietnam, Sabtu (22/11/2014) malam.

Tim nasional Indonesia berhasil bermain imbang dengan skor 2-2 dengan tuan rumah Vietnam pada pertandingan perdana Grup A AFF Suzuki Cup 2014 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Sabtu (22/11/2014).

Indonesia dengan susah payah memetik satu poin dari tuan rumah Vietnam setelah Zulham Zamrun dan striker tim nasional Indonesia senior, Samsul Arif Munip sukses mencetak gol untuk memastikan skor berakhir imbang 2-2.

Dua kali tertinggal melalui gol-gol Que Ngoc Hai dan Le Cong Vinh, dua kali pula Indonesia menyamakan kedudukan lewat Zulham Zamrun serta Samsul Arif Munip. Gol Samsul Arif Munip bahkan tercipta di penghujung laga.

Striker tim nasional Indonesia senior, Samsul Arif Munip menjadi penyelamat Indonesia melalui gol yang dicetaknya di menit akhir pertandingan. Gol Samsul Arif Munip pada menit ke-88 memaksa tuan rumah Vietnam harus puas dengan skor 2-2. Pemain Arema Cronus itu pun mengaku sudah punya firasat bakal  mencetak gol.

Meski hanya dua kali menembak ke arah gawang, pasukan Alfred Riedl itu mampu memanfaatkan peluang yang ada. Dua tembakan itu berbuah dua gol.

Vietnam langsung tancap gas sejak menit awal. Vietnam mencoba mengambil alih pertandingan sejak menit-menit awal. Vietnam seolah tak memberikan ruang kepada Timnas Indonesia untuk mengembangkan permainan.

Beberapa kali skuad asuhan Toshiya Miura mampu merepotkan barisan pertahanan melalui kecepatan Nguyen Xuan Thanh dan Nguyen Huy Hung.

Peluang pertama tim tuan rumah tercipta pada menit kesembilan. Pada menit ke-9, striker utama Nguyen Hai Anh mengancam gawang Indonesia. Namun, bola hasil tendangan keras Nguyen Hai Anh dari dalam kotak penalti masih dapat ditepis kiper Indonesia, Kurnia Meiga. Tendangannya dapat diantisipasi dengan sempurna oleh kiper Kurnia Meiga.

Upaya Vietnam akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-11. Gawang Indonesia akhirnya jebol pada menit ke-11. Tim nasional Indonesia sempat tertinggal lebih dulu lewat gol yang dicetak Que Ngoc Hai pada menit ke-11. Bermain di hadapan ribuan pendukungnya yang memenuhi Stadion My Dinh National, Sabtu (22/11/2014), Vietnam unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Que Ngoc Hai di menit 11.

Gol tersebut berawal dari tendangan sepak pojok yang bolanya mampu dihalau Sergio van Dijk. Namun, bola halauan itu malah mengarah ke Que Ngoc Hai. Berbuah kemelut, Que Ngoc Hai memanfaatkan kondisi ini untuk mencetak angka.

Dengan cerdik, Que Ngoc Hai pun melepaskan tendangan ke tiang jauh karena melihat kiper Kurnia Meiga sedikit keluar dari gawangnya. Sontekan pemain nomor punggung 15 ini gagal diantisipasi kiper Kurnia Meiga. Bola tendangan Que Ngoc Hai masuk ke pojok kanan atas gawang Indonesia.

Usai mencetak gol, Vietnam semakin menjadi. Tekanan bertubi-tubi dilancarkan ke pertahanan Indonesia. Tuan rumah kembali memiliki peluang di menit ke-17 lewat free kick Vu Minh Tuan. Namun, arah bola melenceng.

Sepanjang babak pertama, Indonesia terlihat kesulitan mengembangkan permainan. Strategi umpan lambung panjang yang diperagakan mereka kerap menemui jalan buntu karena mampu mudah dipatahkan oleh para pemain Vietnam.

Sedangkan, sisi sayap Indonesia juga kurang maksimal. Pergerakan Zulham Zamrun di sayap kiri dan Boaz Solossa di kanan sering mudah terbaca. Hal itu akhirnya membuat aliran bola ke Van Dijk di lini depan macet.

Koordinasi para pemain belakang pun masih lemah. Achmad Jufriyanto dan M. Roby selalu kesulitan mengimbangi kecepatan para pemain sayap Vietnam seperti Vu Minh Tuan dan Nguyen Huy Hung.

Hingga 30 menit pertandingan berjalan, permainan Indonesia tak kunjung membaik.

Usai gol pertama, Vietnam terus menggempur pertahanan Indonesia yang digalang M. Roby. Namun, keasyikan menyerang membuat Vietnam terlena. Akan tetapi, skuat Garuda akhirnya menyamakan kedudukan di menit ke-33. Indonesia berhasil menyamakan kedudukan melalui torehan Zulham Zamrun pada menit ke-33. Berawal dari kesalahan tuan rumah dalam melakukan backpass, bola yang jatuh di kaki Zulham Zamrun berhasil dikonversi menjadi gol. Zulham Zamrun mampu menyamakan skor saat memanfaatkan blunder yang dilakukan dua bek Vietnam di menit 33. Gol tersebut dilesakkan Zulham Zamrun setelah memanfaatkan kesalahan bek Vietnam saat mengantisipasi umpan panjang Boaz Solossa. Gol Zulham Zamrun seolah menjadi booster bagi permainan Timnas. Namun, tak ada gol tambahan di hingga akhir babak pertama. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Kebobolan, Vietnam mencoba membalas. Akan tetapi, beberapa peluang Vietnam hingga menit-menit akhir babak pertama tidak membuahkan gol. Skor 1-1 pun akhirnya bertahan hingga turun minum.

Tak ada perubahan situasi pada babak kedua. Di babak kedua, Vietnam kembali menyerang pertahanan Indonesia. Vietnam tetap tampil menggila.

Pada babak kedua, Vietnam kembali mendapatkan peluang emas pada menit ke-50. Akan tetapi, bola tendangan Nguyen Hai Anh dari dalam kotak penalti Indonesia masih membentur tiang kiri gawang tim lawan. Vietnam seharusnya bisa mencetak gol andai tembakan Nguyen Hai Anh di menit ke-50, tak digagalkan tiang gawang.

Pun demikian dengan heading Que Ngoc Hai yang bersarang tipis di kiri gawang skuat Garuda Merah. Hingga menit ke-60, kendali permainan ada di kaki tuan rumah.

Pada pertengahan babak kedua, kedua tim melakukan beberapa pergantian pemain. Di kubu Indonesia, pelatih Alfred Riedl menarik keluar Boaz Solossa dan memasukkan Samsul Arif Munip. Sementara itu, di kubu tuan rumah, Cong Vinh Le masuk menggantikan Nguyen Hai Anh.

Dimasukkannya pemain haus gol, Le Cong Vinh pada menit ke-55 terbukti menjadi keputusan yang tepat bagi pelatih Toshiya Miura. Pergantian itu pun akhirnya membuahkan hasil bagi Vietnam. Pasalnya, Cong Vinh Le mampu mencetak gol untuk membawa timnya unggul pada menit ke-68 setelah melakukan kerjasama sangat baik dengan rekannya di depan kotak penalti Indonesia. Serangan bertubi-tubi yang dilancarkan Vietnam berbuah hasil di menit 68. Di babak kedua, Vietnam kembali unggul setelah Le Cong Vinh mencetak gol pada menit ke-68. Pada menit ke-68, Le Cong Vinh berhasil mencetak gol indah dari kotak 16 meter. Le Cong Vinh mampu merobek pertahanan Indonesia melalui tendangan kerasnya dari luar kotak penalti. Kiper Kurnia Meiga mencoba terbang. Tapi upayanya untuk menangkap bola gagal. Tuan rumah kembali unggul 2-1.

Pada babak kedua, lini tengah Indonesia kurang maksimal. Firman Utina pun akhirnya dimasukan untuk menambah aliran bola ke Sergio van Dijk yang tidak mendapat aliran bola dari lini tengah Indonesia. Demi menambah kekuatan di lini tengah, pelatih Alfred Riedl memainkan kapten Firman Utina menggantikan Manahati Lestusen pada menit ke-76.

Unggul satu gol tak membuat Vietnam meredakan penyerangan. Namun, lagi-lagi, pertahanan Vietnam terlena.

Pada menit ke-85, Indonesia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan melalui torehan Samsul Arif Munip. Samsul Arif yang membawa Indonesia menyamakan skor lewat golnya di menit ke-85. Empat menit sebelum laga berakhir, Samsul Arif Munip berhasil menyamakan kedudukan. Melalui serangan balik, Samsul Arif yang masuk pada babak kedua, mampu menyamakan kedudukan di menit 85. Dari sudut sempit, Samsul Arif Munip melepaskan tembakan. Sepakan keras Samsul Arif Munip gagal ditangkap sempurna oleh kiper Tran Nguyen Manh. Gol tersebut diciptakan Samsul Arif setelah kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, melakukan blunder ketika ingin menangkap bola tendangan Samsul Arif Munip yang sebenarnya berada dalam jangkauan. Bola lolos dari tangkapan kiper Vietnam. Bola pun masuk ke kolong kiper Tran Nguyen Manh.

Kedua tim mencoba terus mencetak gol hingga menit-menit akhir. Namun, sejumlah peluang yang diperoleh kedua tim gagal dikonversikan menjadi gol.

Le Cong Vinh kembali mengancam gawang Indonesia pada menit ke-89. Kali ini sepakannya digagalkan Ahmad Jufriyanto.

Akhirnya, skor pun jadi 2-2 menutup jalannya laga dan kedudukan ini akhirnya bertahan hingga laga usai. Kedua tim pun berbagi satu angka.

Timnas Indonesia telah menunjukkan semangatnya tidak pudar meski bermain di hadapan pendukung fanatik tuan rumah.

Sepanjang pertandingan Vietnam terlihat mendominasi pertandingan. Tercatat, Vietnam menguasai 60 persen pertandingan, sementara Indonesia hanya 40 persen. Vietnam pun tercatat 12 kali menembak ke arah gawang Kurnia Meiga. Sementara Indonesia hanya dua kali.

Kendati demikian, Indonesia masih menyisakan pekerjaan rumah menghadapi 2 pertandingan sisa. Pasalnya, bila masalah itu kembali muncul ketika melawan Filipina dan Laos, bukan tidak mungkin peluang tim untuk melaju ke babak berikutnya  sulit.

Hasil imbang 2-2 lawan Vietnam membuat Indonesia gagal menguasai puncak klasemen Grup A Piala AFF 2014.

Dengan hasil ini, Indonesia dan Vietnam berbagi angka 1 dan membuat posisi Indonesia dan Vietnam harus puas duduk berada di peringkat kedua dan menempati urutan posisi ketiga klasemen sementara Grup A Piala AFF Suzuki dengan 1 poin, kalah dua angka dari Filipina karena Filipina yang pada laga sebelumnya berhasil menyikat Laos 4-1. Singgasana klasemen ditempati Filipina.

Indonesia akan menghadapi Filipina di pertandingan berikutnya dan kemudian melawan Laos pada laga terakhir Grup A Piala AFF Suzuki 2014.

Team

Pld

W

D

L

GF

GA

GD

Pts

 Filipina

1

1

0

0

4

1

+3

3

 Vietnam

1

0

1

0

2

2

0

1

 Indonesia

1

0

1

0

2

2

0

1

 Laos

1

0

0

1

1

4

−3

0

Hasil lengkap Grup A Piala AFF Suzuki 2014

22 November 2014
16:00

Filipina 

4–1

 Laos

Rota Goal 40'
P. Younghusband Goal 45+1'
Reichelt Goal 77', 88'

Report

Sayavutthi Goal 21'

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Wang Di (China PR)

22 November 2014
19:00

Vietnam 

2–2

 Indonesia

Qu Ngc Hi Goal 11'
Lê Công Vinh Goal 68'

Report

Zulham Goal 33'
Samsul Goal 84'

M ình National Stadium, Hanoi
Referee: Minoru Tj (Japan)

Susunan pemain:

Vietnam:

23-Tran Nguyen Manh; 3-Le Phuoc Tu, 4-Dinh Tien Thanh, 7-Ngo Hoang Thinh, 10-Nguyen Van Quyet, 15-Que Ngoc Hai (Nguyen Thanh Hien, 87'), 19-Pham Thanh Luong (31-Thanh Hien Nguyen 87), 21-Vu Minh Tuan, 24-Nguyen Hai Anh (9-Cong Vinh Le 55), 29-Nguyen Huy Gung, 35-Nguyen Xuang Thanh (33-Nguyen Minh Tung 81).

Pelatih: Toshiya Miura.

Indonesia:

1-Kurnia Meiga; 3-Zulkifli Syukur, 16-M. Roby, 13-Achmad Jufriyanto, 11-Rizki Ripora; 8-Raphael Maitimo, 25-Manahati Lestusen (15-Firman Utina 76); 23-M. Ridwan, 7-Boaz Solossa (18-Samsul Arif Munip 61), 17-Zulham Zamrun (14-Immanuel Wanggai 89); 20-Sergio van Dijk.

Pelatih: Alfred Riedl.

Wasit: Tojo Minoru (Jepang). (jos)

See Also

Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
Michael Phelps Sabet Emas Ke-21
Mahasiswi Universitas Bhayangkara Sri Wahyuni Rebut Medali Perak Olimpiade
Victoria Fyodorovna Azarenka Umumkan Dirinya Sedang Hamil
Setelah Lebaran Kodim 0716/Demak Gelar Latihan Yongmoodo
Portugal Lolos Ke Final Setelah Tundukkan Wales 2-0
Prancis Ke Semi Final Setelah Kalahkan Islandia 5-2
Jerman Menang Adu Penalti Atas Italia 6-5
Piala Eropa 2016, Wales-Belgia 3-1
Zinedine Zidane Tak Yakin Bertahan Di Real Madrid
Nico Rosberg Juara GP F1 Rusia
Valentino Rossi Juara MotoGP Spanyol
jQuery Slider

Comments

Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.114.014 Since: 05.03.13 | 0.197 sec