Nasional

Pasukan Gegana Polda Metro Jaya Siap Akan Evakuasi Ahok

Wednesday, 19 Nopember 2014 | View : 2457

JAKARTA-SBN.

Hari ini Rabu (19/11/2014) pagi-pagi, personel Satuan Gegana Polda Metro Jaya menyambangi ruang kerja Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa “Ahok”. Selain untuk berfoto-foto bersama sang calon Gubernur DKI Jakarta, mereka juga bersiaga mengamankan Balai Kota DKI. "Kami tim yang sewaktu-waktu bisa digunakan Pak Ahok (Basuki), cari jalan keluar saat situasi genting," ungkap salah seorang personel Gegana Polda Metro Jaya, Agus Rianto, di Balai Kota, Rabu (19/11/2014).

Detasemen Gegana adalah salah satu pasukan khusus yang dimiliki Brigade Mobil (Brimob). Satuan I Gegana adalah bagian dari Polri yang tergabung dalam Brimob yang memiliki kemampuan khusus seperti anti teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radio aktif).

Satuan Gegana Komdak VII Metro Jaya beralih kedudukan menjadi Satuan Pelaksana pada Pusat Brigade Mobil Direktorat Samapta POLRI dengan nama baru Detasemen Gegana Pusbrimob Mabes POLRI. Pada tanggal 16 September 1996 Pusbrimob berubah nama kembali menjadi Korps Brimob POLRI, maka Detasemen Gegana Pusbrimob mengalami pemekaran menjadi Resimen II Gegana Korps Brimob POLRI dengan kemampuan dan kualifikasi yang sama tiap-tiap Detasemen jadi tidak ada pengkhususan kemampuan. Kemudian pada tanggal 25 Mei 2001 Resimen II berganti nama menjadi Resimen IV Gegana Korbrimob Polri.

Pada tahun 2002 Resimen IV Gegana diperbesar kekuatannya menjadi Satuan I Gegana. Perubahan waktu dan tuntutan di lapangan menyebabkan strukturisasi Susunan Satuan I Gegana berubah lagi dengan keluarnya Peraturan Kapolri Nomor 21 tahun 2010 tanggal 14 September 2010. Satuan I Gegana saat ini mempunyai 5 detasemen yang masing-masingnya mempunyai kemampuan utama yaitu Intelijen, Jibom, Anti Anarkis, KBR, dan Anti-teror.

Mantan anggota Komisi II DPR RI ini, Basuki Tjahaja Purnama terlihat berdiri tegap berfoto bersama belasan personel Gegana. Para personel Gegana terlihat mengenakan pakaian seragam lengkap dengan helm rompi anti peluru dan mengalungi senjata laras panjang.

Pertemuan antara mantan Bupati Belitung Timur ini, Basuki Tjahaja Purnama dengan belasan personel Gegana Polda Metro Jaya berlangsung selama kurang lebih 20 menit.

Pada Rabu (19/11/2014) ini, Basuki Tjahaja Purnama bakal dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo, di Istana Negara, pukul 14.00 WIB.

Seperti diketahui, rapat pimpinan (rapim) DPRD DKI dengan agenda membahas pengumuman (rekomendasi) pelantikan Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menjadi Gubernur definitif di Gedung DPRD, Jalan Kebn Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (13/11/2014) berlangsung panas dan tegang.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi memastikan akan tetap menggelar rapat paripurna tentang pengumuman pelantikan Basuki Tjahaja Purnama, Jumat (14/11/2014). Namun hal itu tak disetujui Wakil Ketua DPRD yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP).

Suasana rapim sempat memanas karena ditentang lima fraksi yang tergabung dalam Koalisia Merah Putih (KMP). Kelima fraksi tersebut adalah Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Demokrat-PAN, Fraksi PKS, dan Fraksi PPP.

Ketua KMP yang juga Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik mengatakan, sudah 57 tanda tangan yang terkumpul untuk menggunakan hak interpelasi. Jumlah itu adalah dari total 106 orang anggota dewan yang tergabung dalam KMP.

Anggota DPRD DKI yang berasal Koalisi Merah Putih (KMP) mendeklarasikan poros KMP DPRD DKI Jakarta, Selasa (11/11/2014) sore. Dalam acara deklarasi tersebut, sejumlah pentolan atau petinggi partai politik pendukung hadir memberikan dukungan. Deklarasi KMP DPRD DKI didukung Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Demokrat (PD), dan PBB. Acara deklarasi digelar di Gran Melia Hotel, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.

Saat deklarasi KMP DPRD DKI yang diusung Partai Gerindra, PKS, Partai Golkar, PPP, PAN, Partai Demokrat, dan PBB di Gran Melia Hotel, Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Ketua Umum partai tersebut ikut memberi dukungan. Ketua Umum atau petinggi partai yang tampak hadir dalam deklarasi tersebut antara lain Prabowo Subianto (Ketua Umum Gerindra), Aburizal Bakrie (Ketua Umum Partai Golkar), Prof. Dr. H. Muhammad Amien Rais (Ketua Majelis Pertimbangan PAN), Ir. H. Djan Faridz (PPP), Nachrowi Ramli (Demokrat), dan Sekjen Golkar Dr. Drs. M. Idrus Mahram, M.Sc.

Di acara deklarasi itu, setelah dikukuhkan, Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Muhammad Taufik didaulat menjadi Ketua KMP DPRD DKI. Sementara itu, Wakil Ketua KMP DPRD DKI terdiri dari empat perwakilan anggota koalisi yakni Lulung Abraham Lunggana atau Haji Lulung dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Selamat Nurdin (PKS), Zainuddin (Partai Golkar), Nachrowi Ramli (Partai Demokrat), dan Adi Taher (PAN). Sedangkan Bendahara dipercayakan kepada Ir. Triwisaksana, M.Sc. dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Berdasarkan Peraturan Peme­rintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2014 sudah jelas bahwa Basuki Tjahaja Purnama akan naik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Sehingga, perdebatan itu jangan sampai menjadi perpecahan di Koalisi Kebon Sirih DPRD DKI.

Hal berbeda diutarakan Drs. H. Ahmad Nawawi, S.H., M.Si. dari Dapil DKI Jakarta 8 yang meliputi Kec. Jagakarsa, Kec. Mampang Prapatan, Kec. Pancoran, Kec. Pasar Minggu dan Kec. Tebet. Dia hanya menanyakan hasil rapim terdahulu yang menginginkan fatwa dari Mahkamah Agung (MA) terkait kekuatan hukum dari pelantikan Basuki Tjahaja Purnama menjadi orang nomor satu di DKI. “Fraksi Demokrat-PAN hanya menanyakan hasil rapim beberapa hari lalu yang menyatakan DPRD DKI akan berkonsultasi ke MA dan Mendagri? Apa hasilnya?” tanya Ahmad Nawawi dari Fraksi Demokrat. (jos/wk)

See Also

Basarnas Telah Mengetahui Lokasi Tenggelamnya KM Sinar Bangun
Kementerian Sosial Sediakan Logistik Untuk Pencarian Korban KM Sinar Bangun
Kecelakaan Tragis Mobil Menabrak Baja Pembatas Jalan
Mendagri Lantik Penjabat Gubernur Sumatera Utara
Presiden Jokowi Sampaikan Belasungkawa Untuk Korban KM Sinar Bangun
Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Musibah KM Sinar Bangun Di Perairan Danau Toba
Dandim 0716/Demak Bersama Masyarakat Panen Raya Demlot
Nahkoda KM Sinar Bangun Diamankan
Dandim 0716/Demak Tekankan Netralitas Dalam Apel Pengecekan Personel Jelang Pilkada
Pencarian Korban KM Sinar Bangun Terkendala Kedalaman Danau Toba
Kodim 0716/Demak Gelar Apel Pengecekan Usai Cuti Lebaran
Arus Balik Di Jalan Arteri Karawang Padat Merayap
Daftar Korban Hilang KM Sinar Bangun
Mendagri Lantik Plt Gubernur Jawa Barat
Jasad Seorang Wanita Ditemukan Dalam Perut Ular Sanca
Perempuan Ditelan Ular Sanca
Kronologi Perempuan Tewas Dimakan Ular
Truk Sampah Dinas LH DKI Hampir Jatuh Dari Jalan Tol Layang
Babinsa Koramil 02/Bonang Bantu Bagikan Sembako Saat Jelang Lebaran
Prajurit Kodim 0716/Demak Tes Urine Secara Acak
Babinsa Terus Dampingi Petani Saat Pengubinan
Danramil 11/Sayung Hadiri Gebyar Pasar Murah
Dosen Dimotivasi Untuk Giat Penelitian Dan Pengabdian
Kodim 0716/Demak Gelar Upacara Bendera Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-110
Widjanarko, Dosen Fakultas Psikologi UMK Raih Doktor
jQuery Slider
Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.640.930 Since: 05.03.13 | 0.197 sec