Nasional

Ahok Dilantik Di Istana Negara?

JAKARTA-SBN.

Presiden Indonesia ke-7 yang mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014 terpilih bersama Wakil Presiden Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla dalam Pemilu Presiden (pilpres) 2014, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ rencananya bakal langsung melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah. Berdasarkan Perppu Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 203 tentang Pilkada, Wakil Kepala Daerah berhak mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh Kepala Daerah. Maka, Basuki Tjahaja Purnama berhak menjadi Kepala Daerah menggantikan Jokowi hingga akhir masa jabatan, pada 2017 mendatang.

Pasal 163 Perppu Pilkada mengatur bahwa Gubernur dilantik oleh Presiden di Ibu Kota Negara. Apabila Presiden berhalangan, pelantikan Gubernur dilakukan oleh Wakil Presiden. Dan, jika Wakil Presiden berhalangan pula, maka Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang akan melantik Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur DKI Jakarta. "Menurut Perppu itu, seluruh Gubernur di Indonesia dilantik oleh Presiden, lokasi pelantikannya di Ibu Kota. Kebetulan saya (Gubernur) yang pertama (dilantik setelah ada Perppu)," jelas mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut, Basuki Tjahaja Purnama.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memastikan pelantikannya Gubernur pada hari Rabu (19/11/2014) besok. Soal lokasi pelantikan, rencananya akan dilakukan di Istana Negara. "Kan dilantik di sana lebih keren dong," ungkap mantan Bupati Belitung Timur tersebut di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (18/11/2014).

Terkait penolakan Koalisi Merah Putih (KMP) di DPRD DKI, Basuki Tjahaja Purnama tak menggubris. Dikatakannya, pelantikan Gubernur ini kewenangan Mendagri dan Presiden. Menanggapi sikap ngotot KMP DKI yang menolak dirinya dilantik sebagai Gubernur, dengan santai Basuki Tjahaja Purnama menjawab,“Jadi soal pelantikan saya tidak ada hubungannya dengan DPRD, ini ada hubungannya dengan SK Presiden saja, yang lantik juga Presiden, SK Presiden," terangnya.

Menurut Basuki Tjahaja Purnama, anggota DPRD juga turut diundang di hari pelantikan. “DPRD itu diundang sebagai undangan di hari pelantikan," tandas mantan Bupati Belitung Timur ini. "Jadi enggak ada paripurna," tegasnya.

Saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo, beberapa kali melantik pejabat daerah di tengah-tengah masyarakat. Giliran Basuki Tjahaja Purnama yang akan dilantik sebagai Gubernur DKI, di mana Jokowi, sapaan Joko Widodo, memilih lokasi yang tepat. “Saya enggak tahu apa Istana atau di waduk saya enggak tahu,” ujar Ahok, sapaan Basuki Tjahaja Purnama, di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (17/11/2014).

Jelang pelantikannya besok, Basuki Tjahaja Purnama mengaku tak punya persiapan khusus. Soal waktu pelantikan pun, Basuki Tjahaja Purnama masih mendapatkan kabar simpang siur antara Selasa besok atau Rabu lusa. "Enggak ada persiapan. Persiapan apa, bajunya juga sama. Saya enggak tahu mungkin sekda mau rapat dengan Dirjen Otda Kemendagri, (pelantikan) saya enggak tahu besok atau lusa tergantung. Tergantung presiden, kalau enggak besok tapi kemungkinan Rabu," tambahnya.

Setelah dilantik nanti, Basuki Tjahaja Purnama sendiri belum ingin berbicara kursi Wakil Gubernur. "Kita juga tunggu surat dari Mendagri, gimana nanti, kita enggak bisa cari Wagub dulu, pelantikan aja dulu," bebernya. (jos)

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.504.450 Since: 05.03.13 | 0.2783 sec