Nasional

Polda Metro Jaya Siap Amankan Pelantikan Ahok

JAKARTA-SBN.

Setelah melalui polemik berkepanjangan, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ akhirnya diputuskan akan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta.

Setelah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta mengumumkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Ir. H. Joko Widodo (Jokowi), pelantikan Basuki Tjahaja Purnama pun akan segera digelar.

Rencananya, pelantikan mantan anggota Komisi II DPR RI tersebut akan dilaksanakan sebelum 18 November 2014. Pelantikan pria yang karib disapa Ahok itu rencananya langsung oleh dilakukan Presiden Joko Widodo pada Selasa (18/11/2014).

Untuk itu, Polda Metro Jaya menyatakan siap mengamankan acara pelantikan Gubernur DKI Jakarta.

Polda Metro Jaya pun sudah mempersiapkan pengamanan untuk pelantikan Basuki Tjahaja Purnama menjadi orang nomor satu di Jakarta.

Dalam menyiapkan pengamanan pelantikan Gubernur DKI Jakarta, Polda Metro Jaya akan menggelar apel siaga pada 17 November mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya pengganti Kombes. Pol. Baharuddin Djafar berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2432/XII/2011 tertanggal 20 Desember 2011, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. menegaskan, apel siaga diadakan bersamaan dengan upacara bendera dan apel penanganan banjir. "Senin (17/11/2014) akan ada apel kegiatan kesiapan pengamanan untuk rencana pelantikan Gubernur DKI. Ditambah juga apel kesiapan antisipasi banjir," ungkap Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes. Pol. Rikwanto, Minggu (16/11/2014).

Saat ditanya jumlah personel yang akan diturunkan dalam acara pelantikan Gubernur DKI Jakarta, mantan Kapolres Klaten ini, Kombes Pol. Rikwanto mengatakan personel kepolisian yang akan diturunkan ke lapangan disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Tidak hanya itu, jumlah personel yang akan dikerahkan saat pelantilan juga disesuaikan dengan jumlah organisasi masyarakat (ormas) yang akan mengadakan aksi saat pelantikan berlangsung.

"Kami masih menghimpun data dari elemen-elemen. Berapa banyak yang akan unjuk rasa. Itu menentukan jumlah personel," ujar mantan Wakapolwil Banyumas ini.

Menurut mantan Kapolres Klaten tersebut, sesuai dengan undang-undang, aksi unjuk rasa diperbolehkan. Namun tetap harus menyerahkan surat izin terlebih dahulu. Selain itu aksi juga diimbau tidak anarkis. "Kalau sudah anarkis bisa saja kami bubarkan secara paksa aksinya," tandas Juru Bicara Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya pengganti Irjen. Pol. Dwi Priyatno berdasarkan Surat Telegram Rahasia Nomor ST/1717/IX/2014 tertanggal 1 September 2014 yang mulai menjabat sejak 3 September 2014, Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono menyebutkan, pihaknya pada Senin (17/11/2014), akan melaksanakan upacara bendera bersama TNI di Polda Metro Jaya dan yang jadi inspektur upacaranya adalah Panglima Kodam Jayakarta (Pangdam Jaya), Mayjen TNI Agus Sutomo S.E.

Menurut mantan Wakapolda Papua (2010) tersebut, apel itu untuk persiapan pengamanan pelantikan dan kesiapan antisipasi bencana banjir yang sering terjadi akhir tahun.

"Sekalian kita laksanakan kesiapan pengamanan pelantikan Gubernur DKI dan kesiapan kita mengantisipasi kontinjensi bencana banjir," kata bekas Kapolda Kalimantan Barat dengan masa jabatan 28 Oktober 2011-23 November 2012 ini Sabtu (15/11/2014).

Bekas Kapolda Jawa Timur dengan masa jabatan 14 Juni 2013-3 September 2014 itu menjelaskan, pada Senin (17/11/2014) itu nanti akan dipersiapkan segala sesuatunya untuk pengamanan pelantikan dan antisipasi banjir. "Kita diback up Pangdam. Nanti seluruhnya kita siapkan kegiatannya di Polda Metro Jaya," beber mantan Kakor Brimob Polri (2012).

Terkait adanya informasi penolakan dari salah satu ormas terhadap pelantikan Basuki Tjahaja Purnama, Polda pun sudah menyiapkan antisipasinya.

Menurut mantan Karo Ops Polda Metro Jaya (2010), saat unjuk rasa yang dilakukan beberapa hari lalu sudah dipersiapkan sekitar 10 ribu personel. "Mungkin nanti mendekati 12 ribu. Nanti kita minta bantuan Mabes Polri," urai mantan Kabag Jianling Rojianstra Sdeops Polri (2010).

Kapolda Irjen Pol. Drs. Unggung Cahyono pun memohon dengan hormat supaya elemen masyarakat tidak anarkis dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Pihaknya pun akan memberikan pelayanan dengan baik.

"Silahkan menyampaikan pendapat di muka umum, tapi saya imbau jangan anarkis," imbau perwira dengan dua bintang di pundaknya ini. (jos)

See Also

Ketua DPR RI Minta Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Kasus Virus Corona
Dorong Percepatan Vaksinasi, Ketua DPR RI Bawa Tambahan Vaksin Untuk Warga Jateng
Megawati Sebut Ayah Saya Dilengserkan Namun Roda Kehidupan Berputar
Megawati Soekarnoputri Resmi Dikukuhkan Jadi Profesor Kehormatan Di Universitas Pertahanan
Megawati Soekarnoputri Tegaskan Perlu Amandemen Sekali Lagi Untuk Hadirkan Kembali PPHN
Megawati Bingung Dicap Komunis
Megawati Cerita Soekarno Dilengserkan
Megawati Minta Presiden Tambah Personel TNI-Polri
Bamsoet: Ibu Megawati Tegaskan Dukung MPR RI Miliki Kewenangan Menyusun Dan Menetapkan Haluan Negara
Ketua MPR RI Sebut Hari Lahir Pancasila Momentum Bangun Kembali Kebersamaan
Ketua DPR RI Minta Negara Hadir Lebih Nyata, Kebijakan Harus Tepat Dan Bermanfaat Untuk Rakyat
Presiden Joko Widodo Dorong Kerja Sama Daerah Untuk Bersama Tangani Pandemi Virus Corona
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Di Bintan
Presiden Joko Widodo Kunjungan Kerja Bertolak Menuju Provinsi Riau Dan Kepulauan Riau
Presiden Joko Widodo Tinjau Vaksinasi Massal Di Provinsi Riau
Presiden Beri Pengarahan Penanganan Pandemi Dan Vaksinasi Massal Di Provinsi Kepulauan Riau
PT. Jasa Marga (Persero) Tbk. Perbaiki Jalan Tol Jakarta-Cikampek
Istri Gubernur Jawa Barat Dikabarkan Positif Virus Corona
BMKG Prediksi Jakarta Hari Ini Hujan Disertai Angin Kencang
Menristek Berharap Vaksin Merah Putih Penuhi Kebutuhan Jangka Menengah Dan Panjang
Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
jQuery Slider
Arsip :202120202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 9.089.202 Since: 05.03.13 | 0.1903 sec