Agama & Masyarakat

Hadiah Umrah Wagub DKI Buat Kuncen Makam Wijaya Kusuma

JAKARTA-SBN.

Dua hari sebelum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jakarta, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengunjungi ziarah ke Makam Pangeran Wijaya Kusuma yang adalah tokoh ulama Banten yang berperan sebagai penasihat dan panglima perang pada masa kejayaan Pangeran Jayakarta, Wijayakrama.

Upacara penghormatan terhadap jasa Pangeran Wijaya Kusuma dipimpin langsung oleh Basuki Tjahaja Purnama di makam yang terletak di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Kampung Gusti, Kelurahan Wijayakusuma, Kecamatan Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, Kamis (20/6/2013).

Karangan bunga pun diletakkan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akrab disapa Ahok tersebut di depan makam, kemudian dilanjutkan acara tabur bunga di atas makam bersama Walikota Jakarta Barat, Fatahillah. 

Usai pelaksanaan upacara, mantan Bupati Belitung Timur pun berbincang-bincang sejenak dengan penjaga makam Pangeran Wijaya Kusuma, bernama Hadi Doyo yang berumur 62 tahun. Wagub DKI menanyakan sudah berapa lama Hadi menjadi penjaga makam Pangeran Wijaya Kusuma. “Saya sudah menjaga makam ini selama 44 tahun. Meneruskan tugas bapak saya. Kira-kira saya jadi penjaga makam di sini sejak tahun 1964,” jawab Hadi Doyo.

“Apakah sudah pernah naik haji atau umrah,” tanya Wagub DKI kepada pria dengan tiga anak tersebut. “Belum pernah melaksanakan keduanya,” sahut Hadi. Mendengar itu, Wagub DKI ini pun langsung memerintahkan Walikota Jakarta Barat, Fatahillah yang berdiri di sampingnya, untuk segera mengurus biaya perjalanan ibadah umrah Hadi. “Bapak, mau umrah, kan?” tanya mantan Bupati Belitung Timur. “Iya Pak, saya mau sekali,” jawab Hadi. “Baik, saya minta Pak Fatahillah segera urus biaya perjalanan dan seluruh keperluan Pak Hadi untuk umrah. Segera ya, Pak Fatahillah, jangan tidak dikerjakan,” tegasnya kepada Fatahillah. “Ibadah umrah diberikan sebagai hadiah kepada Hadi atas kesetiaannya merawat dan memelihara makam pahlawan kota Jakarta,” cetus Wagub DKI. “Kenapa saya tidak berikan haji? Karena lama nunggunya. Saya siapkan umrah karena bisa langsung berangkat. Kalau naik haji harus nunggu antrean yang lama. Karena kuota yang terbatas. Menteri Agama membatasi, harus memberikan kesempatan bagi yang belum naik haji. Itu yang diprioritaskan. Sekalian, mumpung saya punya duitlah,” tutur mantan Bupati Belitung Timur.

Wajah sumringah terlihat di muka Hadi. Hadi merasa sangat senang mendapatkan hadiah dari Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Saya senang sekali. Saya harap semuanya dapat segera dilaksanakan. Saya bisa pergi umrah. Terima kasih Pak Ahok,” ujar Hadi Doyo. (id/sp)

See Also

Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
Anton Ferdian Rilis Kisahku
Marie Muhammad Berpulang
K.H. Sofiyan Hadi Sebut Setiap Anak Itu Spesial
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.609.473 Since: 05.03.13 | 0.1377 sec