Olah Raga

Pewushu Malaysia Terjerat Doping, Indonesia Dapat Emas Keempat

Tuesday, 30 September 2014 | View : 903

INCHEON-SBN.

Pencabutan medali Malaysia itu menjadi berkah bagi Indonesia. Sebab, dalam perebutan medali pada hari Sabtu (20/9/2014) lalu itu, atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni, meraih perak.

Atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni mendapatkan "berkah" dari dihukumnya atlet wushu Malaysia, Tai Cheau Xuen yang terjerat kasus doping. Juwita Niza Wasni naik posisi jadi juara karena emas yang didapatkan Tai Cheau Xuen di nomor nanquan dan nandao dicabut.

Penyelenggara Asian Games mencabut medali emas yang diraih atlet wushu Malaysia, Tai Cheau Xuen. Keputusan tersebut dilakukan karena atlet berusia 23 tahun tersebut terbukti mengonsumsi doping.

Tai Cheau Xuen (24), terbukti positif menggunakan obat terlarang setelah memenangkan emas pertama Malaysia dalam pertandingan yang digelar 20 September, kata Dewan Olimpiade Asia (OCA). Sementara itu, delegasi Malaysia bertekad akan mengajukan banding.

Jawara seni bela diri China itu terbukti mengonsumsi sibutramin, demikian menurut pernyataan OCA. Meski demikian, situs resmi Asian Games 2014 belum mengubah medali untuk Indonesia maupun Malaysia. Posisi belum berubah hingga berita ini diturunkan.

Laman The Straits Times, Selasa (30/9/2014), memberitakan penyelenggara Asian Games mengumumkan Tai terbukti positif doping. Atlet yang meraih medali emas pertama untuk Malaysia itu dinyatakan terbukti mengonsumsi Sibutramine.

Pencabutan medali Malaysia itu menjadi berkah bagi Indonesia. Sebab, dalam perebutan medali pada 20 September itu, atlet wushu Indonesia, Juwita Niza Wasni, berada di peringkat kedua dengan meraih perak. Juwita Niza Wasni berada di urutan kedua pada nomor ini yang merupakan medali pertama bagi Indonesia 20 September lalu.

Sementara itu, atlet wushu dari China, Wei Hong, yang sebelumnya mendapat perunggu kini akan memperoleh medali perak jadi milik atlet China tersebut. Dan atlet wushu dari Indonesia, Ivana Ardelia Irmanto, akan mendapat perunggu karena sebelumnya nangkring di peringkat ke empat. Atlet wushu Indonesia lainnya, Ivana Ardelia Irmanto, yang ketika itu berada di urutan keempat, kini berhak atas medali perunggu.

Ketika dikonfirmasi Ketua Umum PB Wushu Indonesia, Master Supandi Kusuma mengaku sangat bersyukur sekaligus kaget dengan perolehan emas yang didapatkan cabang Wushu. Diakuinya sempat tidak puas dengan torehan Wushu di Asian Games.

"Di pertandingan, juri memutuskan Juwita dan Ivana ranking dua dan empat. Tapi ketentuanNya berlaku, kita diberi emas dan perunggu. Sekali lagi hal ini harus disyukuri," katanya lewat pesan singkat kepada wartawan, Selasa (30/9/2014).

Tai Cheau Xuen yang menjadi juara dunia wushu di nomor Nanquan pada tahun lalu itu menjadi atlet ke tiga yang gagal dalam tes doping pada Asian Games ke-27 di Korea Selatan ini.

Sebelumnya, petenis Kamboja, Yi Sophany, dan pesepakbola dari Tajikistan, Khurshed Beknazarov, juga dinyatakan positif doping. (jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.997.217 Since: 05.03.13 | 0.166 sec