Keluarga

Wanita Yang Pernah Berhubungan Badan Wajib Lakukan Pap Smear

Sunday, 21 September 2014 | View : 1189

MEDAN-SBN.

Masyarakat khususnya kaum perempuan diminta rajin melakukan pemeriksaan diri ke rumah sakit demi mendeteksi sejak dini kemungkinan adanya kanker di dalam tubuh.

“Hal ini dilakukan agar penyakit tersebut dapat segera diatasi agar tidak berlanjut ke stadium lanjut,” ungkap Manajer Lembaga Penyuluhan Kanker Indonesia (LPKI) provinsi Sumatera Utara (Sumut) Enita Zahara di Medan, Minggu (21/9/2014).

Enita Zahara mengungkapkan, selama kurun waktu dua tahun terakhir sejak lembaga ini memberikan penyuluhan di provinsi Sumatera Utara (Sumut), setidaknya 600 perempuan positif mengidap kanker yang telah didiagnosa oleh dokter.

“Untuk penderita kanker payudara setidaknya ada 200 orang dengan rentang usia di atas 30 tahun. Sedangkan penderita kanker leher rahim, kami menemukan sebanyak 400 penderita dengan rentang usia di atas 40 tahun,” katanya.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2006, Indonesia menempati urutan pertama di dunia untuk jumlah penderita kanker.

Hal ini terjadi karena kurangnya informasi mengenai gejala awal kanker, sehingga saat si penderita memeriksakan kesehatannya, dokter telah memvonis penyakit kankernya sudah dalam stadium lanjut.

“Sudah seharusnya tiap orang mawas diri terhadap gejala kanker ini. Karena jika terlambat akan sulit penanganannya,” katanya.

Enita Zahara menyebutkan untuk gejala kanker payudara ini, kaum hawa dapat memeriksanya sendiri dengan meraba apakah ada benjolan di payudara, kemudian, puting susu masuk ke dalam, terdapat bintik kecil menyerupai kutil yang bersifat gatal.

“Sedangkan untuk kanker leher rahim gejala awalnya berupa keputihan yang tidak normal. Lalu menimbulkan aroma yang tidak sedap. Bahkan jika duduk berdekatan dengan penderitanya, maka aromanya sudah tercium,” katanya.

Setiap manusia, katanya, berpeluang menderita kanker yang disebabkan setiap orang memiliki biang sel kanker.

Sehingga, untuk menonaktifkan sel kanker dalam tubuh, dapat dilakukan dengan dua cara pencegahan seperti cara alami dan medis.

Pencegahan cara medis, dengan rutin melakukan check up kesehatan, khusus untuk kanker leher rahim, maka setiap perempuan wajib melakukan pap smear ketika sudah pernah melakukan hubungan badan.

Lalu dengan cara alami, pencegahan dapat dilakukan dengan mengonsusmi tumbuhan yang mengandung ribosom, seperti lengkuas, kunyit jahe, dan daun bangun-bangun,” katanya.

Menurut dia, ada empat rekomendasi untuk menonaktifkan sel kanker selama lima tahun, yakni dengan mengonsumsi buah pace selama enam bulan, mengonsumsi bawang putih selama satu tahun, terapi buah-buahan dicampur susu murni selama enam bulan dan jangan mengonsumsi nasi.

“Kalau orang perkotaan yang menderita kanker maka itu disebabkan orang tersebut banyak mengonsumsi zat kasinogen yang berujung pada lifestyle. Zat ini biasa terdapat dalam penyedap makanan, rokok, minuman sachet, makanan yang mengandung pewarna.

“Kalau yang di pedesaan, mereka tidak paham mengenai pencegahan dan gejala awal kanker ini,” katanya. (antara)

See Also

UMK Buka Prodi Teknik Industri
Penularan HIV/AIDS Melalui Hubungan Seksual Di Iran Meroket
Tekan Angka Kematian Bayi Akibat Hipotermia, Mahasiswa UMK Rancang Pup Baby
Perlu Ada Pelatihan Membuat Manisan Belimbing Dan Jambu
Perempuan Rentan Alami Kekerasan Seksual Di Media Sosial
Mahasiswa UMK Amati Produksi Kretek
Friend Peace Team Asia West Pacific-USA Berbagai Pengalaman Dengan Mahasiswa UMK
Manfaat Besar Bawang Putih Bagi Kesehatan
Konsumsi 7 Makanan Hadapi Kanker
Lagu Iwan Fals Menggema Di Arena Musywil Muhammadiyah Dan Aisyiyah Ke-47
Segera Ada Sosis Anti-kanker Usus
Kudapan Indonesia Laris Di Farmers Market Praha
Deteksi Dini Mencegah Diabetes Melitus
Tiga Kuliner Jadi Andalan Indonesia Di MEA
Turunkan Kolesterol Dengan Cuka Apel
Diam-diam 7 Penyakit Ini Tanpa Disadari Mengakibatkan Kematian
Makanan Sehat Bunuh Sel Kanker
Hoax, Facebook Kenakan Tarif Bagi Penggunanya
KPI Sebut Lima Acara TV Yang Berbahaya Bagi Anak-anak
Lima Penyebab Utama Kanker
Kenaikan Harga Rokok Di Australia Mahal Di Dunia
Perempuan Memburu 12 Hal Terhadap Diri Lelaki
Finalis American Idol Michael Johns Meninggal Di Usia Ke-35
Lima Kebiasaan Penyebab Kanker
Tiga Gaya Hidup Cegah Kanker
jQuery Slider
Arsip :2016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.165.887 Since: 05.03.13 | 0.1996 sec