Agama & Masyarakat

Jusuf Kalla Tanggapi Perubahan Nama Kementerian Agama

Thursday, 18 September 2014 | View : 843

JAKARTA-SBN.

Isu perubahan nama Kementerian Agama (Kemenag) juga mendapat tanggapan dari beberapa pihak.

Rumor penghapusan Kementerian Agama muncul setelah Presiden Terpilih Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengumumkan postur kabinetnya yang terdiri dari 34 Kementerian, Senin (15/9/2014).

Namun demikian, Wakil Presiden terpilih, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla pun telah menanggapi, jika tidak pernah terpikirkan untuk mengganti nama Kementerian Agama. JK mengaku heran mengapa wacana penggantian nama Kemenag bisa mencuat, padahal pasangan presiden wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) tidak pernah sama sekali berpikir untuk melakukan perubahan nama. Ia pun menegaskan bahwa kewenangan Kementerian Agama (Kemenag) tidak akan diganti. “Terpikirkan saja tidak, apalagi dilaksanakan," ketusnya. "Nggak ada isu itu. Dipikirkan pun nggak, apalagi dilaksanakan," imbuhnya.

Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla (JK), memastikan nama Kementerian Agama (Kemenag) tidak akan diubah oleh pemerintahan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-JK.

Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla menegaskan tidak ada perubahan nama di Kementerian Agama menjadi Kementerian Wakaf, Haji dan Zakat, saat menghadiri peluncuran buku Palang Merah Indonesia di Senayan, Jakarta, Kamis (18/9/2014). "Tidak ada. Tetap sama," tegas Jusuf Kalla kepada wartawan.

Kata mantan Wakil presiden periode 2004-2009 ini, pengubahan nama Kementerian membutuhkan dana yang tidak sedikit. Menurut dia, bila Kementerian tersebut berubah nama perlu biaya yang besar karena harus mengganti keperluan untuk surat-menyurat, papan nama hingga logo Kementerian.

Kepada wartawan di sela-sela peluncuran buku Palang Merah Indonesia (PMI), di Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014), JK mengatakan penggantian nama akan berpengaruh pada penggantian logo, kop surat, papan nama hingga stempel, dan hal itu membutuhkan biaya banyak. “Itu ongkosnya bisa ratusan miliar (rupiah) itu, tidak ada gunanya juga,” tukas Jusuf Kalla.

Namun demikian semua pihak menyangkal hal itu, baik presiden terpilih Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ maupun Kepala Tim Transisi Jokowi-JK, Rini M. Soemarno.

Deputi Tim Transisi Joko Widodo (Jokowi), Eko Sandjojo juga memastikan Kementerian Agama (Kemenag) akan tetap ada dalam kabinet pasangan presiden wakil presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Akan tetapi, presiden terpilih, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ langsung membantah adanya pengubahan nomenklatur Kementerian Agama. Presiden terpilih, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ menegaskan tidak akan mengubah nama Kementerian Agama menjadi Kementerian Haji, Zakat, dan Wakaf. “Siapa yang bilang? Tidak ada itu penggantian nama," tandas mantan Wali Kota Solo tersebut, Jokowi di Balai Kota DKI, Jakarta Rabu (17/9/2014).

Gubernur DKI Jakarta ini, Joko Widodo menolak menanggapi perubahan nama Kementerian Agama (Kemenag) tadi. Menurut dia, hal itu hanya isu yang berkembang. Jokowi juga menegaskan tidak akan menghapus Kementerian Agama. "Senangnya kok isu seperti itu," tukasnya. (jos)

See Also

Klaim Keraton Agung Sejagat Purworejo
Gubernur Jawa Tengah Minta Usut Munculnya Keraton Agung Sejagat
Polres Purworejo Akan Klarifikasi Keraton Agung Sejagat
Kapolri Sebut Teringat Insiden Sweeping Sabuga Bandung
MUI Bantah Buat Spanduk Tolak Natal Di Pangandaran
Lepas Santri Ke Luar Negeri Di Momentum Hari Santri
Pesan K. H. Aniq Muhammadun Dalam Halalbihalal UMK
Forkopimda Kabupaten Demak Gelar Halal Bi Halal
Mahasiswa UMK Kembangkan Kap Lampu Bertema Kebangsaan Dan Pluralisme
Danpos-Babinkamtibmas Kebonagung Bersinergi Amankan Perayaan Kebaktian
Dandim 0716/Demak Tarling Perdana Bersama Bupati
Kodim 0716/Demak Dan GP Ansor Milik Warga Demak
Tangkal Radikalisme, Babinsa Bangun Komunikasi Dengan GP Ansor
Menangkal Gerakan Radikal Teroris Kaum Perempuan: Belajar Dari Sunan Kudus
Kepedulian Babinsa Kodim 0716/Demak Terhadap Tokoh Agama
Ngalap Berkah, Dandim 0716/Demak Ruwahan Dan Kirab Budaya
Bersama Bupati, Dandim 0716/Demak Buka Acara Tradisi Megengan Guna Menyambut Bulan Suci Ramadhan
Kasdim 0716/Demak Hadiri Musyawarah Tamir Masjid Agung Demak
Danramil 03/Wonosalam Komsos Dengan Toga, Tomas, Dan Toda
Nuansa Religius Warnai HUT Kabupaten Demak Yang Ke-515
Selamat Jalan Bang Indra Sahnun Lubis
UGM Tolak Usul Penerimaan Mahasiswa Lewat Kemampuan Baca Kitab Suci
Kodim 0716/Demak Gelar Doa Bersama Pada 171717
Dandim 0721/Blora Ajak Warga Blora Doa Bersama
Ulama NU KH Hasyim Muzadi Wafat Kamis Pagi
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.798.745 Since: 05.03.13 | 0.1379 sec