Nasional

Pengunduran Diri Jokowi Sebagai Gubernur Akan Segera Dibahas DPRD DKI

Wednesday, 17 September 2014 | View : 653

JAKARTA-SBN.

Terjawab sudah teka-teki siapa yang bakal menjadi pimpinan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Dari Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta, Jhonny Simanjuntak menyampaikan, pimpinan dewan DKI Jakarta dipilih dari partai pemenang pileg lalu. Artinya, yang berhak diangkat menjadi pimpinan DPRD DKI ialah politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuanagn (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat (PD), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Pimpinan DPRD DKI Jakarta, berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD DKI Jakarta," ungkap Jhonny Simanjuntak di Gedung DPRD DKI, Rabu (17/9/2014).

Dari hasil Pileg lalu, lanjutnya, diketahui bila PDIP keluar sebagai partai dengan perolehan suara terbanyak. Berdasarkan Surat DPP PDI-P Nomor 5325/IN/DPP/IX/2014, Tanggal 9 September 2014, tentang Pengesahan dan Penetapan Calon Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta, maka partai berlambang kerbau bermoncong putih ini memutuskan nama Prasetyo Edi Marsudi sebagai Ketua DPRD.

Prasetyo Edi Marsudi sendiri akan didampingi oleh empat wakil ketua DPRD. Diantaranya Mohammad Taufik, Triwisaksana, Abraham Lunggana, dan Ferrial Sofyan. Keempatnya adalah utusan masing-masing partai pemenang pileg di DKI.

Surat DPD Partai Gerindra bernomor 00462/DPD.DKI/E/VIII/2014, Tanggal 4 September 2014, tentang Nama Wakil DPRD mengusulkan nama Mohammad Taufik sebagai Wakil Ketua DPRD. Sementara itu, berdasarkan surat Keputusan DPW PKS DKI Jakarta, Nomor 12/KEP/AI.PKS/X/1435 Tanggal 26 Agustus 2014, tentang Penetapan Pimpinan DPRD Provinsi DKI Jakarta Periode 2014-2019 dari Partai PKS nama Triwisaksana muncul sebagai Wakil Ketua DPRD.

Dari PPP sendiri keluar nama Abraham Lunggana alias Haji Lulung sebagai wakil ketua DPRD. Hal itu sesuai dengan DPW Partai PPP, Nomor 247/KU/DPW/DKI/IX/2014, Tanggal 4 September 2014.

Dan terakhir dan Partai Demokrat diajukan nama Mayjen (Purn) Ferrial Sofyan sebagai Wakil Ketua DPRD. Hal itu sesuai dengan Surat DPD Partai Demokrat Provinsi DKI Jakarta, Nomor 033/DPD.PD/IX/2014, Tanggal 3 September 2014.

Sebelum ditetapkan sebagai Ketua DPRD dalam rapat paripurna Selasa (16/9/2014) pukul 13.00 WIB, Prasetyo Edi Marsudi menemui Gubernur DKI Jakarta, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’.

Seusai pertemuan singkat itu, Prasetyo Edi Marsudi membeberkan bahwa mereka berdua membicarakan soal pengunduran diri Ir. H. Joko Widodo sebagai Gubernur DKI Jakarta karena terpilih sebagai Presiden. “Setelah saya ditetapkan sebagai ketua dewan, kami akan bahas di DPRD. Baru Pak Jokowi bisa mundur. Semua sudah berada di jalan yang tepat sampai tanggal 20 Oktober nanti,” ungkap Prasetyo Edi Marsudi.

Mantan Wali Kota Solo tersebut menyatakan telah mengajukan surat pengunduran diri kepada dewan. Akan tetapi, pengunduran diri itu tidak bisa dibahas sebelum pimpinan dewan ditetapkan dan alat kelengkapan dewan, yaitu komisi dan badan, dibentuk. (jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.645.731 Since: 05.03.13 | 0.2545 sec