Nasional

Fadli Zon Ingatkan Ahok Kalau Melawan Harus Berada Di Luar Partai

JAKARTA-SBN.

Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) akhirnya angkat bicara mengenai keinginan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ir. Basuki Tjahaja Purnama, M.M. yang akrab disapa ‘Ahok’ keluar dari partai tersebut. Ancaman Basuki Tjahaja Purnama itu dipicu wacana Pemilukada melalui DPRD.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon, S.S., M.Sc. angkat bicara terkait pernyataan Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Fadli Zon mengingatkan, Basuki Tjahaja Purnama masih tercatat sebagai kader partai dan menduduki jabatan sebagai Ketua DPP Bidang Politik Partai Gerindra.

"Ahok adalah pengurus partai. Dan sebagai pengurus, tentunya harus mengikuti keputusan partai. Gerindra mendukung kepala daerah dipilih DPRD, maka kebijakan itu harus didukung oleh semua pengurus partai,” ungkap Fadli Zon, Selasa (9/9/2014).

Fadli Zon kemudian mempertegas, Partai Gerindra  mendukung usul kepala daerah  dipilih DPRD dengan  alasan jelas, salah satunya adalah pemilukada langsung dianggap lebih banyak mudaratnya.

“Dari catatan yang ada, kurang lebih 330 kepala daerah terkena korupsi, karena biaya tinggi, belum lagi konflik. Contoh, konflik di Papua, kantor DPRD dibakar,” terang Fadli Zon.

“Selain biaya, waktu, dan lain eksesnya. Bahkan bisa menimbulkan, mereka yang terpilih hanya menganggap, partapol hanya kendaraan sewa. Ada kader jadi kemudian menjadi kutu loncat, karena parpol dianggap perahu saja, pindah-pindah partai dan tidak setia dengan partai pengusungnya," katanya lagi.

Padahal, Fadli Zon melanjutkan setiap partai politik memperjuangkan ideologi, gagasan dan sebagainya.

Fadli Zon kembali mengingatkan kepada Basuki Tjahaja Purnama. Dan rencananya, Partai Gerindra akan memanggil Basuki Tjahaja Purnama untuk mengklarifikasi terkait pernyatannya.  “Karena kalau sudah tidak sejalan lagi, ya dia harus memilih. Mau tunduk sama partai atau di luar partai. Kita akan panggil Ahok, karena parpol bukan LSM, bukan ormas, ada mekenisme dan ada AD/ART," tandas Fadli Zon.

"Berbeda pandangan boleh tapi kalau sudah melawan, harus berada di luar partai. Kita akan klarifikasi kepada Ahok," tegasnya lagi.

Sebagai informasi, usulan pemilihan kepala daerah melalui DPRD tengah dibahas oleh Panja Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pemilukada) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Keputusan akhir Panitia Kerja Rancangan Undang-Undang (RUU) Pilkada, rencananya digelar pada 23 September. Selanjutnya, pada 25 September, RUU Pilkada bakal dibawa ke sidang paripurna untuk mendapat persetujuan DPR RI.

Sementara itu, Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Djohermansyah Johan mengatakan, pemilihan kepala daerah (pemilukada) langsung oleh masyarakat menimbulkan banyak persoalan. Menurut dia, pemerintahan menjadi tidak efektif karena kurang koordinasi antara Gubernur, Bupati, dan Wali Kota. Agar ada koordinasi, Kemendagri merancang RUU Pemilukada yang sedang digodok bersama Komisi II DPR RI. "Mau efektivitas yang kami pentingkan untuk kesejahteraan rakyat atau demokrasi, tetapi efektivitasnya tidak ada? Makanya, pemerintah mengusulkan review aturan. Bupati dan Wali Kota pemilihan langsung itu ongkosnya mahal," pungkas Djohermansyah Johan. (tri/jos)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.874.566 Since: 05.03.13 | 0.1804 sec