Hukum

Polisi Sebut Sekuriti Gandaria City Tidak Teliti

Monday, 08 September 2014 | View : 1303

JAKARTA-SBN.

Seorang pria misterius berperawakan kurus dengan rambut belah tengah mengumbar tembakan di Lotte Mart Mall Gandaria City (Gancit), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (6/9/2014). Seorang pria yang diduga pencopet tersebut mengamuk dengan menembakkan senjata api yang dibawanya di Lotte Mart Mall Gandaria City (Gancit), Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (6/9/2014) malam. Peristiwa itu terjadi di Lottemart, Mall Gandaria City, pada Sabtu (6/9/2014) sekitar pukul 14.00 WIB.

Petugas keamanan Lotte Mart Mall Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, menangkap seorang pria yang diduga hendak melakukan pencurian dompet, Sabtu (6/9/2014).

Awalnya pria itu tertangkap mata seorang petugas keamanan di Mall tersebut mengambil dompet wanita yang tengah berbelanja. Kaget karena kepergok, lelaki tersebut langsung meletakkan dompetnya di atas trolly.

Pelaku sempat ditangkap oleh petugas keamanan Gandaria City, namun berontak dan melepaskan diri. Pria yang mengaku sebagai 'anggota' itu kemudian berontak dan menembakkan pistol yang dibawanya. “Saksi nangkap laki-laki tapi berontak dan melepaskan diri," ungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto kepada wartawan, Senin (8/9/2014).

Saat kejadian, pelaku membawa senjata api jenis pistol. Saat ditangkap petugas keamanan Mall Gandaria City, pelaku mengaku sebagai 'anggota'. Namun, pelaku tak menyebut anggota Polri atau TNI. Pelaku yang mengaku sebagai 'anggota' itu sempat mengokang pistol yang dibawanya dan mengancam orang yang mencoba mendekatinya.

“Saat ditangkap pelaku ngaku anggota, saksi lepaskan pegangan dan pelaku keluarkan senjata api dari pinggang jenis pistol dan sempat mengokang diarahkan pada orang-orang yang coba dekat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto dalam pesan singkat kepada wartawan, Senin (8/9/2014).

Menurutnya, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Petugas keamanan Mall Gandaria City kemudian melaporkan peristiwa itu ke Polsek Kebayoran Lama sekitar pukul 17.00 WIB.

Aksi copet bergaya koboi yang meletuskan senjata api di Mall Gandaria City pada Sabtu (6/9/2014) malam lalu semestinya tidak terjadi jika pengamanan petugas satpam cukup teliti dan jeli.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto mengatakan, Mall sekelas Gandaria City sudah memiliki gerbang masuk dan metal detector pada pintu masuknya. "Memang mereka sudah punya security door dan metal detector, namun sepertinya petugas satpam tidak teliti, kalau teliti, pasti ketemu itu pistol," ujar mantan Wakapolwil Banyumas ini di Mapolda Metro Jaya, Senin (8/9/2014).

Menurut mantan Kapolres Klaten, Kombes Pol. Rikwanto, kejadian seperti ini harus menjadi pelajaran bagi pengelola Mall agar lebih teliti memeriksa barang bawaan pengunjung.

"SOP (Standar operasional prosedur) pengamanan perlu diperketat. Pengunjung yang tidak bawa barang aneh-aneh tidak akan ada merasa masalah saat diperiksa. Tapi kalau niat jahat, bawa barang terlarang, pasti marah-marah diperiksa," tutur mantan Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes Pol. Rikwanto.

Seperti diketahui, selain menodong satpam dan melepas tembakan, pelaku juga sempat menyandera seorang pengendara Toyota Avanza berwarna silver.

"Seorang ibu menggunakan troli belanja menaruh dompetnya di dalam troli, lalu pria tersebut mengambil dompetnya, diduga mengambil uangnya, lalu mengembalikan ke troli kembali," lanjut Kombes Pol. Rikwanto.

Kemudian petugas keamanan mengejar dan mengamankan pelaku. Namun pelaku berambut belah tengah dan bertubuh kurus tersebut membantah telah mengambil dompet. "Pelaku tidak mau ditangkap dan mengeluarkan pistol, ia menodong dan langsung kabur ke basemen. Sampai di basemen, petugas terus mengejar, hingga ia meletuskan pistolnya ke tembok," sambung Kombes Pol. Rikwanto.

Setelah sempat mengancam akan menembak orang yang mencoba mendekatinya, pelaku kemudian kabur. Pelaku kemudian juga menodong seorang pengendara Toyota Avanza berwarna silver dengan nomor polisi B 1914 SAH di area parkir Mall. Pengendara disuruh melaju keluar Mall. "Pelaku di area parkir motor buang tembakan dan nodong sopir Avanza silver nopol B-1914-SAH," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Rikwanto dalam pesan singkat kepada wartawan, Senin (8/9/2014).

Namun karena pintu keluar sudah ditutup oleh satpam, maka ia pun turun kembali dan masuk ke Mall.

Petugas keamanan dan karyawan Mall Gandaria City mencoba mengejar pelaku, namun kehilangan jejak. Tak ada korban jiwa atau luka atas kejadian tersebut.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.30 WIB. Petugas keamanan Mall Gandaria City kemudian melaporkan peristiwa itu ke Polsek Kebayoran Lama sekitar pukul 17.00 WIB. (jos)

See Also

KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
Keterangan Ahli Di Sidang Praperadilan Terkait Eksekusi Penahanan Matheus Mangentang
Peras Mantan Petinggi Polri, Hukuman Sisca Dewi Diperberat
LBH Ansor Jateng Apresiasi Penangkapan Cepat Polres Kebumen Terhadap Pelaku Kekerasan Seksual
Kapolres Bitung Perintahkan Pelaku Kejahatan Ditembak Di Tempat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.905.022 Since: 05.03.13 | 0.1971 sec