Hukum

Presiden SBY Terkejut Jero Wacik Jadi Tersangka Pemerasan

SINGAPURA-SBN.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir. Jero Wacik, S.E. menjadi tersangka pemerasan di KPK. Mendengar kabar penetapan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ir. Jero Wacik, S.E. sebagai tersangka oleh lembaga antirasuah, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini melalui media massa, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pun terkejut.

Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004, Jend. TNI (Purn.) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kaget saat mendengarkan pemberitaan media massa mengenai penetapan status tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap Menteri ESDM Jero Wacik.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah mengetahui informasi penetapan tersangka Menteri ESDM Jero Wacik oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melalui media massa.

Informasi itu baru diketahui Presiden SBY melalui media massa karena sedang dalam kunjungan luar negeri ke Singapura.

Saat ini, Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono sedang berada di Singapura untuk kunjungan kenegaraan hingga Kamis (4/9/2014).

Presiden SBY yang sedang berada di Singapura mengaku terkejut dengan informasi tersebut. “Presiden telah mendengar informasi melalui media tentang status tersangka Pak Jero Wacik, yang ditetapkan oleh KPK, hari ini (Rabu, 3/9/2014). Berita ini membuat Presiden terkejut,” beber Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha dalam pesan singkat kepada wartawan, Rabu (3/9/2014).

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menyatakan Presiden SBY hingga saat ini belum mengetahui secara detail kasus yang menjerat Jero Wacik. Menurut Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha menambahkan Presiden SBY belum tahu secara persis mengenai kasus yang menimpa Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat itu, hingga ditetapkan sebagai tersangka.

Saat ini, sambung Julian Aldrin Pasha, Presiden belum mengetahui secara persis mengenai kasus yang menimpa Jero Wacik sehingga ditetapkan sebagai tersangka. Belum ada pemberitahuan tertulis dari KPK.

Informasi lebih lengkap rencananya akan disampaikan Julian Aldrin Pasha saat rombongan Presiden SBY sudah kembali ke Tanah Air dan mendapat laporan utuh.

"Karena pemberitahuan tertulis belum diterima, maka kami belum dapat memberikan pernyataan lebih jauh," ungkap Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, melalui pesan pendek kepada wartawan, Rabu (3/9/2014) sore.

"Sekembali di Tanah Air, bilamana ada informasi lebih jauh, akan saya sampaikan," imbuh Julian Aldrin Pasha lewat keterangan tertulis kepada wartawan, saat dihubungi awak media di Singapura, Rabu (3/9/2014).

Seperti diberitakan, Ir. Jero Wacik, S.E. ditetapkan tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana pemerasan di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Lembaga antirasuah, KPK pada Rabu (3/9/2014) telah menetapkan Ir. Jero Wacik, S.E. sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dan penyalahgunaan kewenangan dan pemerasan terkait pengadaan kegiatan proyek Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) periode tahun 2011-2013.

Pasal yang disangkakan Jero Wacik yakni Jero Wacik dijerat dengan Pasal 12 huruf e jo Pasal 23 Undang-undang No.31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sebagaimana yang telah diubah dengan UU No.20/2001 tentang Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) juncto Pasal 421 KUHPidana.

“Berdasarkan kesepakatan pimpinan KPK, bahwa memang sudah dikeluarkan surat perintah penyidikan (sprindik) tertanggal 2 September 2014, peningkatan status menjadi ke penyidikan atas nama tersangka JW (Jero Wacik) dari Kementerian ESDM,” kata Wakil Ketua KPK Zulkarnain yang adalah seorang mantan Jaksa karir, terpilih menjadi anggota Komisi Pemberantasan Korupsi dalam konferensi pers di kantor KPK, plaza Gedung KPK, Jalan H.R. Rasuna Said Kav. C1, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (3/9/2014).

Keterlibatan Jero Wacik berawal dari pengembangan penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi pengadaan di Sekretariat Jenderal Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang menjerat Waryono Karno.

Sebelumnya, anak buah Jero Wacik, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ESDM Waryono Karno ditetapkan tersangka dalam kasus suap SKK Migas, yang melibatkan mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya pada Kabinet Indonesia Bersatu jilid II, Prof. Dr-Ing. Ir. Rudi Rubiandini R.S. (R.R.) yang saat itu menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Saat mengusut kasus itu, KPK juga mengusut dugaan korupsi pengadaan di Kementerian ESDM tahun 2011-2013.

Ir. Jero Wacik, S.E. adalah salah satu Menteri yang sempat menerima Bintang Penghargaan Mahaputera Adipradana. (jos)

See Also

Bareskrim Polri Tetap Usut Korupsi PD Sarana Jaya
KPK Perpanjang Penahanan Kadis PUPR Mojokerto
Bareskrim Polri Tahan 7 Tersangka Terkait Kasus Praktik Bank Gelap Hanson International
KPK Perpanjang Penahanan Dirut PT. CMI Teknologi Rahardjo Pratjihno
KPK Geledah Rumah Anggota DPRD Tulungagung
Kasus PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), Kejagung Periksa 27 Saksi Pemilik Rekening Saham
KPK Geledah Gedung DPRD Tulungagung
KPK Periksa Direktur Utama PT. Antam (Persero) Tbk
KPK Akui Adanya Aturan Melarang Pimpinan Temui Pihak Terkait Perkara
Polda Jatim Segera Ungkap TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Polda Jatim Bidik TPPU Kasus Investasi Bodong MeMiles
Reynhard Sinaga Ditahan Di Sel Maximum Security
Universitas Manchester Cabut 2 Gelar Magister Reynhard Sinaga
Kolaborasi Bareskrim Dan BNN Amankan 250 Kg Ganja Di Jakarta
Kasus Investasi Bodong MeMiles Segera Dilimpahkan Ke Kejati Jatim
Kasus Investasi Bodong MeMiles, Polda Jatim Periksa Siti Badriah
KPK Sita Rumah Dan Mobil Mantan Bupati Cirebon
Jaksa Teliti Berkas Tersangka Kasus Novel Baswedan
KPK Periksa Komisioner KPU
Polri Selidiki Negara Rakyat Nusantara
Jaksa Agung Sebut Kasus Jiwasraya Merugikan Negara Rp 13,7 Triliun
Bea Cukai Berkoordinasi Dengan Polda Metro Jaya Tangani Kasus Penyelundupan
Pengacara Yang Sukses Mengadakan MoU Dengan Negara Lain
Polda Metro Jaya Tahan Para Tersangka Kasus Penculikan WN Inggris
Presiden Joko Widodo Resmi Lantik Idham Azis Sebagai Kapolri Baru
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.997.249 Since: 05.03.13 | 0.2404 sec