Nasional

Mabes Polri Ajukan Tiga Nama Calon Irwasum Ke Presiden

JAKARTA-SBN.

Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) Trunojoyo tengah mempersiapkan calon jenderal bintang tiga yang akan menduduki posisi penting di korps Bhayangkara. Persiapan ini menyusul sejumlah pejabat penting bintang 3 Mabes Polri akan memasuki masa purnabakti alias pensiun.

Untuk itu, Mabes Polri sudah berkirim surat ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam rangka pergantian jabatan tersebut.

Orang nomor dua di Korps Bhayangkara menggantikan seniornya, Komjen. Pol. Drs. Oegroseno, S.H. yang pensiun, Wakil Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Wakapolri) Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti memaparkan untuk pergantian jabatan bintang tiga harus diajukan kepada presiden terlebih dahulu untuk mendapat persetujuan. Untuk menggantikan posisi penting di korps Bhayangkara yang akan pensiun, Wakil Kepala Polri, Komjen Polisi Drs. Badrodin Haiti mengungkapkan institusinya telah mengajukan nama-nama ke Presiden.

Mantan Kadivkum Polri pada tahun 2010 ini, Komjen Polisi Drs. Badrodin Haiti juga memastikan tak akan ada jenderal bintang tiga yang akan dimutasi. "Jenderal bintang tiga itu sudah kita ajukan kepada Presiden, tinggal menunggu persetujuan Presiden," tutur mantan Dir I Bareskrim Polri pada tahun 2008-2009, Komjen Polisi Drs. Badrodin Haiti saat menghadiri peluncuran buku Bhayangkara di Bumi Cendrawasih di Gedung PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Soal nama-nama calon petinggi di Polri, mantan Kapolwiltabes Semarang Polda Jateng  tahun 2004 ini, Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti masih merahasiakannya. “Sudah (diajukan nama kepada presiden). Mudah-mudahan semoga minggu-minggu in‎i sudah bisa keluar. Yang diajukan tiga,” beber mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jawa Timur) yang menjabat pada 20 Agustus 2010 hingga 14 Maret 2011 menggantikan Komjen. Pol. Pratiknyo yang pensiun, Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti di STIK-PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (28/8/2014).

Disebutkan, posisi yang akan ditempati pejabat baru adalah Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum). Inspektorat Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Komjen Pol. Drs. H. Anton Bachrul Alam, S.H. akan memasuki pensiun dari anggota kepolisian dalam waktu dekat ini.

Dikatakan oleh mantan Kabaharkam Mabes Polri dari 2 Agustus 2013 hingga pengangkatannya sebagai Wakapolri pada 27 Februari 2014 tersebut, ada tiga nama yang diajukan kepada Kepala Negara, ada jenderal polisi bintang dua dan ada jenderal polisi bintang tiga.

Menurut mantan Dir Reskrim Polda Jatim tahun 2003, Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti, untuk Irwasum biasanya mengambil jenderal senior dengan latar belakang Akademi Kepolisian antara angkatan 1981, 1982, dan 1983. Lanjut mantan Kabaharkam Polri ini, biasanya posisi Irwasum akan dijabat jenderal polisi senior, sehingga kemungkinan nama yang diajukan berasal dari jebolan Akademi Kepolisian Tahun 1981, 1982, dan 1983.

"Inspektorat pengawas itu kan kita ambil yang senior. Yang senior itu 81, 82 dan 83. Ya terserah nanti yang disetujui yang mana. Paling tidak ada 81,82 dan 83. Jadi kalau misalnya nanti yg dipilih yang 83, ya maka 82 dan 81 harus legowo. Begitu sebaliknya. Kalau dipilih 82, ya 81 dan 83 juga harus legowo," tandas mantan Kapolsek Metro Sawah Besar Polres Metro Jakpus Polda Metro Jaya pada tahun 1993 ini, Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti.

Irwasum merupakan orang ketiga di tubuh organisasi kepolisian. Saat ini ditataran bintang tiga yang mumpuni bisa masuk menjadi Irwasum hanya Kalemdikpol yang aktif sejak Desember 2012, Komjen Pol. Drs. Budi Gunawan, S.H., M.Si., Ph.D. karena ia termasuk jenderal bintang tiga senior Jebolan Akpol 1983.

Selain itu nama Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol. DR. Anang Iskandar, S.H., M.H. pun termasuk jenderal bintang tiga senior karena ia merupakan jebolan Akpol 1982. Sementara pejabat bintang dua jebolan Akpol 1981,1982, dan 1983 masih banyak. Namun kabar yang beredar nama Kapolda Metro Jaya sejak 18 Maret 2014, Irjen Pol. Drs. Dwi Prayitno masuk dalam bursa pengganti Komjen Pol. Drs. H. Anton Bachrul Alam, S.H.

Sementara untuk pergantian Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkam) sejak April 2013, Komjen Pol. Drs. H. Suparni Parto Setiono, M.M masih menunggu bulan depan. Sehingga dalam waktu dekat ini hanya ada satu pergantian saja di level jabatan bintang tiga. "Masih bulan depan (untuk Kabaintelkam)," terang alumnus terbaik Akpol 1982 peraih Adhi Makayasa yang pernah menjabat Kapolda Banten, Kapolda Sulawesi Tengah, dan Kapolda Sumatera Utara, Komjen Pol. Drs. Badrodin Haiti. (jos)

See Also

Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.011.189 Since: 05.03.13 | 0.1792 sec