Nasional

Polisi Periksa Keaslian Pelat Nomor Unimog Pendukung Pasangan Prabowo-Hatta

Friday, 22 Agustus 2014 | View : 827

JAKARTA-SBN.

Penyidik Polda Metro Jaya melakukan penyidikan menyoal kebenaran plat nomor dari tiga truk kecil Mercedes-Benz Unimog 1300L milik massa pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang disita Polda Metro Jaya.

Menurut seorang penyidik, lantaran pelat nomor Unimog itu berasal dari luar daerah sehingga keaslian pelatnya akan dicek.

"Ini kan nopolnya dari daerah semua, daerah Jawa Barat (D 8139 DI, D 8499 TC, dan Z 8383 BM). Mau dicek kebenarannya, apa benar pelat nomornya," kata penyidik tersebut, Jumat (22/8/2014).

Penyidik itu menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan Ditlantas Polda Jawa Barat untuk mengecek keaslian nomor polisi tiga Unimog bercat loreng tersebut.

Untuk diketahui, sebelum dibawa ke Polda Metro, tiga Unimog ini sempat diparkir di depan Kantor Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), kawasan Merdeka Barat, Jakarta.

Nomor polisi dua Unimog menunjuk daerah Bandung sebagai asal kendaraan, yakni D 8139 DI dan D 8499 TC. Sementara satu Unimog lainnya bernomor polisi Z 8383 BM.

Unimog itu diamankan polisi lantaran saat unjuk rasa siang tadi, tiga Unimog itu diparkir persis di depan pagar kawat berduri yang didirikan polisi di depan Bundaran Patung Kuda, di sekitar kantor Indosat.

Saat sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) digelar, massa pendukung pasangan Prabowo-Hatta berusaha menerobos barikade dan kawat berduri yang dipasang petugas. Massa pendukung pasangan Prabowo-Hatta ingin melakukan unjuk rasa di depan Gedung MK. Bentrokan tidak dapat dihindari, pengunjuk rasa dan petugas terlibat saling lempar.

Saat itu massa kembali berdatangan dari arah Jalan M.H. Thamrin dengan berjalan dan membawa bendera sejumlah partai pendukung. Ada juga yang menggunakan sepeda motor. Massa menuju Jalan Medan Merdeka Selatan, karena arah jalan yang menuju kawasan Merdeka Barat sudah diblokir dan dikuasai petugas.

Massa bergabung dengan pengunjuk rasa yang sebelumnya sudah berada di Jalan Merdeka Selatan. Saat itu pengunjuk rasa terkonsentrasi di depan Kementerian BUMN.

Pendukung pasangan Prabowo-Hatta merangsek melewati kawat berduri menggunakan Unimog tersebut hingga memicu terjadinya kerusuhan.

Massa pendukung pasangan Prabowo-Hatta menggunakan truk kecil Mercedes-Benz Unimog 1300L dalam aksinya jelang pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi, di ruas Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014).

Unimog yang identik dengan truk militer ini digunakan massa pendukung pasangan capres-cawapres nomor 1 itu untuk menerobos kawat berduri yang dipasang aparat kepolisan. Kendaraan itu pun diberhentikan paksa oleh petugas, sementara penumpang serta pengemudinya juga diamankan.

Memakai Unimog untuk aksi demonstrasi bukanlah hal lazim. Sebab, dalam beberapa literatur disebutkan Unimog 1300L adalah kendaraan off-road yang digunakan untuk menjelajah.

Kemampuannya fenomenal, dengan bodi besar, ground clearance tinggi, suspensi sangat fleksibel, dan drivetrain superior, memungkinkan truk ini tangguh di segala medan. Truk asal Jerman ini menggunakan empat roda dengan konfigurasi sistem penggerak semua roda.

Unimog 1300L punya panjang 5,54 m, lebar 2,30 m, tinggi 2,83 m dan berat 7.500 kilogram. Mengusung mesin diesel Mercedes-Benz enam silinder type OM, tenaganya mencapai 130 tk pada putaran mesin 2.800 RPM yang disalurkan melalui transmisi delapan percepatan. Kapasitas bahan bakar 160 liter dengan jarak tempuh 350 kilometer.

"Unimog dijual resmi oleh Mercedez-Benz Indonesia (MBI), tapi hanya berdasarkan pemesanan terlebih dahulu. Kita tidak bisa membeberkan harga jualnya maupun unit yang sudah beredar di Indonesia," jelas sumber internal MBI, Kamis (21/8/2014). (tri/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.688.308 Since: 05.03.13 | 0.1866 sec