Nasional

41.944 Personel Gabungan Antisipasi Rusuh Putusan MK

Monday, 18 Agustus 2014 | View : 980

BOGOR-SBN.

Puluhan ribu personel kepolisian akan dikerahkan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk saat putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014, dibacakan Kamis (21/8/2014) lusa.

Sebanyak 20.944 personel gabungan dari Polda Jabar, dan 21.000 lainnya dari Polda Metro Jaya.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat (Jabar) mulai menjabat sejak 6 Desember 2013, Irjen. Pol. Drs. Mochammad Iriawan, S.H., M.M., M.H. menyebutkan, puluhan ribu personel gabungan dari Polda Jabar diterjunkan mengamankan pengumuman putusan sengketa pemilu presiden (Pilpres) 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Jumlah 20.944 anggota kepolisian yang disiapkan ini belum termasuk dari personel TNI dan unsur lainnya. Hari ini, saya juga melakukan ekstra-pengamanan kontijensi (situasi yang tidak menentu) dan melakukan visual voice ke setiap polres dan polresta di wilayah Jawa Barat," ungkap mantan Direskrimum Polda Metro Jaya tahun 2008, Irjen Pol. Mochammad Iriawan saat memimpin apel pasukan di Kompleks Pemkab di Cibinong, Bogor, Senin (18/8/2014).

Mantan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) 2012 ini juga menjelaskan, sebanyak 14 titik di sejumlah perbatasan Jawa Barat akan dijaga ketat pasukan gabungan TNI dan Polri. Namun untuk wilayah Karawang dan Bogor akan diprioritaskan, sebab kedua wilayah tersebut berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta.

"Saya pun juga sudah memerintahkan kepada seluruh jajaran polres dan polresta di Jawa Barat untuk mengantisipasi segala hal tindakan yang dapat menganggu keamanan dan ketertiban," jelas mantan Dir Binmas Baharkam Polri tahun 2010, Irjen. Pol. Mochammad Iriawan.

Mantan Wadir I/Kamtranas Bareskrim Polri tahun 2009, Irjen Pol. Mochammad Iriawan memimpin gelar apel kesiapan simulasi situasi kontijensi, yang dipusatkan di lapangan Tegar Beriman, Komplek Pemda, Cibinong, Kabupaten Bogor. Apel kesiapan simulasi ini digelar untuk mengantisipasi keamanan, seusai pembacaan putusan sengketa pemilu presiden di Mahkamah Konstitusi pada Kamis (21/8/2014) lusa.

Banyaknya pelibatan personel keamanan karena kepolisian mengantisipasi terjadinya kerusahan saat sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) presiden dan wakil presiden. Polri akan bertindak tegas jika terjadi kerusuhan.

"Kami akan mengambil tindakan tegas jika terjadi gangguan, apalagi akan berdampak pada terganggunya situasi keamanan dan ketertiban nasional," tegas Kepala Bidang Penerangan Umum Divisi Humas Polri (Kabagpenum Ropenmas Divhumas Polri) Komisaris Besar (Kombes) Pol. Agus Rianto.

Mantan Widyaiswara Muda Sespim Polri tahun 2011, Kombes Pol. Agus Rianto mengatakan, perlu adanya peran serta masyarakat untuk menjaga situasi yang kondusif. Ia meminta agar massa yang akan berunjuk rasa di depan Gedung MK menjalankan aksi dengan damai tanpa berujung pada kerusuhan.

"Kami berharap semua pihak memahami dan tetap mengikuti semua tahapan sidang dengan tertib, terutama yang berada di sekitar Gedung MK," kata Kombes Pol. Agus Rianto.

Mantan Kabid Humas Polda Jabar tahun 2010, Kombes Pol. Agus Rianto menambahkan, Polri memiliki standar pengamanan dalam menghadapi kericuhan di masyarakat, seperti diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkapolri) Nomor 1 Tahun 2009.

"Ada tahapannya. Kita akan terapkan sesuai situasi di lapangan dan tetap mengacu pada ketentuan yang berlaku," pungkas mantan Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Agus Rianto. (jos)

See Also

Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.790.925 Since: 05.03.13 | 0.1862 sec