Nasional

Polda Metro Jaya Perketat Pengamanan Gedung MK

Monday, 18 Agustus 2014 | View : 753

JAKARTA-SBN.

Sebagai tuan rumah, Polda Metro Jaya akan mengawal langsung pengamanan Gedung MK dan Kota Jakarta secara ketat saat pembacaan putusan sidang gugatan hasil pemilu presiden (pilpres). Pola pengamanan sama dengan pada saat pengumuman pemenang pemilu presiden (pilpres) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, 22 Juli lalu, saat telah menetapkan pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) sebagai pemenang pilpres 2014.

Pengamanan akan dilakukan hingga empat lingkaran. Polda Metro Jaya memberlakukan sistem pengamanan empat ring untuk mengamankan sidang putusan gugatan Pemilihan Presiden (pilpres) 2014 di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (21/8/2014) mendatang.

Dengan sistem pengamanan ini, massa tidak boleh berada di sekitar Gedung MK. Pengamanan ini sama seperti pola pengamanan saat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil Pemilu Presiden (pilpres) pada 9 Juli 2014 lalu di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol Jakarta Pusat.

“Jajaran Polda Metro Jaya melaksanakan sistem pengamanan sama seperti yang pernah dilakukan saat di KPU. Jadi, kami berlakukan Ring 1, Ring 2, Ring 3, dan Ring 4," beber Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes) Pol. Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Senin (18/8/2014).

Mantan Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes Pol. Rikwanto mengungkapkan, Ring 1 dalam pengawasan nanti adalah ruang sidang. Ring 2 merupakan lingkup sekitar Gedung MK dari halaman MK sampai depan. Ring 3 ada di daerah Harmoni dan Bundaran Air Mancur, Patung Kuda. Sementara itu, Ring 4 adalah titik-titik di radius beberapa ratus meter dari Gedung MK.

Jumlah personel yang disiapkan di Ring 1 nantinya ada 3.500 anggota. Jumlah ini juga terdapat di Ring 2, 3, dan 4.

Juru Bicara Polda Metro Jaya ini, Kombes Pol. Rikwanto juga menyampaikan pihaknya menurunkan sekitar 3.500 personel di sekitar Gedung MK hingga di Ring 4.

Dengan demikian, total keseluruhan aparat yang dikerahkan dalam hari pembacaan putusan MK nanti adalah 21.000 personel.

“Kami juga berlakukan sistem pengamanan kota dan kontigensi. Artinya, akan ada kurang lebih 21.000 personel kepolisian dibantu unsur lainnya. Akan menempati posisi tertentu di seluruh wilayah Jakarta, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kaitan keputusan MK,” tandas mantan Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes Pol. Rikwanto.

Menurut mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Rikwanto, hanya orang-orang yang memiliki kartu identitas khusus yang bisa masuk ke Gedung MK dan sekitarnya. Jika tidak, mereka akan tertahan di Ring 3 untuk dialihkan. “Artinya, waktu dibacakan keputusan dan ketuk palu di MK, tidak ada yang mendekati Gedung. Hanya yang diizinkan atau yang telah diberikan id card saja yang bisa masuk,” jelas mantan Kapolres Klaten tersebut..

Perangkat keamanan, seperti meriam air, juga akan disiapkan untuk 21 Agustus nanti.

Jika dibutuhkan, perlengkapan lain dari Polda Metro Jaya ataupun Polres terdekat akan diluncurkan untuk membantu pengamanan. Pengamanan saat pembacaan putusan MK memang ketat. Namun, Juru Bicara Polda Metro Jaya ini, Kombes Pol. Rikwanto berharap situasi tetap kondusif seperti saat pengumuman pemenang pilpres lalu.

"Kami harapkan tidak ada hal yang tidak kami inginkan. Namun, prosesi pengamanan saat sidang pengambilan keputusan MK seperti di KPU," pungkas mantan Kapolres Klaten ini. (jos)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.888.515 Since: 05.03.13 | 0.1904 sec