Nasional

Apresiasi Iptek

JAKARTA-SBN.

Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang diperingati setiap 10 Agustus, pada tahun 2014 ini mengangkat tema "Inovasi Pangan, Energi dan Air untuk Daya Saing Bangsa".
Ketua Pelaksana Harian Hakteknas 2014, DR. Yohan mengatakan, pengangkatan tema tersebut sesuai arahan Presiden RI pada Hakteknas sebelumnya, bahwa ke depannya harus diutamakan melakukan riset terkait pangan, energi, dan air.

"Sepuluh hingga 20 tahun mendatang masalah pangan, energi dan air akan menjadi permasalahan bersama. Apalagi dengan pertumbuhan penduduk yang makin besar, maka pangan, energi dan air menjadi kebutuhan mutlak," ungkap DR. Yohan pada jumpa pers Hakteknas 2014 di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Oleh karena itu, menurut DR. Yohan, mulai sekarang perlu digali riset teknologi mengenai pangan, energi, dan air agar ketahanan tiga hal penting tersebut bisa didapatkan.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan Hakteknas yang tahun ini memasuki tahun ke-19 akan digelar mulai pada 8 hingga 12 Agustus mendatang di Gedung II Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Jakarta. Selain itu juga akan ada kegiatan pendukung lainnya di berbagai daerah di Indonesia sampai Desember 2014.

Rangkaian kegiatan selama lima hari tersebut meliputi Musyawarah Perencanaan Nasional Iptek, RITECH Expo, seminar Iptek, serta acara puncak Hakteknas ke-19 yang akan dilaksanakan pada 11 Agustus mendatang.

"Sudah tiga tahun berturut-turut acara puncak tidak dilaksanakan di tanggal 10 Agustus karena bertepatan puasa dan Idul Fitri. Tahun ini juga acara puncak tidak di tanggal 10 Agustus karena jatuh di hari Minggu," papar DR. Yohan.

Acara puncak yang diselenggarakan di Auditorium Gedung II BPPT Jakarta pada tanggal 11 Agustus 2014 dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. DR. H. Boediono, M.Ec.

Wakil Presiden RI sejak 2009 yang juga mantan Menteri Negara Perencanaan dan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Prof. DR. H. Boediono, M.Ec. meminta semua pihak untuk tidak mempertentangkan antara teknologi dan ekonomi. Sebab kedua hal itu saling bersinergi. Wapres mengungkapkan hal itu dalam pidato menyambut Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke 19 yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Riset dan Teknologi, Senin (11/8/2014).

Hadir dalam puncak acara Hakteknas, mantan Presiden BJ Habibie, Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Gubernur Sulawesi Selatan, Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Plt Gubernur Banten, Wali Kota Bandung, dan sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu.

Menurut Wakil Presiden Indonesia kesebelas yang menjabat sejak 20 Oktober 2009, Boediono, antara ekonomi dan teknologi harus bisa bersinergi. “Jadi ini tidak perlu lagi dibedakan. Transformasi natural resource base menjadi knowledge economy base, membutuhkan perjalanan panjang. “Sinergi dan koordinasi ini jangan hanya saat kabinet ini, tapi harus dilanjutkan pada kabinet selanjutnya,” harap mantan Gubernur Bank Indonesia ini, Boediono.

Paradigma saat ini, lanjut Wapres Boediono harus dilihat lebih luas lagi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Transformasi dari sumber daya alam menjadi sumber yang memiliki nilai ekonomi tinggi, dibutuhkan sumber daya manusia yang kredibel.

Untuk itu paradigma sekarang ini tidak hanya pertumbuhan produksi tetapi juga pertumbuhan produktivitas. “Hasil riset-riset yang dikembangkan dengan teknologi ini, harus menggandeng kemitraan untuk menuju inovasi.” Semua pihak baik pemerintah, pelaku bisnis dan akademisi bekerja sama untuk melahirkan teknologi sebagai penggerak ekonomi yang dibutuhkan masyarakat,” tambah mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan mantan Menteri Keuangan, Boediono.

Dalam peringatan Hakteknas ke 19 ini, Kementerian Riset dan Teknologi memberikan sejumlah penghargaan untuk para pelaku iptek baik dari tingkat provinsi hingga masyarakat. Dalam kesempatan sama, Menristek Gusti Muhammad Hatta memberikan apresiasi kepada 19 inovator yang diwujudkan dalam buku 19 Inovasi Teknologi Anak Bangsa yang sebelumnya telah diserahkan kepada Wakil Presiden Boediono.

Selain itu, penggalangan kerja sama di tingkat internasional juga turut serta untuk memajukan riset-riset berkualitas melalui kegiatan ASEAN Science & Technology Week (ASTW).

Pada bagian lain, masih dalam rangkaian Hakteknas, Masyarakat Penulis Iptek memberikan penghargaan bagi para penulis Iptek baik dari kalangan jurnalis maupun non jurnalis.

Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta menghadiri dan menyaksikan Presiden Direktur PT. Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Kusnan Rahmin memberikan penghargaan kepada juara penulisan Ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) dalam rangka Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-19 di Jakarta, Senin (11/8/2014).

Dalam penulisan Iptek kategori wartawan, ada pun keluar sebagai juara pertama penulisan Iptek untuk jurnalis dimenangkan oleh Slamet Widayadi dari Majalah Sains Indonesia dengan artikel berjudul “Juring Ganda, Tingkatkan Produktivitas Tebu Hingga 60 Persen”. Kemudian, sebagai Juara 2, Aries Munandar dari koran Media Indonesia dengan artikel berjudul “Melaju Tanpa Polusi” dan Faisal Chaniago dari Koran Jakarta dengan artikel “Mengembangkan Sorgum Melalui Sinar Gamma” sebagai Juara 3. (jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.613.003 Since: 05.03.13 | 0.1352 sec