Politik

Nurcahaya Tandang Akui Keseleo Lidah Sebut Prabowo Subianto Titisan Allah

JAKARTA-SBN.

Jejaring sosial media kembali dihebohkan oleh beredarnya video terkait pemilu presiden (Pilpres) 2014. Kali ini adalah akun Relawan Prajanusa di YouTube yang bikin heboh. Relawan Prajanusa mengunggah video berjudul ‘Pidato Nurcahaya Tandang pada Halal Bihalal Prabowo-Hatta di Rumah Polonia’.

Kejanggalan terjadi saat seorang perempuan berjilbab berpidato menyebut capres nomor urut 1 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT. Sebelum berorasi atau pidato, perempuan itu diperkenalkan sebagai Nurcahaya Tandang.

Nurcahaya Tandang disebut sebagai pendukung Prabowo Subianto asal Makassar.

Nurcahaya Tandang sempat membuat heboh media sosial. Lewat video yang diunggah ke YouTube, dirinya menyebut Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT. Selain itu, dia juga menyebut jika gugatan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ke Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai sebuah jihad.

Orasi tersebut dilakukan Nurcahya saat menghadiri halal bihalal yang digelar tim pasangan capres cawapres nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa di Rumah Polonia, Jalan Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (3/8/2014).

Akhirnya, Ketua Umum Srikandi Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Nurcahaya Tandang, mengakui salah menyebut calon Presiden (capres) RI nomor urut satu Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT.

Tidak lagi mau jadi sasaran kecaman masyarakat, Ketua Umum Srikandi Partai Gerindra tersebut, Nurcahaya Tandang, mengaku salah dan meminta maaf kepada publik karena sebut Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT. "Saya minta maaf kalau ada pihak yang kurang nyaman atas kata 'titisan' Allah. Itu karena saya keseleo lidah, seharusnya saya ingin bilang Pak Prabowo 'titipan' Allah di zaman ini yang bisa membawa visi besar Indonesia," ungkap Nurcahaya Tandang kepada wartawan, Rabu (6/8/2014).

Nurcahaya Tandang mengakui salah menyebut calon presiden (capres) RI nomor urut satu Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT. "Saya sebenarnya tidak bermaksud mengatakan Pak Prabowo sebagai titisan Allah. Saya saat itu, ingin mengatakan Pak Prabowo adalah sosok 'titipan' Allah untuk membawa rakyat Indonesia jadi sejahtera. Tapi saya keseleo lidah," terangnya lagi.

Rabu (6/8/2014) malam, Nurcahaya Tandang menuturkan penyebutan titisan Allah SWT tersebut disebabkan dirinya ‘keselo lidah’ saat berorasi dalam acara Halal Bihalal Prabowo Subianto, di Rumah Polonia. “Saya sebenarnya tidak bermaksud mengatakan Pak Prabowo sebagai titisan Allah. Saya saat itu, ingin mengatakan Pak Prabowo adalah sosok 'titipan' Allah untuk membawa rakyat Indonesia jadi sejahtera. Tapi saya keselo lidah,” jelas Nurcahaya Tandang via telepon kepada wartawan, Rabu (6/8/2014) malam.

Nurcahaya Tandang, yang ketika ditelepon mengaku berada di Makassar, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang mau mengoreksi kesalahannya. "Itu artinya, mereka masih peduli dan menginginkan saya bertatabahasa yang benar. Jadi, sekali lagi, saya meminta maaf karena keseleo lidah menyebut Pak Prabowo sebagai titisan Allah," tandasnya.

Perempuan yang maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) di Banten dari Partai Gerindra ini menuturkan, ia kerap "keseleo lidah" saat berorasi.

Misalnya, papar Nurcahaya Tandang yang saat ditelepon mengaku tengah berada di Makassar ini, dalam pidato yang sama dirinya mengatakan sidang perdana MK terkait sengketa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI adalah 6 Juli 2014. Padahal yang benar adalah 6 Agustus 2014. “Saya, Nurcahaya, adalah seorang Muslimah. Saya benar-benar mengerti dalam Islam tidak ada 'anak Allah' atau titisan Allah. Jadi, soal pidato saya itu benar-benar disebabkan keselo lidah," tukasnya.

Untuk diketahui, seperti diberitakan, di situs YouTube akun Relawan Prajanusa mengunggah video berjudul ‘Pidato Nurcahaya Tandang pada Halal Bihalal Prabowo Hatta di Rumah Polonia’. Sebelumnya diberitakan bahwa gara-gara menyebut Prabowo Subianto titisan Allah SWT dalam pidato yang diunggah di YouTube, nama caleg DPR RI Partai Gerindra dari dapil Banten III, Nurcahaya Tandang mendadak tenar di media sosial. Salah satu kalimat yang membuat gempar adalah kutipan wanita bernama Nurcahaya Tandang, asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu yang mengatakan Prabowo Subianto sebagai titisan Allah SWT.

Ini setelah pidato berapi-api yang menyebut Prabowo Subianto sebagai Titisan Allah SWT beredar di YouTube.

Wanita yang berorasi yang menyebutkan Prabowo Subianto sebagai titisan Allah merupakan Nurcahaya Tandang yang merupakan kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dikutip dari situs Gerindra, saat ini Nurcahaya Tandang menjabat sebagai Ketua Umum DPN Srikandi Gerindra.

Wanita kelahiran Pare-pare pada 6 April 1964 ini merupakan anggota DPR-RI dapil Banten III mewakili Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Kota Tangerang, dan Tangerang, provinsi Banten. Dalam Pilpres 2014, dirinya menjabat Tim Sukses Nasional (Timsesnas) Pemenangan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Lulusan S3 Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM) tercatat sebagai dosen Intelijen Negara di Badan Intelijen Negara (BIN) selama lima tahun pada Januari 2007 hingga Mei 2012.

Selain itu, wanita yang juga aktif sebagai penulis ini juga pernah menjadi dosen hubungan internasional dan politik Universitas Hasanudin (Unhas), Makassar, provinsi Sulawesi Selatan.

Namun kejanggalan terjadi di pertengahan pidato. Nurcahaya Tandang bercerita tentang mengapa mereka harus mendukung Prabowo Subianto. Dia menyebut mendukung Prabowo Subianto sebagai jihad. "... Bukan cuma jihad nasionalisme, kita tidak hanya mendukung bapak Prabowo tetapi hanya visi besar pak Prabowo sebagai titisan Allah SWT..." kata Nurcahaya Tandang dengan suara yang berapi-api dalam pidatonya.

Selain itu, Nurcahaya Tandang juga menyebut orang yang memasang spanduk Joko Widodo sebagai Presiden merupakan tindakan makar. "Yang memasang spanduk tersebut adalah makar," cetus Nurcahaya Tandang.

Nurcahaya Tandang juga menyerukan agar pendukung pasangan capres cawapres nomor urut 1, Prabowo-Hatta melakukan peradilan jalanan. "Jangan salah kalau kita melakukan peradilan jalanan. People power," pungkas Nurcahaya Tandang.

Di sela-sela orasi, pendukung lain bersorak "betul" "betul".

Video memutar pidato Nurcahaya Tandang hingga berakhir selama 6 menit 41 detik.

Dalam bagian penjelasan tertulis video diterbitkan 3 Agustus 2014.

Video yang diunggah oleh akun Alfan K pada Selasa (5/8/2014), telah disaksikan 301 kali. Hingga Rabu (6/8/2014) pukul 11.50 WIB video sudah ditonton 4.443 kali. Kemudian, hingga Rabu (6/8/2014) siang, video tersebut sudah diakses oleh 6.816 pengunjung, dengan 12 likes dan 760 dislikes. Sementara video tersebut diberondong oleh sekitar 200 komentar. (tri/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.537.454 Since: 05.03.13 | 0.1898 sec