Nasional

Menteri Agama Tegaskan ISIS Tak Boleh Berkembang Di Indonesia

Tuesday, 05 Agustus 2014 | View : 921

SAMPANG-SBN.

Menteri Agama (Menag) RI ke-21 menjabat sejak 9 Juni 2014 yang resmi dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggantikan Suryadharma Ali yang mengundurkan diri karena terlibat kasus dugaan korupsi dana haji di Kementerian Agama, Lukman Hakim Saifuddin menegaskan organisasi militan radikal ISIS tidak boleh berkembang diIndonesia. "Bisa mengancam keutuhan NKRI," tegasnya di Sampang, pulau Madura, Selasa (5/8/2014). 

Secara ideologis, sambung dia, ISIS cenderung radikal dan menggunakan cara-cara kekerasan untuk mewujudkan apa yang mereka yang yakini. Hal itu, lanjut Lukman Hakim Saifuddin, bertentangan dengan fahan bernegaraindonesia. "Cara ISIS juga bertolak belakangan dengan ajaran Islam," imbuh mantan Wakil Sekretaris Pimpinan Pusat Lembaga Kemaslahatan Keluarga NU (LKKNU) 1985-1988, Lukman Hakim Saifuddin.

Meski di Indonesia sudah ada pihak-pihak yang berbaiat bergabung dengan ISIS, anak dari Menteri Agama ke-9, Saifuddin Zuhri tersebut, Lukman Hakim Saifuddin yakin perkembangan ISIS tetap bisa dicegah dengan peran serta masyarakat. Yaitu dengan menolak jika ada ajakan dengan kelompok baru yang belum banyak dikenal dalam masyarakat. "Masyarakat harus saling mawas diri dan saling menjaga," pungkas Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tersebut.

Mantan Ketua Badan Pengurus Lakpesdam NU periode 1992-1995, Lukman Hakim Saifuddin juga menegaskan bahwa ISIS merupakan suatu organisasi pergerakan berpaham radikal, yang menggunakan kekerasan demi memperjuangkan apa yang diyakininya. "Mereka ingin memperjuangkan negara Islam di Iraq dan Suriah. Umat Islam Indonesia tak perlu terpengaruh dan ikut-ikutan," tukas mantan Ketua Lembaga Pusat Pendidikan dan Pelatihan DPP PPP periode 1999-2003.

Menurut mantan Wakil Ketua MPR RI periode 2009-2014 ini, Lukman Hakim Saifuddin, ideologi ISIS bertentangan dengan Pancasila, karena ISIS menyatakan bahwa Pancasila sebagai "thogut" (berhala) yang harus diperangi.

"Ini sudah amat kelewat batas. Mengangkat sumpah dan berjanji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing itu bisa menyebabkan kehilangan kewarganegaraan RI. Kita harus mendukung aparat penegak hukum untuk bekerja profesional dalam menanganinya," tegas mantan anggota DPR RI periode 1999-2004, 2004-2009, dan 2009-2014 dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mewakili Jawa Tengah ini, Lukman Hakim Saifuddin.

Khusus kepada umat Islam di Indonesia, Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini  meminta agar benar-benar mawas diri, karena dakwah Islam itu mengajak dan merangkul semua kalangan dengan cara-cara yang baik dan penuh hikmah, bukan dengan menebar ketakutan dan kekerasan.

"Saya berharap dalam memanfaatkan momentum Idul Fitri ini, setiap ormas Islam dengan bimbingan dan arahan ulamanya masing-masing mampu lebih mengintensifkan ajaran Islam yang ‘rahmatan lil alamin’, yang menebarkan kemaslahatan bagi sesama dalam bingkai keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tuturnya, berharap. (jos)

See Also

Pesantren Al Mawaddah Kudus Ciptakan Rekor Prestasi Dunia
Total Pasien Positif Virus Corona Bertambah Jadi 134
Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.484.396 Since: 05.03.13 | 0.2547 sec