Nasional

7.262 Personel Polda Metro Jaya Jaga Salat Ied

Sunday, 27 Juli 2014 | View : 756

JAKARTA-SBN.

Umat Islam akan merayakan Idul Fitri dengan menggelar salat Ied berjamaah. Polda Metro Jaya pun akan memperketat penjagaan di sejumlah lokasi diselenggarakannya salat Ied tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah Metro Jaya (Polda Metro Jaya) sejak Desember 2011 lalu, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. mengungkapkan sebanyak 7.262 personel akan bersiaga di titik-titik penyelengaraan Salat Ied di semua wilayah hukum Polda.

Sebaran penjagaannya, sambung dia, disesuaikan dengan jumlah jamaah Masjid. "Total kekuatannya 7.726 personel," ungkap mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (27/7/2014).

Setidaknya ada 9 lokasi yang dijadikan sasaran pengamanan, di antaranya adalah Masjid Istiqlal, Masjid Ibnu Sina di Jakarta Utara, Masjid At-Tin, Masjid Sunda Kelapa, Masjid Kubah Emas di Depok, serta Masjid Agung Al-Azhar.

Pengamanan di 9 lokasi tersebut karena sebagian kapasitas Masjid yang besar dan pengunjungnya adalah tamu yang digolongkan dalam VIP dan VVIP di antaranya seperti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Wakil Presiden Boediono, Dubes negara sahabat, Menteri-menteri, serta korps diplomatik.

Nantinya sebelum salat Ied berlangsung pihak kepolisian daerah (Polda) Metro Jaya akan melakukan sterilisasi lokasi demi keamanan.

Personel yang bertugas merupakan petugas gabungan dari kepolisian resor, Polda Metro Jaya, dan anggota TNI. Jumlah tersebut juga akan disebar ke 116 lokasi Masjid yang menyelenggarakan salat Ied di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut mantan Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes Pol. Rikwanto, anggota kepolisian telah berjaga sejak Selasa (22/7/2014) lalu.

Penjagaan berlanjut hingga 6 Agustus mendatang dalam Operasi Ketupat Jaya 2014. Hingga kini, Kabid Humas Polda Metro Jaya tersebut menuturkan kondisi keamanan Ibu Kota terkendali dan bebas dari ancaman bom.

Selain pengamanan yang bersifat prosedural, mantan Wakapolwil Banyumas, Kombes Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum. berujar bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat juga akan berpatroli di lingkungan permukiman warga. Hal ini bertujuan menjaga rumah-rumah yang ditinggal mudik pemiliknya.

Mantan Kapolres Klaten tersebut, Kombes Pol Rikwanto menuturkan patroli itu dilakukan lantaran tingginya angka kriminalitas menjelang Lebaran. "Petugas berpatroli untuk mencegah premanisme dan street crime yang sering terjadi menjelang Lebaran," tegas  mantan Dosen di Sekolah Staf dan Pimpinan (Sespim) Polri, Kombes Pol. Rikwanto. (jos)

See Also

Megawati Soekarnoputri Resmikan Patung Soekarno Di Akmil Magelang
Penyebab Kecelakaan Bus Damri Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Bus Damri Kecelakaan Di Tol Arah Bandara Soekarno Hatta
Banjir Yang Melanda Di Demak, Menjadi Tanggung Jawab Bersama
Prajurit Kodim 0716/Demak Menyerbu Desa Sayung
Al Mawaddah Gelar Hypno Motivasi Untuk Mengisi Liburan Sekolah
Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.888.524 Since: 05.03.13 | 0.1503 sec