Internasional

Pemimpin ISIS Abu Bakar Al-Baghdadi

Friday, 25 Juli 2014 | View : 1660

BAGHDAD-SBN.

Sejak dipimpin oleh Abu Bakar Al Qurasyiy Al Huseniy Al Baghdadiy atau Amir Daulah Islam Irak Syaikh Abu Bakar Al-Baghdadi hafizhahullah atau Abu Bakar al-Baghdadi, kekuatan The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL), diterjemahkan sebagai the Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) or the Islamic State of Iraq and al-Sham atau Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL) atau yang juga dikenal sebagai Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) semakin besar dan terorganisasi. Hal ini terbukti dengan ditaklukannya sejumlah wilayah di Irak, seperti Kota Anbar, Mosul, Ramadi, dan Falujjah.

Pria yang memiliki nama asli Ibrahim Awwad Ibrahim al-Badri ini lahir dari sebuah keluarga religius di Samarra. Seorang kerabat yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan Abu Bakar al-Baghdadi menyandang gelar doktor dari sebuah universitas di Bagdad pada akhir 1990-an. Ia diketahui belajar tentang sejarah Islam.

Latar belakang pendidikan itu membuatnya memegang posisi agama dalam komunitas Sunni ketika Amerika Serikat (AS) menginvasi Irak pada tahun 2003.

Dari sinilah Abu Bakar al-Baghdadi kemudian terlibat dalam pemberontakan bersenjata dan mulai berjuang di barat Irak hingga tertangkap pada tahun 2006.

Selama empat tahun, Abu Bakar al-Baghdadi berada di dalam tahanan AS di Irak yang juga menjadi tahanan bagi sejumlah komandan Al-Qaeda.

Begitu bebas di tahun 2010, Abu Bakar al-Baghdadi kemudian muncul sebagai pemimpin ISIS yang pada saat itu masih sebagai bagian dari Al-Qaeda.

Abu Bakar Al Qurasyiy Al Huseniy Al Baghdadiy menggantikan kepemimpinan Syaikh Abu Umar Al-Baghdadi yang tewas di tangan pasukan Irak dan Amerika Serikat (AS).

The Islamic State of Iraq and the Levant (ISIL), diterjemahkan sebagai the Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) or the Islamic State of Iraq and al-Sham atau Negara Islam di Irak dan Levant (ISIL) atau yang juga dikenal sebagai Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) tumbuh dari kelompok jihad Al-Qaeda pada April 2013. Meski, dalam perkembangannya, Al-Qaeda membantah kelompok ini sebagai bagian darinya.

Bahkan, seperti dikutip BBC, ISIL bersinggungan dengan pemberontak lainnya di Suriah, seperti Front Al-Nusra pimpinan Ayman al-Zawahiri. Kelompok ini menyatakan diri sebagai satu-satunya afiliasi Al-Qaeda di Suriah.

Di bawah kepemimpinan Abu Bakar al-Baghdadi, ISIS menyatakan diri untuk bergabung dengan Front Al Nusra, kelompok yang menyatakan diri sebagai satu-satunya afiliasi Al-Qaeda di Suriah. Namun, permintaan ISIS tersebut ditolak. Front Al Nusra menganggap ISIS telah melenceng dari Al-Qaeda.

Metode ISIL dianggap bertentangan dengan Al-Qaeda lantaran telah berbelok dari misi perjuangan nasional dengan menciptakan perang sektarian di Irak dan Suriah.

Ketegangan keduanya semakin memanas setelah niat Abu Bakar al-Baghdadi untuk menyatukan Al-Nusra dengan ISIL ditolak.

Ayman al-Zawahiri kemudian mendesak ISIL untuk fokus pada Irak dan meninggalkan Suriah. Namun, Abu Bakar al-Baghdadi dan pasukannya secara terbuka menentang Al-Qaeda.
Dari sinilah Abu Bakar al-Baghdadi dan para pejuangnya secara terbuka menantang pemimpin Al-Qaeda.

Permusuhan terhadap ISIL terus tumbuh di Suriah. ISIL secara teratur menyerang sesama pemberontak di Suriah dan menyalahgunakan warga sipil pendukung oposisi Suriah sebagai bagian dari mereka. Menurut laporan Middle East Monitor, sekitar 6.000 orang tewas akibat pertikaian antarkelompok ini yang dimulai Januari lalu.

Pada Sabtu (28/6/2014), bersama pejuang oposisi Brigade Islam, kelompok Al-Nusra melancarkan serangan perlawanan terhadap ISIL guna merebut kembali kontrol atas Abu Kamal, wilayah timur Suriah yang berbatasan dengan Irak.

Sejak Rabu (25/6/2014), wilayah yang kaya akan ladang minyak ini dikuasai Al-Nusra yang membelot dan memilih bergabung dengan ISIL.

Memang, sejak kepemimpinan Abu Bakar al-Baghdadi, ISIL dianggap lebih menarik dibanding Al-Qaeda pimpinan teolog Islam, Ayman al-Zawahiri.

Dengan reputasi sebagai pelatih medan perang yang memiliki analisis dan taktik yang hebat, Abu Bakar al-Baghdadi sukses menarik jihadis muda untuk lebih memilih tergabung dengan ISIS dibandingkan dengan Al Nusra. Bagi para pejihad muda, Abu Bakar al-Baghdadi dianggap sebagai komandan medan perang yang memiliki analisis dan taktik yang hebat.

Sebagai pemimpin yang ditakuti, Abu Bakar al-Baghdadi melambangkan kebrutalan, tekad, dan ambisi dari ISIS.

Abu Bakar al-Baghdadi tak segan melakukan penyiksaan bahkan pembunuhan terhadap para penentangnya. Hal ini yang kemudian membantunya menguasai sebagian besar wilayah Irak. Di bawah pimpinannya, ISIS mendeklarasikan Negara Islam di sepanjang Irak dan Suriah dan juga menyatakan Abu Bakar al-Baghdadi akan menjadi pemimpin bagi umat muslim di seluruh dunia. (bbc/afp)

See Also

Penembakan Di Century Plaza Bangkok
Jeff Bezos Donasi USD 10 Miliar Untuk Penelitian Iklim
Korban Tewas Akibat Virus Korona Total Jadi 1.868
1.789 Korban Tewas Akibat Virus Korona
Warga Kanada Di Kapal Pesiar Diamond Princess Segera Dievakuasi
Arab Saudi Larang Warganya Ke China
Dokter Pengungkap Virus Korona Meninggal Dunia
Korban Jiwa Virus Korona Bertambah Jadi 634
Jepang Karantina Seluruh Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terkait Virus Corona
Ratusan Warga Negara Malaysia Dan Keluarganya Dipulangkan Dari Wuhan
Penembakan Di Asrama Kampus Texas A & M University
7 Fakta Rumah Sakit Kilat Pasien Korban Virus Corona Wuhan
Singapura Umumkan 6 Kasus Baru Virus Korona
Rumah Sakit Kilat Virus Corona Wuhan Mulai Beroperasi
Penembakan Dalam Bus Greyhound Di California
Korban Meninggal Virus Korona Bertambah Jadi 362
TNI Siap Bantu Kebakaran Hutan Di Australia
Rudal Kenai Objek Di Langit Iran Saat Pesawat Ukraina Jatuh
Iran Sebut Pesawat Ukraina Terbakar Sebelum Jatuh
Pejabat AS Sebut Pesawat Ukraina Kemungkinan Kena Rudal Iran
Bencana Kebakaran Lahan Di Australia
Kapal Induk Kedua China Resmi Diluncurkan
PBB Sebut 7 Ribu Demonstran Iran Ditahan Akibat Protes Kenaikan BBM
Sekelompok Pria Bersenjata Tewaskan 15 Orang Saat Demo Irak
Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
jQuery Slider
Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.874.576 Since: 05.03.13 | 0.1429 sec