Olah Raga

Novak Djokovic Juara Wimbledon

Sunday, 06 Juli 2014 | View : 819

LONDON-SBN.

Petenis berusia 27 tahun kelahiran Belgrade, Serbia yang juga merupakan unggulan utama turnamen Grand Slam Wimbledon ini, Novak Djokovic berhasil memutus puasa gelarnya selama 18 bulan setelah sukses merebut gelar juara turnamen tenis Grand Slam Wimbledon. Gelar juara Grand Slam seri Wimbledon 2014 sektor putra menjadi milik Novak Djokovic.

Gelar itu diraih setelah petenis Serbia ini menyudahi perlawanan petenis asal Swiss, Roger Federer dalam pertandingan sengit yang berjalan lima set. Dalam waktu tiga jam 56 menit, Novak Djokovic menaklukkan unggulan ke-4, Roger Federer dengan skor 6-7 (7-9), 6-4, 7-6 (7-4), 5-7, 6-4 pada partai final di Centre Court, The All England Tennis Club, Wimbledon, Southwest London, Inggris, Minggu (6/7/2014) malam WIB.

Ini merupakan gelar Wimbledon kedua bagi Novak Djokovic dari total tujuh gelar Grand Slam yang sudah dikoleksinya.

Sebelumnya, petenis berjuluk Djoker itu mampu melaju ke tangga juara pada edisi 2011 silam. Selain itu, gelar tersebut merupakan penebusan setelah Novak Djokovic ditekuk Andy Murray di final musim lalu.

Gelar itu membuat Novak Djokovic menyamai rekor petenis AS, John McEnroe dan petenis Swedia, Mats Wilander yang sama-sama membukukan tujuh trofi juara sejak era terbuka.

Itu juga merupakan gelar pertama Novak Djokovic di turnamen Grand Slam sejak 2013.

Sebelumnya, petenis yang karib disapa Nole itu hanya menempati posisi runner up di Wimbledon 2013, US Open 2013 serta Prancis Terbuka Roland Garros 2014.

Gelar terakhir Novak Djokovic diraih di Australia Open 2013 silam.

“Ini adalah turnamen yang terbaik di dunia. Ini juga merupakan salah satu turnamen yang sangat ingin saya juarai. Jadi, saya benar-benar merasa bangga,” jelas Novak Djokovic di laman BBC.

Hasil ini juga membawa Novak Djokovic naik peringkat ke rangking satu dunia menggeser posisi petenis Spanyol, Rafael "Rafa" Nadal Parera. "Saya masih kesulitan menjelaskan kemenangan ini. Pasalnya setelah kalah di set keempat amat sulit bagi saya untuk bangkit," terang Novak Djokovic, Minggu (6/7/2014).

Bermain di Center Court All England Lawn Tennis and Croquet Club, Roger Federer mendapat dukungan penuh kala merebut set keempat. Dari pinggir lapangan para penonton menyoraki petenis Swiss dengan mengelu-elukan namanya.

Namun, Novak Djokovic sanggup bangkit dan menekan permainan Roger Federer. "Menang di Wimbledon adalah target saya. Oleh sebab itu, saya senang bisa berada dalam kondisi fit," ucapnya.

Lebih lanjut, Novak Djokovic kagum dengan perlawanan yang diperagakan oleh Roger Federer.

Menurut dia, sebagai petenis terbaik Roger Federer yang sudah mengemas 17 gelar Grand Slam telah memberikan contoh permainan yang menakjubkan. “Ini adalah pertandingan yang berat. Federer tampil luar biasa. Itulah kenapa dia bisa memenangkan 17 gelar Grand Slam,” tegas petenis berusia 27 tahun itu.

Novak Djokovic sempat berpikir bisa mematahkan service Roger Federer pada saat match point.

Namun berkat pengalaman bertanding yang kaya, Novak Djokovic malah kalah di set keempat. Ia pun segera mengatur strategi dan sukses membalikkan keadaan pada set kelima.

“Terima kasih sudah mengizinkan saya memenangi laga ini," tambah Novak Djokovic.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada laga semi final, Novak Djokovic menundukkan unggulan ke-11, petenis Bulgaria Grigor Dimitrov dengan 6-4, 3-6, 7-6 (7-2), 7-6 (9-7), Jumat (4/7/2014).

Sebelumnya, Novak Djokovic masih menjaga asa juara Grand Slam seri Wimbledon 2014. Petenis asal Serbia berjuluk Djoker itu menjejakkan kakinya di babak semifinal. Novak Djokovic menggenggam tiket itu setelah menumbangkan unggulan ke-26, petenis Kroasia, Marin Cilic dimana pernah mempunyai ranking dunia ATP Singles nomor 9 yang merupakan ranking dunia tertinggi sepanjang karier tenisnya pada 22 Februari 2010, dengan skor 6-1, 3-6, 6-7 (4-7), 6-2, 6-2 pada babak perempat final yang dilangsungkan di Court 1, Rabu (2/7/2014) malam WIB.

Bagi Novak Djokovic, itu merupakan semifinal keenam sepanjang keikutsertaannya di Wimbledon. Di babak semifinal, petenis yang juga karib disapa Nole itu berjibaku kontra wakil Bulgaria, Grigor Dimitrov pernah mempunyai ranking dunia ATP Singles nomor 12 tertinggi sepanjang karier tenisnya yang diraihnya pada Mei 2014 lalu.

“Saya bermain dengan sangat buruk dan melakukan banyak kesalahan di set kedua. Itu menjadi momentum baginya untuk mengendalikan permainan,” urai Novak Djokovic di laman BBC.

Novak Djokovic kini menjadi kandidat terkuat perengkuh gelar juara Wimbledon. Pasalnya, Andy Murray yang berstatus juara bertahan sudah tersingkir. Apalagi, Novak Djokovic hanya sekali menelan kekalahan dalam 17 laga semifinal.

“Cilic sempat menemukan ritmenya ketika melakukan service. Saya seolah memberinya kesempatan untuk mengembangkan permainan. Itu benar-benar membuat saya frustrasi,” tegas Novak Djokovic.

Pada babak keempat sebelum melaju ke perempat final, Novak Djokovic menang dengan skor 6-3, 6-4, 7-6 (7-5) atas unggulan ke-14, petenis Prancis yang saat ini menduduki ranking dunia nomor 17, Jo Wilfired Tsonga, Selasa (1/7/2014).

Sementara itu, Roger Federer tak menyangka pertandingan bisa berlangsung dalam lima set. "Final yang menakjubkan," ucap petenis berusia 32 tahun ini. Ia mengatakan laga melawan Novak Djokovic selalu berlangsung ketat. Ia pun legowo menerima kekalahan dari Novak Djokovic. (bbc/jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.539.446 Since: 05.03.13 | 0.162 sec