Olah Raga

Brasil Ke Semifinal, Kalahkan Kolombia 2-1

Saturday, 05 Juli 2014 | View : 844

FORTALEZA-SBN.

Dua negara Amerika Selatan, Brasil dan Kolombia, bertarung di Stadion Estádio Castelão, Fortaleza, Brasil pada babak perempat final Piala Dunia 2014, Jumat (4/7/2014) waktu setempat atau Sabtu (5/7/2014) dini hari WIB.

Laga hidup mati harus dilakoni Brasil ketika menjamu Kolombia Sabtu (5/7/2014) dini hari WIB di Stadion Estádio Castelão, Fortaleza, Brasil.

Kedua tim dari benua Amerika ini akan memperebutkan satu tiket menuju semifinal.

Brasil wajib memenangkan duel perempat final ini jika tak mau kehilangan muka di depan fans sendiri yang pastinya bakal memadati stadion.

Brasil sudah mencetak delapan gol selama Piala Dunia 2014 ini, sama banyak dengan ketika Brasil mencapai perempat final pada 2010.

Brasil hanya satu kali kalah di babak 16 besar Piala Dunia ketika mereka lebih dulu mencetak gol. Total, Brasil menang 13 kali dan seri dua kali.

Meski sama-sama berasal dari Amerika Latin, Brasil ternyata baru pertama kali bersua di Piala Dunia dengan Kolombia. Kedua negara ini lebih banyak berjumpa di Piala Amerika Latin atau kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Latin. Rekor head to head sejauh ini masih dikuasai oleh Brasil.

Brasil selalu melaju dan menembus ke babak perempat final di enam edisi terakhir Piala Dunia, tetapi tak pernah mencapai babak selanjutnya sejak Piala Dunia 2002.

Kolombia baru untuk pertama kalinya mencatat sejarah menembus mencapai babak perempat final dalam sejarah piala dunia pada turnamen kali ini.

Pertandingan nanti malam akan menjadi pertemuan perdana Kolombia melawan Brasil di ajang Piala Dunia di putaran final Piala Dunia.

Secara keseluruhan, kedua negara ini sudah bertemu sebanyak 25 kali dalam berbagai ajang. Hasilnya, Brasil mendominasi karena Selecao hanya kalah dua kali dan meraih 15 kemenangan dan delapan kali seri.

Empat pertandingan terakhir dari kedua kesebelasan berakhir imbang, tiga diantaranya berakhir tanpa gol.

Dalam pertemuan terakhir di New York pada tahun 2012 yang berakhir 1-1, Kolombia dan Brasil bermain imbang 1-1. Juan Cuadrado mencetak gol sebelum paruh babak pertama, sebelum disamakan Neymar membalas di babak kedua.

Kolombia terakhir kali menang atas Brasil di Copa America pada tahun 1991. Setelah itu, Kolombia tujuh kali kalah dan lima kali seri.

Pertemuan Terakhir Brasil Berhadapan Dengan Kolombia:

15/11/2012   Brasil 1 vs Kolombia 1 (Persahabatan).

16/10/2008   Brasil 0 vs Kolombia 0 (kualifikasi Piala Dunia).

15/10/2007   Kolombia 0 vs Brasil 0 (kualifikasi Piala Dunia).

13/10/2004   Brasil 0 vs Kolombia 0 (kualifikasi Piala Dunia).

07/09/2003   Kolombia 1 vs Brasil 2 (kualifikasi Piala Dunia).

19/07/2003   Kolombia 0 vs Brasil 2 (Piala Emas Concacaf, keduanya tim tamu).

15/11/2000   Brasil 1 vs Kolombia 0 (kualifikasi Piala Dunia).

Selecao telah mencetak 10 gol sejauh ini, serupa dengan apa yang dicapai di Afrika Selatan 2010.

Kolombia gagal dalam sembilan kali mencetak gol ke gawang tim Samba dari 12 kali pertandingan melawan Brasil.

11 gol telah dicetak Los Cofeteros merupakan pencapaian yang terbaik dalam sejarah keikutsertaan di ajang Piala Dunia, di Piala Dunia 2014 dalam suatu turnamen ini. Kolombia perlu tiga gol lagi untuk mengalahkan total 14 gol yang merupakan kombinasi dari empat penampilan terdahulu di event ini.

James Rodriguez menjadi orang kedua setelah Rivaldo yang mencetak gol di empat pertandingan awal secara beruntun.

James Rodriguez berpeluang menjadi pemain pertama sejak Rivaldo pada tahun 2002, yang mencetak gol dalam lima pertandingan pertama di Piala Dunia.

Apabila James Rodriguez mencetak gol melawan Brasil dalam laga nanti, dia menjadi pemain pertama yang mencetak gol di lima penampilan pertama di Piala Dunia dalam kariernya, sejak Teofilo Cubillas (antara 1970 dan 1978).

James Rodriguez mencetak lima gol dari tujuh tendangan on target dalam turnamen ini.

Juan Cuadrado adalah pemain pertama yang memberikan empat assist di sebuah Piala Dunia sejak Riquelme dan Francesco Totti pada 2006.

Pada Serie-A 2013/2014, Juan Cuadrado hanya membuat lima assist dalam 32 pertandingan. Artinya, hanya lebih banyak satu dari apa yang sudah dilakukannya di Piala Dunia 2014.

Gawang Brasil selalu kebobolan di setiap pertandingan perempat final dalam delapan Piala Dunia terakhir.

Tuan rumah, tim Samba Brasil melaju ke semifinal final Piala Dunia 2014 setelah menaklukkan Kolombia dengan skor tipis, 2-1 (1-0) dalam laga perempat final atau 8 besar  Piala Dunia 2014 pada hari Sabtu (5/7/2014) mulai pukul 3.00 dini hari WIB, di Stadion Estádio Castelão, Fortaleza, Brasil.

Meski gencar menyerang sepanjang pertandingan lewat penyerang-penyerang andalnya, gol-gol yang membawa “Tim Samba” menang justru dikontribusi dan dilesakkan oleh dua bek tengah, kapten tim Samba Brasil, Thiago Silva dan David Luiz. Dalam pertandingan perempat final yang dipimpin oleh wasit asal Spanyol, Carlos Velasco Carballo digelar Sabtu (5/7/2014) dini hari tadi, Brasil unggul 1-0 babak pertama melalui gol Tiago Silva pada menit menit 7 dan hasil tendangan bebas David Luiz menit 69 babak kedua.

Sementara itu, Kolombia berhasil memperkecil ketinggalan 1-2 melalui tendangan penalti pada menit 80. Gol balasan Kolombia tercipta dari titik penalti yang dieksekusi James Rodriguez.

Melawan Kolombia, Brasil benar-benar menerapkan pola menyerang. Mereka terus-menerus membombardir gawang skuat asuhan Jose Pekerman terutama di babak pertama. Kolombia benar-benar dibuat kewalahan mengatasi serbuan Hulk dan kawan-kawan.

Brasil langsung menggebrak sejak menit pertama. Upaya mereka ternyata langsung menghasilkan gol.

Laga baru 7 menit, Brasil sudah unggul 1-0 lewat gol Thiago Silva. Thiago Silva membawa Brasil memimpin 1-0 saat laga baru berjalan tujuh menit.

Berawal dari sepak pojok yang dikirim oleh Neymar Jr. Tiga pemain Kolombia dan bek Brasil David Luiz sempat melompat untuk menyundul bola. Gol bermula dari Fred gagal menyambar dengan kepala, namun bola tetap meloncur dan disambut Thiago Silva yang datang dari sisi belakang untuk mendorong bola dengan kaki kirinya masuk gawang Kolombia yang dijaga kiper David Ospina. Bola mengenai pahanya dan menggetarkan jala gawang Kolombia. 1-0 untuk Brasil.

Setelah itu, Brasil terus menekan wilayah pertahanan Kolombia. Serangan demi serangan benar-benar Brasil benar-benar membuat Kolombia harus bekerja keras. Tak cukup hanya barisan bek saja yang mempertahankan daerah Kolombia.

Pada menit ke-26, Hulk mengolah bola dari sisi kanan pertahanan lawan, diumpan pendek ke Marcelo yang segera melepas tendangan keras mengarah gawang, tapi bola malahan membentur kepala Fred dan melayang ke atas mistar gawang.

Semenit berikutnya, pada menit ke-27, tendangan keras Hulk dari dalam kotak penalti dapat diblok kiper Kolombia, David Ospina.

Pada menit ke-39, Hulk menerobos kotak penalti Kolombia, berhasil melewati Juan Camilo Zuniga, namun sepakan kaki kanannya masih melebar. Hulk terlalu memaksakan diri mengeksekusi sendiri dan mengabaikan rekan setimnya yang lebih bebas.

Berselang 4 menit kemudian, pada menit ke-43, Brasil berpeluang menggandakan keunggulan, tetapi tendangan bebas Neymar masih jatuh sekitar 1 meter di sisi kiri gawang Kolombia dan arahnya agak melambung.

Serangan gencar yang dilancarkan Brasil terus berlangsung hingga akhir babak pertama, namun tak membuahkan gol tambahan.

Memasuki babak kedua, Kolombia mulai bisa memberikan perlawanan. Dipimpin Fredy Guarin, pasukan Jose Pekerman mulai bisa mengambil alih kendali permainan. Saat babak kedua baru berjalan tiga menit, bek Brasil Maicon harus menjatuhkan James Rodriguez untuk menghentikan lajunya.

Memasuki babak kedua, di tengah gelombang serangan Brasil, Kolombia mencoba bangkit dengan menaikkan intensitas serangan. Akhirnya kapten tim Mario Yepes berhasil mencetak gol balasan dengan menyelesaikan kemelut yang terjadi selepas tendangan bebas, namun gol dianulir karena beberapa pemain Kolombia terperangkap offside saat menyambut umpan tendangan bebas.

Pada menit ke-64, Thiago Silva membuat pelanggaran yang tak perlu. Thiago Silva berbuat bodoh dengan mengganggu kiper Kolombia David Ospina yang hendak melepas tendangan gawang. Dia berusaha menghalangi kiper Kolombia, David Ospina yang akan menendang bola. Bola memang berhasil direbutnya namun wasit menganggapnya pelanggaran. Thiago Silva diganjar kartu kuning dan membuatnya tak bisa tampil di semifinal karena itu adalah kartu kuning keduanya sepanjang Piala Dunia 2014. Dia pun harus absen di pertandingan berikutnya.

Dua menit kemudian pada menit ke-66, Kolombia sebenarnya berhasil menjebol gawang Brasil. Setelah terjadi kemelut di depan gawang, Mario Yepes berhasil melesakkan bola. Namun wasit menganulir gol ini.

Pada menit ke-69 eksekusi tendangan bebas David Luiz akhir membuat Brasil unggul 2-0.

Kolombia terus berusaha membalas.

James Rodriguez akhirnya memperkecil ketertinggalan. Pemain bernomor punggul 10 ini sukses menjebol gawang "Tim Samba" lewat titik penalti. Pada menit ke-80 akhirnya James Rodriguez sukses mengeksekusi penalti untuk Kolombia sehingga skor 2-1.

Kolombia mendapat hadiah penalti disebabkan pada menit ke-78 menyusul pelanggaran yang dilakukan kiper Brasil Julio Cesar mengganjal pemain yang baru 8 menit masuk, yakni terhadap Carlos Bacca. Eks penjaga gawang Inter tersebut mengganjal pemain bernomor punggung 17 itu dengan lututnya. Kiper Julio Cesar sendiri sempat kesakitan akibat benturan dengan lawannya, namun wasit tetap mengganjarnya dengan kartu kuning.

James Rodriguez mengambil penalti ini dan menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Dia memperdaya kiper Brasil Julio Cesar yang bergerak ke kiri sementara bola dia arahkan sebaliknya. Gol ini membawanya menjadi pencetak gol terbanyak sementara Piala Dunia 2014 dengan enam gol.

Setelah gol James Rodriguez, Kolombia terus mencoba mencetak gol untuk menyamakan skor.

Pada menit ke-88, Neymar dilanggar Juan Camilo Zuniga hingga cedera dan harus digantikan Henrique.

Namun waktu yang tersedia ternyata tak cukup bagi Kolombia untuk menambah gol tambahan. Skor akhir tetap 2-1.

Brasil menang 2-1 sehingga akan menantang Jerman di semifinal.

Pasukan Luiz Felipe Scolari pun bakal menghadapi Jerman yang dalam laga sebelumnya menundukkan Prancis, 1-0.

Dengan demikian, berkat kemenangan ini maka Brasil lolos ke babak semi final untuk bertanding dengan Jerman yang akan digelar Selasa (8/7/2014) atau Minggu dini hari WIB.

Laga juara dunia lima kali versus pemegang tiga gelar World Cup tersebut akan dilangsungkan di Stadion Mineirao, Belo Horizonte.

Susunan Pemain:

Brasil (4-2-3-1):

12-Julio Cesar (K); 23-Maicon, 3-Thiago Silva (kapten), 4-David Luiz, 6-Marcelo; 5-Fernandinho, 8-Paulinho (18-Hernanes ‘86); 7-Hulk (16-Ramires ‘83), 11-Oscar, 10-Neymar (15-Henrique ‘88); 9-Fred.

Cadangan:

1-Jefferson, 2-Daniel Alves, 13-Dante, 14-Maxwell, 16-Ramires, 19-Willian, 20-Bernard, 21-Jo, 22-Victor.

Pelatih: Luiz Felipe Scolari.

Kolombia (4-4-2):

1-David Ospina (K); 18-Juan Camilo Zuniga, 2-Cristian Zapata, 3-Mario Yepes (kapten), 7-Pablo Armero; 11-Juan Guillermo Cuadrado (20-Juan Quintero ‘80), 6-Carlos Sanchez Moreno, 13-Fredy Guarin, 10-James Rodriguez; 14-Segundo Victor Ibarbo (19-Adrian Ramos ‘46), 9-Teofilo Gutierrez (17-Carlos Bacca ‘70).

Cadangan:

4-Santiago Arias, 5-Carlos Carbonero, 8-Abel Aguilar, 12-Camilo Vargas, 15-Alexander Mejia, 16-Eder Alvarez Balanta,  20-Juan Fernando Quintero, 21-Jackson Martinez, 22-Faryd Mondragon, 23-Carlos Valdes.

Pelatih: Jose Pekerman.

Wasit: Carlos Velasco Carballo dari Spanyol. (jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.446.144 Since: 05.03.13 | 0.1695 sec