Olah Raga

Jadwal Lengkap Perempat Final Piala Dunia 2014

Thursday, 03 Juli 2014 | View : 773

RIO DE JANEIRO-SBN.

Piala Dunia 2014 telah merampungkan laga babak 16 besar Piala Dunia 2014, pada Rabu (2/7/2014) dini hari tadi. Usai sudah putaran babak 16 besar Piala Dunia 2014. Sebanyak delapan tim sudah terpilih dan berhak meraih tiket menuju babak delapan besar atau babak perempat final. Delapan tim sudah memastikan diri lolos ke babak 8 besar Piala Dunia 2014. Delapan negara yang lolos itu, yakni Brasil, Kolombia, Belanda, Kosta Rika, Prancis, Jerman, Argentina, dan Belgia.

Setelah benua Amerika sempat "memimpin" atas Eropa, kini kontestan Piala Dunia 2014 berimbang. Babak delapan besar diikuti oleh masing-masing empat wakil dua benua terkuat tersebut.

Sebelumnya, dari 32 tim peserta yang dibagi ke dalam delapan grup, delapan tim dari benua Amerika lolos ke babak 16 besar. Sisanya diwakili benua Eropa yakni 6 negara dan benua Afrika dengan 2 negara.

Menariknya, semua kedelapan tim yang lolos merupakan juara grup masing-masing di babak fase penyisihan pada putaran pertama.

Selain itu, delapan negara yang lolos juga hanya mewakili dua benua. Kini, setelah satu fase lagi terlewati, persaingan Amerika-Eropa sama kuat. Tim perempat finalis dari Amerika adalah Brasil, Kolombia, Kosta Rika, dan Argentina. Begitu pula dengan Eropa diwakili empat negara yakni Prancis, Jerman, Belanda, dan Belgia. Tentu saja akan terjadi persaingan yang sangat sengit dari delapan tim itu.

Faktor yang menarik lainnya, dari delapan partai tersebut, tim-tim raksasa harus bekerja ekstra keras guna menundukkan lawan-lawannya.

Tim favorit sekaligus tuan rumah Brasil, Neymar dkk mendapat perlawanan sengit dari Chile yang dimotori Alexis Sanchez dan Arturo Vidal. Sempat kerepotan, akhirnya Brasil berhasil lolos ke 8 besar melalui tos-tosan alias adu tendangan penalti.

Belanda pun nyaris menerima malu dan tersingkir lebih dini. Menghadapi Meksiko di Fortaleza, anak-anak asuhan Louis van Gaal benar-benar kepayahan mengantisipasi teriknya cuaca. Beruntung, FIFA merestui diadakannya waktu istirahat di sela-sela pertengahan babak demi menghindari dehidrasi. Sempat tertinggal, Belanda akhirnya melaju ke perempat final berkat dua gol telat di pengujung pertandingan.

Raksasa Eropa lainnya yang susah payah merebut tiket ke 8 besar adalah Jerman. Begitu diunggulkan, Mesut Ozil dkk justru dibuat kerepotan melayani perlawanan ketat yang disuguhkan Aljazair. Beruntung bagi pelatih Jerman, Joachim Loew, faktor pengalaman dan keunggulan materi pemain membuat Der Panser lolos dari lubang jarum.

Terakhir, publik disuguhi permainan menghibur yang dipertontonkan Belgia dan AS di Arena Fonte Nova, Salvador. Lewat babak perpanjangan waktu, Belgia akhirnya menjadi tim terakhir yang berhak berkiprah di putaran 8 besar. Dari empat pertandingan yang terjadi di fase ini, laga antara Prancis dan Jerman layak untuk disebut sebagai big-match.

1. Brasil.

Brasil menjadi tim pertama yang memastikan diri ke babak perempat final setelah mengandaskan Chile di babak 16 besar lewat babak adu penalti 5-3 setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit waktu normal dan 2x15 menit ekstra time.

2. Kolombia.

Kolombia membuktikan dirinya sebagai tim kuda hitam di Piala Dunia tahun ini. Setelah tampil impresif di fase grup, skuad asuhan Jose Pakerman itu meneruskan tren positifnya dengan menundukan Uruguay 2-0 di babak 16 besar berkat dua gol James Rodriguez.

3. Belanda.

Tim Oranje jadi wakil Eropa pertama yang mampu lolos ke babak delapan besar usai menyudahi perlawanan Meksiko dengan skor tipis 2-1. Sempat tertinggal terlebih dahulu, Belanda membalikan angka lewat gol Wesley Sneijder dan penalti Klaas Jan Huntelaar.

4. Kosta Rika.

Kosta Rika secara mengejutkan mampu melangkah ke babak perempatfinal setelah lolos dramatis lewat adu penalti mengalahkan Yunani dengan skor akhir 5-3 setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit waktu normal dan 2x15 menit ekstra time.

5. Prancis.

Prancis jadi tim benua Eropa kedua yang lolos ke babak delapan besar. Anak asuh Didier Deschamps memupuskan harapan Nigeria lewat gol Karim Benzema serta Antoine Griezmann.

6. Jerman.

Menghadapi Aljazair, Jerman diprediksi akan menang mudah. Namun, kenyataannya berbeda. Der Panzer harus menunggu hingga babak ekstra time untuk bisa mencetak gol. Dua gol Andre Schurrle serta Mesut Ozil di 15 menit kedua babak ekstra time hanya mampu dibalas satu gol Islam Slaimani. Der Panzer menang 2-1.

7. Argentina.

Tim Samba mempertegas dominasi negara Amerika Latin di Piala Dunia 2014. Bermain imbang 0-0 dalam 90 menit waktu normal, Albiceleste memastikan kemenangan berkat gol tunggal Angel Di Maria menit ke-118.

8. Belgia.

Belgia menjadi tim terakhir yang memastikan tiket perempatfinal setelah dalam laga 16 besar, skuad asuhan Marc Wilmots dipaksa bermain hingga babak ekstra time untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Amerika Serikat. Dua gol Kevin de Bruyne di menit ke-93 serta Romelu Lukaku menit ke-105 hanya mampu dibalas gol Julian Green di menit ke-107.

Delapan negara ini akan memperebutkan tiket selanjutnya ke babak semifinal. Sementara itu, babak 8 besar Piala Dunia 2014 akan dimulai nanti pada hari Jumat (4/7/2014) malam mendatang.

Yang menarik, dari empat partai perempat final nanti, dua di antaranya mempertemukan sesama benua. Di babak 8 besar perempat final nanti, dengan jadwal pertandingan pertama akan diisi duel Les Bleus Prancis akan mengawali dengan melawan Jerman. Dua tim sesama wakil Eropa ini akan saling jegal untuk memperebutkan tiket ke semi-final.

Setelahnya berturut-turut adalah, Brasil yang bertemu dengan Kolombia. Dua wakil benua Amerika juga akan saling memperebutkan tiket 4 besar, yakni Brasil kontra Kolombia pada Sabtu (5/7/2014) mendatang.

Sedangkan, dua lainnya ‘duel silang’ yaitu malamnya akan dihelat laga Belgia menghadapi Argentina.

Dan sementara itu, di hari terakhir akan ditutup oleh Belanda yang akan meladeni permainan tim kejutan Kosta Rika pada hari Minggu (6/7/2014).

Berikut jadwal lengkap babak perempat final Piala Dunia 2014:

Prancis vs Jerman, Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Jumat (4/7/2014), pukul 23.00 WIB.

Brasil vs Kolombia, Estadio Castelao, Fortaleza, Sabtu (5/7/2014), pukul 03.00 WIB.

Argentina vs Belgia, Estadio Nacional, Brasilia, Sabtu (5/7/2014), pukul 23.00 WIB.

Belanda vs Kosta Rika, Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (6/7/2014), pukul 03.00 WIB.

Dalam sejarahnya, belum pernah ada negara Eropa yang jadi menjuarai Piala Dunia yang diadakan di negara Amerika. Sebaliknya, hanya satu kali perhelatan Piala Dunia yang digelar di tanah Eropa, dimenangi oleh tim Amerika yaitu Brasil di tahun 1958 di Swedia.

Dua kali Piala Dunia diadakan di tempat "netral", dan kedudukan Eropa-Amerika berimbang yaitu Amerika menang di Asia (2002/Korea-Jepang), Eropa unggul di Afrika (2010/Afrika Selatan). (jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.689.287 Since: 05.03.13 | 0.1653 sec