Olah Raga

Indonesia XI Kalah Dari Liverpool 0-2

Sunday, 21 Juli 2013 | View : 929

JAKARTA-SBN.

Liverpool FC, klub Liga Primer asal Inggris yang berbasis di kota Liverpool, akhirnya hanya memetik kemenangan tipis atas Indonesia XI dengan skor 2-0 pada laga persahabatan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (20/7/2013) malam.

Dua gol Liverpool FC yang dicetak masing-masing gol oleh Philippe Coutinho di menit ke-10 dan satu gol lahir dari kaki Raheem Sterling di menit ke-88 menjadi pembeda laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Sabtu (20/7/2013) tersebut.

Kemenangan ini diraih tak mudah meskipun Liverpool FC menurunkan skuad terbaiknya pada laga ini termasuk kembali diperkuat oleh sang kapten Steven Gerrard, yang baru pulih dari cedera. Para pemain Liverpool sempat dibuat kesulitan membobol gawang Indonesia XI dengan permainan yang diperagakan oleh skuad besutan Jacksen F. Tiago. Mantan pelatih Swansea City, sekarang melatih Liverpool FC, Brendan Rodgers langsung memainkan Steven Gerrard seperti biasa kembali jadi motor lini tengah Liverpool, berduet dengan Lucas Leiva, Stewart Downing, dan Philippe Coutinho serta di depan menduetkan Iago Aspas dengan Luis Alberto untuk merusak pertahanan Indonesia XI.

Meskipun melawan nama-nama besar, di kubu Indonesia XI, pelatih Jacksen F. Tiago menginstruksikan dan menduetkan Sergio van Dijk dan Titus Bonai di lini depan lewat penetrasi dan aksi berani yang ditunjukkan memainkan bola pada awal laga yang didukung oleh para gelandang seperti Vendri Mofu, Ahmad Bustomi, dan Taufik. Namun, Liverpool tak membiarkan Indonesia XI mengembangkan permainan. The Reds akhirnya mampu mencetak gol dan unggul terlebih dulu lewat aksi individu Philippe Coutinho di sisi kanan pertahanan Indonesia pada menit ke-10. Berawal dari umpan yang dikirim Philippe Coutinho ke kotak penalti Indonesia, namun bola yang membentur barisan belakang Indonesia XI yakni muntah dari kaki Muhammad Roby langsung disambar oleh eks pemain Inter tersebut untuk melewati Muhammad Roby dan Hasyim Kipuw. Philippe Coutinho bisa kembali merebut bola, dan melakukan pergerakan ke dalam kotak penalti. Pemain muda asal Brasil ini dengan kemampuan luar biasa berhasil masuk ke dalam kotak penalti setelah melewati empat pemain lawan. Mantan pemain Inter Milan itu dalam situasi satu lawan satu tinggal berhadapan dengan kiper Kurnia Meiga, kemudian dengan mudah Philippe Coutinho berhasil menceploskan dan menyarangkan bola ke sudut kiri bawah gawang Indonesia. Klub Liga Utama Inggris yang berdiri sejak 15 Maret 1892, Liverpool unggul 1-0 atas Indonesia. Paruh pertama berakhir sampai jeda turun minum masih dengan Liverpool tetap hanya unggul skor 1-0 atas Indonesia XI setelah kedua tim gagal menambah gol di sisa waktu yang ada.

Di babak kedua ini terlihat pemain Indonesia tetap mampu mengimbangi permainan Liverpool, klub Liga Utama Inggris yang didirikan oleh John Houlding. Bahkan, beberapa kali Titus Bonai dkk sempat mengancam gawang Liverpool, klub Liga Primer Inggris yang memiliki lapangan legendaris Anfield. Namun hilangnya konsentrasi pemain Indonesia di menit-menit akhir, membuat Liverpool bisa menciptakan satu gol tambahan lahir dari kaki Raheem Sterling yang sebelumnya beberapa kali dengan kecepatannya merepotkan pertahanan Indonesia, akhirnya upaya Raheem Sterling membuahkan hasil dengan mampu menjebol gawang Kurnia Meiga di menit ke-88, dua menit jelang pertandingan usai. Memanfaatkan serangan balik, empat pemain Liverpool berada bebas di daerah pertahanan Indonesia dan langsung berhadapan dengan Kurnia Meiga. Dari serangan balik, Oussama Assaidi tanpa terkawal berhadapan satu lawan satu dengan Kurnia Meiga. Namun, Oussama Assaidi tak egois lebih memilih dengan tenang menyodorkan bola ke Raheem Sterling yang kemudian dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong. Gol tersebut menjadi yang terakhir di pertandingan ini setelah Liverpool dan Indonesia XI gagal menambah gol. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool FC akhirnya bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda akhir pertandingan.

Selanjutnya, Indonesia akan fokus untuk laga melawan Chelsea pada 25 Juli mendatang. Selain itu, Indonesia direncanakan bakal menghadapi Filipina pada pertengahan Agustus 2013, dan melawan China pada kualifikasi Piala Asia 2015.

Susunan pemain

Indonesia XI: Kurnia Meiga, Raphael Maitimo, Muhhamad Roby (Ferdinand Sinaga 72), Victor Igbonefo, Ruben Sanadi, Ahmad Bustomi, M. Taufiq, Hasim Kipuw (Yustinus Pae 77), Vendri Mofu (Pellu 64); Titus Bonai (Tibo), Sergio van Dijk (Boaz Solossa 55).

Pelatih: Jacksen F. Tiago.

Liverpool: Simon Mignolet, Glen Johnson (Kelly 65), Jose Enrique (Jack Robinson 46), Daniel Agger, Toure (Wisdom 65), Lucas Leiva (Jordan Henderson 65), Steven Gerrard (Joe Allen 46), Luis Alberto, Stewart Downing (Jordon Ibe 65), Philippe Coutinho (Oussama Assaidi 65), Iago Aspas (Fabio Borini 65).

Pelatih: Brendan Rodgers. (jos)

 

See Also

Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
Jaga Kebugaran Tubuh, Persit Kodim 0721/Blora Gelar Senam Aerobic
Owi/Butet Selamatkan Muka Indonesia Dengan Raih Emas Olimpiade Rio 2016
Eko Yuli Irawan Raih Perak Kedua Bagi Indonesia
Posisi Rio Haryanto Di Manor Racing Digantikan Esteban Ocon
jQuery Slider

Comments

Arsip :201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.363.556 Since: 05.03.13 | 0.2068 sec