Olah Raga

Drama Lima Gol, Argentina Tundukkan Nigeria 3-2

Thursday, 26 Juni 2014 | View : 837

PORTO ALEGRE-SBN.

Tim Tango Argentina akhirnya berhasil menundukkan Nigeria dengan skor 3-2 pada pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2014 di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil, Rabu (25/6/2014) malam waktu setempat atau Kamis (26/6/2014) dinihari WIB.

Lima gol terjadi di laga pamungkas Grup F antara Nigeria melawan Argentina di Estadio Beira-Rio, Porto Alegre, Brasil Rabu (25/6/2014) malam atau Kamis (26/6/2014) dinihari WIB.

Sebelum pertandingan, Argentina sudah memastikan diri masuk 16 besar karena menguasai klasemen dengan nilai enam, atau unggul dua angka dari Nigeria di tempat kedua. Meski begitu, Tim Tango ingin memastikan diri menjadi juara Grup sehingga tetap bermain untuk menang saat melawan Nigeria.

Nigeria juga bermain untuk menang karena posisi Nigeria terancam oleh Iran, yang berada di peringkat ketiga dengan nilai satu. Nigeria pun memberikan perlawanan serius kepada Argentina.

Nigeria tak cukup kuat meredam ambisi Argentina. Namun, usaha Nigeria tetap membuahkan tiket 16 besar karena, pada laga lain, Iran kalah 1-3 dari Bosnia-Herzegovina, di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil, Rabu (25/6/2014).

Sepanjang pertandingan, Argentina menguasai bola sebanyak 58% dan melepaskan 13 tembakan akurat dari 18 usaha. Adapun Nigeria menciptakan 7 peluang emas dari 12 percobaan.

Pertandingan Argentina dan Nigeria berlangsung seru dengan dua gol Argentina dicetak oleh Lionel Messi dan dua gol Nigeria oleh Ahmed Musa.

Pada babak pertama, Argentina unggul lebih dahulu melalui sepakan Lionel Messi. Nigeria berhasil membalas melalui Ahmed Musa. Lionel Messi kembali mencetak gol untuk menutup babak pertama dengan skor 2-1 untuk keunggulan Argentina.

Penyerang Argentina, Lionel Messi, menjadi salah satu faktor yang membuat Nigeria gagal meraih poin. Dalam waktu tiga menit setelah wasit meniup peluit tanda kick-off, Lionel Messi sudah membuat pendukung Argentina bersorak setelah bola tendangannya bersarang ke gawang lawan.

Nigeria bereaksi cepat melancarkan balasan dan langsung mendapatkan gol melalui Ahmed Musa pada menit keempat. Ahmed Musa menaklukkan kiper Sergio Romero dengan memanfaatkan umpan Michael Babatunde. Ia melepaskan tendangan yang membuat bola melesat membentuk alur lengkung dan akhirnya masuk pojok kiri bawah gawang.

Sepanjang paruh pertama, Argentina terlihat lebih mendominasi jalannya pertandingan. Sementara itu, Nigeria lebih banyak mengandalkan serangan balik yang beberapa kali juga mampu merepotkan barisan pertahanan Argentina.

Pada menit ke-30, Argentina kembali mendapatkan peluang emas untuk membobol gawang Nigeria. Namun, bola tendangan Angel Di Maria seusai menerima umpan Messi masih dapat ditepis oleh kiper Nigeria, Vincent Enyeama.

Pada injury time, Lionel Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor melalui tendangan bebas untuk membawa Argentina unggul. Skor 2-1 untuk Argentina pun tetap bertahan hingga turun minum.

Di awal babak kedua, Nigeria dan Argentina saling bobol. Pada babak kedua, Nigeria langsung tancap gas. Nigeria mencetak gol lebih dulu.

Laga baru berjalan dua menit, Ahmed Musa sukses kembali menyarangkan bola untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol kedua Ahmed Musa tercipta pada menit ke-47. Sepakan mendatarnya dengan kaki kanan dari dalam kotak penalti Argentina tak bisa dibendung. Kiper Argentina, Sergio Romero bergerak ke kanan sedangkan bola ke arah kiri. Bekerja sama satu dua dengan Emmanuel Emenike, Ahmed Musa melepaskan tendangan keras, dan bola masuk ke gawang Argentina.

Namun, lagi-lagi skor imbang itu tidak bertahan lama. Tiga menit kemudian Argentina kembali unggul.

Kali ini giliran bek Argentina, Marcos Rojo, yang menyumbang gol untuk membalikkan keadaan pada menit ke-50. Gol tersebut diciptakannya seusai memaksimalkan bola hasil sundulan Ezequiel Garay, yang menerima umpan tendangan pojok Lionel Messi. Berawal dari sepak pojok yang dieksekusi oleh Lionel Messi. Bola disundul oleh Ezequiel Garay kemudian berbelok setelah mengenai kaki Marcos Rojo. Argentina unggul 3-2.

Lionel Messi sendiri berpeluang mencetak hattrick pada menit ke-60. Namun, bola tendangan kaki kirinya setelah menerima umpan silang Marcos Rojo masih menyamping tipis di sisi kanan gawang Nigeria.

Nigeria memperoleh peluang emas pada menit ke-61. Berawal dari kesalahan Javier Mascherano dalam membuang bola. Bek Nigeria, Efe Ambrose memanfaatkan hal tersebut dengan melepaskan tendangan terarah dari dalam kotak penalti. Namun, kiper Argentina Sergio Romero dengan sigap berhasil menangkap bola.

Ahmed Musa kembali memberikan ancaman untuk Tim Tango. Dia menyepak bola dengan kaki kanannya dari dalam kotak penalti pada menit ke-73. Namun bola hasil sepakannya tidak menemui sasaran.

Kiper Nigeria, Vincent Enyeama kembali melakukan penyelamatan gemilang. Dia menepis tendangan voli Ezequile Lavezzi dari dalam kotak penalti pada menit ke-77.

Pemain Nigeria, Emmanuel Emenike melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti Argentina pada menit ke-84. Namun bola masih melebar di sebelah kanan gawang kiper Sergio Romero.

Hingga bubaran skor tetap 3-2 untuk kemenangan Tim Tango.

Kemenangan tersebut membuat Argentina keluar sebagai juara Grup F dengan raihan sembilan poin. Dengan demikian Argentina lolos ke putaran selanjutnya sebagai pemuncak klasemen, diikuti oleh Nigeria. Sedangkan Nigeria yang kalah dari Tim Tango lolos sebagai runner-up dengan mengoleksi empat poin.

Susunan pemain

Nigeria:

1-Vincent Enyeama (GK), 2-Joseph Yobo, 5-Efe Ambrose, 13-Juwon Oshaniwa, 22-Kenneth Omeruo, 7-Ahmed Musa, 8-Peter Odemwingie (19-Uche Nwofor 80), 10-John Obi Mikel, 17-Ogenyi Onazi, 18-Michael Babatunde (20-Michael Uchebo 66), 9-Emmanuel Emenike.

Pelatih: Stephen Keshi.

Argentina:

1-Sergio Romero (GK), 2-Ezequiel Garay, 4-Pablo Zabaleta, 16-Marcos Rojo, 17-Federico Fernández, 5-Fernando Gago, 7-Angel Di María, 10-Lionel Messi (19-Ricardo Alvarez ‘63), 14-Javier Mascherano, 9-Gonzalo Higuain (6-Lucas Biglia '91), 20-Sergio Kun Aguero (22-Ezequile Lavezzi ‘38).

Pelatih: Alejandro Sabella.

Wasit: Nicola Rizzolo dari Italia. (jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.359.848 Since: 05.03.13 | 0.2105 sec