Politik

Media Jerman Soroti Ahmad Dhani Berseragam Nazi Dukung Prabowo-Hatta

Wednesday, 25 Juni 2014 | View : 1187

HAMBURG-SBN.

Musisi rock yang juga merupakan pendiri dan pemimpin grup musik 'Dewa 19' yang adalah salah satu band paling sukses sepanjang dekade 1990-an dan 2000-an, Dhani Ahmad Prasetyo atau yang lebih dikenal dengan nama Ahmad Dhani meluncurkan klip video untuk mendukung calon presiden (capres) dengan nomor urut satu yang digadang-gadang oleh oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), serta Partai Bulan Bintang (PBB), Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Media terkemuka Jerman, Der Spiegel, yang pertama mempersoalkan pakaian Ahmad Dhani dalam video tersebut. Dalam video itu, Ahmad Dhani menggunakan jaket hitam yang tampak seperti seragam pemimpin SS Nazi, Heinrich Himmler. Ahmad Dhani juga memasang lencana pada kerah dan saku, mirip dengan seragam Heinrich Himmler.

Media terkemuka Jerman, Der Spiegel, kemudian memberitakan aksi Ahmad Dhani meniru perwira SS untuk mendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa ini.

Pendiri dan pimpinan dari Republik Cinta Management (RCM), Ahmad Dhani pun mengganti lirik lagu We Will Rock You milik kelompok musik legendaris asal Inggris, Queen, dengan kalimat yang menyokong Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

Musisi Ahmad Dhani menggandeng juara Indonesian Idol 2014 Nowela dan dua finalis lainnya Husein dan Virzha dalam video klip 'Indonesia Bangkit-Prabowo-Hatta election campaign video performed by AHMAD DHANI'. Bukan hanya soal lagu band rock asal Inggris, Queen berjudul 'We Will Rock You' yang menjadi sorotan, tapi juga seragam mirip Nazi yang dipakai Ahmad Dhani.

Media yang menyoroti, Spiegel Online, dalam tulisan berjudul dalam bahasa Jerman: Indonesien: Wahlkampf in Himmlers SS-Uniform (Indonesia: Election campaign in Himmler's SS uniform), media itu menyoroti pemilu presiden (Pilpres) 2014 yang akan berlangsung 9 Juli 2014 mendatang.

Dalam tulisan yang dikutip wartawan, Rabu (25/6/2014) itu digambarkan calon presiden (capres) nomor urut 2 yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ masih menjadi favorit dibandingkan capres Prabowo Subianto. Namun di pekan-pekan terakhir, Prabowo Subianto terus berupaya meningkatkan elektabilitasnya. Salah satunya yang dilakukan timnya dengan membuat lagu kampanye untuk menggugah para pemilih muda.

Bukan hanya lagu Queen yang dipakai Ahmad Dhani yang disoroti, melainkan seragam mirip Nazi. "Lebih heboh dari sekadar liriknya, tapi seragam yang dipakai Ahmad Dhani. Dia memakai jas hitam, yang agak mirip seragam pemimpin Schutzstaffel (SS) Heinrich Himmler. Dhani juga mengenakan lambang (badge) yang sama di bagian kerah jas dan badge merah di kantong di dada."

Spiegel Online menilai, gaya Ahmad Dhani ini menggambarkan respons orang Indonesia selama ini terhadap rezim Nazi. 'Third Reich' dianggap oleh banyak orang Indonesia sebagai model kekuatan militer dan efisiensi pemerintahan. Apalagi buku 'Mein Kampf' Adolf Hitler banyak dijual di toko buku. Bahkan ada sebuah kafe di Bandung yang pelayannya menggunakan seragam SS saat menyajikan makanan dan minuman. (mer/tri)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.645.127 Since: 05.03.13 | 0.1543 sec