Olah Raga

Kosta Rika Maju Ke Babak 16 Besar Setelah Imbang Dengan Inggris 0-0

Wednesday, 25 Juni 2014 | View : 802

BELO HORIZONTE-SBN.

Tim fenomenal Kosta Rika menghadapi Inggris dalam laga penyisihan Grup D Piala Dunia 2014 di The Estadio Mineirao stadium, Belo Horizonte, Brasil, Selasa (24/6/2014) pukul 23.00 WIB.

Inggris dan Kosta Rika belum pernah bertanding satu sama lain. Pertandingan ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua tim.

Inggris sudah dipastikan tersingkir dari babak penyisihan grup. Sebaliknya, Kosta Rika sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Namun, bukan berarti pertandingan tidak berjalan seru, sebab Kosta Rika ingin mengamankan posisi pertama di Grup D agar mendapatkan lawan dari runner up Grup C.

Sementara itu, Inggris juga tidak ingin terlalu dipermalukan dengan 3 kali kekalahan dalam babak penyisihan. Meskipun tersingkir, tetapi jika mampu memenangkan pertandingan terakhirnya, maka tentu tidak begitu memalukan.

“Inggris, negara tempat asal sepak bola tentu tidak ingin melewatkan Piala Dunia 2014 di Brasil tanpa poin,” cetus Pelatih Kosta Rika Jorge Luis Pinto.

“Inggris harus mendapatkan beberapa kebanggaan di Brasil,” tukas Pelatih Kosta Rika Jorge Luis Pinto.

Akhirnya, tim ‘The Three Lions’, Inggris meninggalkan Piala Dunia 2014 dengan hanya membawa satu poin. Itu tim ‘Three Lions’ dapatkan dalam laga terakhir penyisihan Grup D di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Selasa (24/6/2014), setelah bermain imbang tanpa gol melawan Kosta Rika.

Dengan demikian, Inggris gagal mencari kemenangan sebagai hiburan sebelum kembali ke negaranya, setelah kalah 1-2 dalam dua laga perdana dari Italia dan Uruguay. Dalam 2 laga sebelumnya, Inggris takluk dari Italia 1-2 dan dipermalukan Uruguay 1-2 membuat ‘The Three Lions’ ‘pulang kampung’.

Kekalahan Inggris oleh Uruguay dan Italia di Grup D menyebabkan ‘The Three Lions’ tersingkir di fase pertama dari Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 1958 di Swedia.

Kosta Rika negara wilayah Concacaf yang menjadi lawan Inggris keempat kalinya di Piala Dunia setelah Amerika Serikat (dua kali), Meksiko, serta Trinidad dan Tobago.

Amerika Serikat adalah salah satu dari negara wilayah Concacaf yang membuat Three Lions gagal menang, setelah kalah 1-0 di Brasil pada 1950 dan imbang 1-1 pada 2010. Dua tim lainnya, Meksiko serta Trinidad dan Tobago ditaklukkan Inggris masing-masing skor 2 -0 pada 1966 dan 2006.

Sedangkan bagi Kosta Rika, yang sudah pasti lolos ke perdelapan final, raihan satu poin ini memastikan Kosta Rika menjadi juara Grup.

Si kuda hitam, Kosta Rika secara mengejutkan mampu menundukkan Italia 0-1 dan mempermalukan Uruguay 1-3. Dua kemenangan Kosta Rika terhadap Uruguay dan Italia juga menyebabkan tim itu telah lolos ke babak 16 besar hanya untuk kedua kalinya dalam sejarah Kosta Rika di Piala Dunia.

Pada tahun 1990, Kosta Rika lolos dari penyisihan Grup berkat kemenangan atas Skotlandia dan Swedia.

Di fase knock out, Kosta Rika akan menghadapi runner-up Grup C, dalam pertandingan di Recife, Brasil pada 29 Juni mendatang.

Kick off babak pertama. Kosta Rika mengambil bola terlebih dahulu.

Daniel Sturridge jadi penyerang tunggal ditopang Ross Barkley.

Di awal pertandingan, Kosta Rika tampak dominan dalam penguasaan bola. Tim yang di luar dugaan menang 3-1 atas Uruguay dan 1-0 atas Italia ini, mengepung pertahanan Tiga Singa.

Pada menit ke-1, Kosta Rika dengan jersey merah-biru menguasai bola di lini tengah sementara Inggris dengan jersey putih-putihnya agresif dalam merebut bola secepat mungkin.

Pada menit ke-2, tembakan Joel Campbell dari luar kotak penalti hampir saja mengoyak gawang Inggris, tetapi bola masih tipis di samping tiang gawang. Joel Campbell melepaskan tembakan dan sempat menyentuh pemain belakang Inggris. Bola berubah arah namun beruntung tak masuk ke gawang. Peluang pertama Kosta Rika.

Pada menit ke-4, Kosta Rika mendominasi penguasaan bola dan mengurung pertahanan Inggris yang dijaga duet Chris Smalling dan Gary Cahill.

Lima menit pertama, Inggris tanpa nama-nama seperti Steven Gerrard, Danny Welbeck, dan Wayne Rooney yang digantikan oleh darah muda seperti, Adam Lallana, Ross Barkley, dan Jack Wilshere masih sulit menjaga penguasaan bola.

Pada menit ke-7, Kosta Rika mendapat tembakan bebas di sisi kiri hasil dari pelanggaran yang dilakukan oleh Phil Jones namun bola mudah saja ditangkap oleh kiper Ben Forster.

Pada menit ke-8, Randall Brenes terjebak offside.

Pada menit ke-9, tim Tiga Singa menempatkan Jack Wilshere sebagai pengatur serangan namun sampai saat ini belum ada tusukan-tusukan berbahaya. Sementara itu sebuah serangan dari sisi kanan masih dapat dipotong pemain Kosta Rika.

Menit ke-11, tendangan Daniel Sturridge dari luar kotak penalti masih melebar. Umpan dari Jack Wilshere.

Pada menit ke-11, terobosan cantik dilakukan oleh Kosta Rika namun pemain Kosta Rika sudah terjebak perangkap off-side.

Menit ke-12, umpan terobosan James Milner masih bisa diblok Junior Díaz Campbell.

Pada menit ke-13, tendangan kaki kiri Daniel Sturridge dari luar kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kiri kiper Keylor Navas.

15 menit laga berjalan, Inggris masih kesulitan dalam mengatur serangan. Beberapa kali Jack Wilshere melakukan kesalahan dalam memberikan umpan.

Menit ke-17, Daniel Sturridge kembali melakukan shot dari luar kotak penalti, tetapi bola masih melambung di atas mistar gawang.

Menit ke-19, kerja sama Frank Lampard dan Daniel Sturridge di depan kotak penalti Kosta Rika masih bisa diantisipasi lini belakang Kosta Rika.

Pada menit ke-19, Phil Jones melakukan lemparan ke dalam di sisi kanan dan tak lama bola beralih ke sisi kiri di mana Luke Shaw beroperasi lebih naik ke lini serang Inggris.

Pada menit ke-20, pelanggaran Frank Lampard terhadap Bryan Ruiz, free kick untuk Kosta Rika.

Pada menit ke-21, pelanggaran oleh Adam Lallana terhadap Joel Campbell, free kick untuk Kosta Rika.

Menit ke-21, kerja sama apik dari Frank Lampard dan Daniel Sturridge namun pergerakan keduanya masih bisa dibaca pemain belakang Kosta Rika.

Pada menit ke-22, Kosta Rika memiliki peluang menjebol gawang Inggris lewat tendangan bebas yang dieksekusi Celso Borges hampir saja mengoyak gawang Ben Foster. Tetapi kiper Inggris, Ben Foster, sangat sigap mengantisipasi arah bola ke pojok kanan atas gawangnya, sehingga dia masih bisa menepis si kulit bundar, yang hanya melahirkan tendangan pojok.

Inggris meresponsnya melalui serangan dari sayap kiri. Jack Wilshere melepaskan umpan silang ke mulut gawang sehingga terjadi sedikit kemelut ketika Daniel Sturridge ingin menyambut bola yang sudah mengarah ke gawang. Tetapi Oscar Duarte bisa menghalau pergerakan striker Liverpool itu yang hendak menendang bola, sehingga dia terjatuh. Para pemain Inggris mengklaim mereka seharusnya mendapat penalti, tetapi wasit bergeming.

Pada menit ke-23, Kosta Rika mendapat tendangan bebas namun bola hanya membentur tiang gawang sebelum dapat ditepis kiper Ben Forster.

Pada menit ke-24, kemelut di depan gawang Kosta Rika. Kerja sama Jack Wilshere dan Daniel Sturridge masih bisa diantisipasi lini belakang Kosta Rika.

Pada menit ke-25, serangan balik dari Kosta Rika, namun masih mampu dipatahkan para pemain tengah Inggris.

Pada menit ke-27, kemelut di depan gawang Kosta Rika, berawal dari crossing James Milner dari sisi kiri, tetapi Daniel Sturridge terjatuh terlebih dahulu. Penyerang Inggris ini terjatuh di dalam kotak dan mencoba menjangkau bola namun wasit tak menganggap itu sebuah pelanggaran.

Menit ke-28, penguasaan bola kedua tim masih seimbang 50%:50%.

Menit ke-29, pelanggaran James Milner terhadap Cristian Gamboa.

Pada menit ke-29, bola masih dikuasai Inggris dan tempo permainan kedua tim sedikit menurun. Berbalik kini Kosta Rika mencoba menekan.

Pada menit ke-30, pelanggaran Jack Wilshere oleh Oscar Duarte, tendangan bebas untuk Inggris.

Pada menit ke-31, aksi menawan Bryan Ruiz melewati 2 pemain Inggris. Lalu, Bryan Ruiz memberikan umpan kepada Joel Campbell. Sebuah skill peragaan mengolah bola yang sangat baik ditunjukkan oleh Bryan Ruiz.

Menit ke-33, tendangan sudut bagi Inggris diambil langsung oleh Ross Barkley. Sementara di mulut gawang, Gary Cahill dan Oscar Duarte terlibat perselisihan.

Pada menit ke-34, sepak pojok Inggris oleh Ross Barkley. Bola disundul oleh Phil Jones lalu mengarah ke Daniel Sturridge, tetapi sundulan Daniel Sturridge masih melambung di atas mistar gawang.

Pada menit ke-35, Inggris kembali mendapatkan peluang. Berawal dari tendangan pojok yang dilakukan Ross Barkley, bola diumpan ke mulut gawang dan disambut sundulan Phil Jones untuk memberikan umpan kepada Daniel Sturridge, yang meneruskannya juga dengan sundulan. Sundulannya di mulut gawang hasil sebuah sodoran udara dari Phil Jones masih berada di atas mistar. Namun, bola masih tipis di atas mistar gawang kiper Keylor Navas.

Pada menit ke-35, umpan silang James Milner dari sisi kiri masih bisa diselamatkan penjaga gawang Kosta Rika, Keylor Navas.

Pada menit ke-36, umpan terobosan Frank Lampard kepada James Milner masih bisa diselamatkan kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Pada menit ke-38, bola crossing Cristian Gamboa dari sisi kanan masih bisa ditangkap kiper Inggris Ben Foster.

Menit ke-38, bola dikuasai oleh Inggris dan Jack Wilshere kembali bertugas, kali ini ia tak terburu-buru mengalirkan bola ke depan dan lebih membaginya ke sisi kanan.

Pada menit ke-41, skuat muda Inggris sulit menembus lini pertahanan Kosta Rika dan seringkali barisan belakang Inggris kedodoran ketika mendapatkan serangan dari Joel Campbell.

Menit ke-41, James Milner melakukan dorongan untuk merebut bola di sisi kanan pertahanan Kosta Rika. Wasit pun meniup peluit tanda sebuah pelanggaran terjadi.

Menit ke-42, tembakan keras Ross Barkley dari area penalti Kosta Rika masih melebar jauh dari gawang.

Pada menit ke-42, pelanggaran Chris Smalling terhadap Joel Campbell. Tendangan bebas Kosta Rika dilakukan oleh Randall Brenes, kemudian bola disundul Giancarlo Gonzalez, tetapi sudah terjebak offside.

Menit ke-43, tendangan bebas Frank Lampard dari sisi kanan mengarah langsung ke kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Menit ke-44, Luke Shaw dilanggar oleh Joel Campbell dan kali ini Frank Lampard mengeksekusinya dari sisi kanan. Namun, bola terlalu dekat dengan kiper Kosta Rika, Keylor Navas.

Menit ke-45, peluang emas Kosta Rika melalui Randall Brenes, tetapi tembakannya dari dalam area penalti masih membentur Gary Cahill.

Menjelang turun minum, Inggris terus melancarkan serangan. Ross Barkley melakukan aksi individu untuk menembus pertahanan Kosta Rika. Di antara tiga pemain lawan, dia memaksakan diri melepaskan tembakan, yang jauh di samping kanan gawang. Babak pertama selesai, skor tetap kacamata, masih imbang 0-0 bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Inggris berusaha menguasai jalannya pertandingan.

Kick off babak kedua, pemain Inggris, Daniel Sturridge dan Ross Barkley melakukan kick off.

Lemparan pertama babak kedua untuk Inggris dilakukan Phil Jones.

Pada menit ke-47, pelanggaran Cristian Gamboa kepada Luke Shaw, tendangan bebas untuk Inggris.

Menit ke-47, Frank Lampard kesakitan setelah ia salah melakukan tekel kepada Roy Miller nampaknya ia masih sanggup untuk melanjutkan laga

Pada menit ke-48, peluang emas Inggris, Daniel Sturridge terlepas dari jebakan offside, dan dia sudah berhadapan langsung dengan kiper Keylor Navas. Namun, kiper Kosta Rika, Keylor Navas bergerak cepat dengan maju mengejar bola sehingga terjadi benturan Daniel Sturridge dengan penjaga gawang Kosta Rika, Keylor Navas.

Menit ke-49, penjaga gawang Keylor Navas dengan cepat keluar dari sarangnya saat Daniel Sturridge kehilangan penguasaan bola di dalam kotak penalti Kosta Rika.

Pada menit ke-52, James Milner menusuk ke dalam pertahanan Kosta Rika. Dan ia melihat Jack Wilshere berada tanpa penjagaan di sisi kanan pertahanan Kosta Rika.

Pada menit ke-53, wasit memberikan kartu kuning bagi Ross Barkley.

Pada menit ke-55, terjangan Luke Shaw terlalu terlambat sehingga kini Kosta Rika mendapat tendangan bebas.

Menit ke-57, kartu kuning untuk Adam Lallana. Lagi-lagi pelanggaran dilakukan oleh pemain Inggris, kini Adam Lallana malah harus diganjar kartu kuning.

Pada menit ke-58, peluang bagi Inggris melalui Adam Lallana, menusuk hingga ke area penalti Inggris, tetapi bola masi bisa diblok kiper Keylor Navas.

Pada menit ke-59, pemain Kosta Rika, Randall Brenes keluar digantikan Christian Bolanos.

Menit ke-59, umpan silangnya Adam Lallana di sisi kanan pertahanan Kosta Rika masih bisa dipotong dengan baik oleh kiper Keylor Navas. Padahal di depan gawang Daniel Sturridge sudah bersiap menyambarnya.

Pada menit ke-60, kartu kuning untuk Giancarlo Gonzalez setelah menjatuhkan pemain Inggris, Ross Barkley.

Pada menit ke-61, Adam Lallana keluar digantikan Raheem Sterling.

Pada menit ke-62, tendangan keras Christian Bolanos dari luar kotak penalti masih bisa diblok kiper Inggris Ben Foster.

Menit ke-62, bola kembali dikuasai Inggris dan kali ini mereka memiliki daya dobrak lebih setelah dimasukkannya Raheem Sterling.

Pasukan Tiga Singa nyaris membobol gawang Kosta Rika pada menit ke-64 yang diawali kerja sama satu-dua antara Daniel Sturridge dengan Ross Barkley di sisi kiri pertahanan Kosta Rika. Peluang bagi Inggris, tendangan Daniel Sturridge dari dalam kotak penalti masih tipis di sebelah kiri gawang. Namun, eksekusi kaki kiri Daniel Sturridge ketika sudah berhadapan dengan penjaga gawang Keylor Navas masih tipis di samping kanan gawang.

Pada menit ke-64, pemain Kosta Rika, Joe Campbell keluar digantikan M. Urena.

Menit ke-65, kerja sama apiknya Daniel Sturridge dengan Jack Wilshere di dalam kotak penalti masih tak mampu menjebol gawang Keylor Navas. Bola masih berujung di sisi kanan gawang hanya beberapa sentimeter saja.

Pada menit ke-68, kembali Inggris kehilangan penguasaan bola namun barisan pertahanan yang digalang Chris Smalling cs masih mampu meredam serangan.

Pada menit ke-69, ancaman dari Daniel Sturridge, dengan membawa bola masuk ke area penalti, tetapi tidak mampu menyelesaikan dengan baik, hanya menghasilkan sepak pojok bagi Inggris.

Menit ke-71, kans bagi Kosta Rika melalui sepak pojok. Namun, terjadi pelanggaran terhadap kiper Ben Forster di dalam kotak penalti. Kosta Rika masih gagal.

Pada menit ke-72, Steven Gerrard masuk menggantikan Jack Wilshere.

Menit ke-75, sepak pojok Inggris oleh Steven Gerrard, tetapi sundulan Frank Lampard masih jauh dari gawang.

Manajer Roy Hodgson memasukkan Wayne Rooney menggantikan James Milner pada menit ke-76.

Pada menit ke-77, Celso Borges keluar digantikan Michael Barrantes Rojas.

Pada menit ke-78, Wayne Rooney, Raheem Sterling, dan Daniel Sturrigde masih kesulitan menembus lini pertahanan Kosta Rika.

Masuknya striker Manchester United ini, Wayne Rooney membuat serangan Inggris lebih hidup dan dia nyaris membobol gawang Kosta Rika pada menit ke-79. peluang Inggris melalui Wayne Rooney yang mencungkil bola. Melewati hadangan dua pemain, Wayne Rooney men-chip bola dari luar kotak penalti dan kiper Keylor Navas hampir saja memungutnya di dalam gawang, tetapi kiper Keylor Navas masih bisa menepisnya. Sepak pojok bagi Inggris.

Pada 10 menit terakhir, Inggris terus mengepung pertahanan Kosta Rika.

Pada menit ke-81, Inggris sedikit lebih mengusai pertandingan 55%, sedangkan Kosta Rika 45%.

Pada menit ke-83, upaya Kosta Rika masih gagal. Melalui kerja sama Bryan Ruiz dan Christian Bolanos di dalam kotak penalti Inggris masih bisa digagalkan oleh Phil Jones.

Inggris tak mampu menjebol gawang Kosta Rika.

Menit ke-85, pemain yang baru masuk, Christian Bolanos, tak mampu menggapai bola karena dijaga dengan sangat ketat oleh Phil Jones.

Pada menit ke-87, Inggris terus berupaya untuk menjebol gawang Kosta Rika. Tendangan bebas oleh Steven Gerrard, tidak bisa diselesaikan dengan baik oleh Wayne Rooney.

Menit ke-87, serangan dari Inggris melalui sisi kiri di mana Raheem Sterling dan Luke Shaw bersama bahu-membahu mencoba menusuk pertahanan Kosta Rika.

Menit ke-89, serangan terakhir dari Steven Gerrard menuju Daniel Sturridge di depan namun bola masih terlalu dekat kepada kiper Keylor Navas.

Pada menit ke-90, tambahan waktu tiga menit di babak kedua sementara itu Inggris mendapat peluang dari sepak pojok di sisi kiri pertahanan Kosta Rika.

Menit 90'+1', serangan balik dari Kosta Rika melalui kaki M. Urena. Tapi, cepat sekali Luke Shaw kembali dan menutup pergerakannya.

Babak kedua berjalan cukup baik dengan saling serang antara kedua tim. Namun, keduanya pun masih kurang tenang dalam melakukan penyelesaian.

Laga babak kedua masih berjalan saling serang namun kali ini semangat pemain kedua tim sudah terlihat menurun. Tak banyak peluang tercipta, dua tembakan tepat sasaran dari Kosta Rika tak mampu dikonversi menjadi gol. Inggris lebih buruk, hanya satu peluang yang tepat sasaran.

Frank Lampard dan kawan-kawan tak cukup kreatif untuk meruntuhkan pertahanan Kosta Rika sehingga skor 0-0 tak berubah tetap imbang tanpa gol hingga laga usai pada menit 90+3.

Upaya pelatih Roy Hodgson memasukkan Steven Gerrard dan Wayne Rooney pun tak mampu menaikkan mental para pemain. Akhirnya, Tim Tiga Singa harus menutup perjalanannya di Piala Dunia 2014 dengan hasil mengecewakan. Kosta Rika jadi juara Grup D dengan 7 poin.

Statistik Pertandingan Kosta Rika-Inggris:

Total Tembakan: 4-8.

Tembakan ke Target: 3-3.

Sepak pojok: 3-7.

Offside: 3-1.

Pelanggaran: 17-17.

Kartu Kuning: 1-2.

Kartu Merah: 0-0.

Penguasaan Bola: 47%-53%.

Susunan pemain:

Kosta Rika:

1-Keylor Navas, 3-Giancarlo González, 6-Óscar Duarte, 15-Junior Díaz Campbell, 16-Cristian Gamboa, 19-Roy Miller, 5-Celso Borges (11-Michael Barrantes Rojas 78'), 10-Bryan Ruiz, 14-Randall Brenes (7-Christian Bolaños 59'), 17-Yeltsin Tejeda Valverde, 9-Joel Campbell (21-M. Ureña 65').

Cadangan:

2-Johnny Acosta, 4-Michael Umaña, 8 David Myrie, 12-Waylon Francis, 13-Esteban Granados Maroto, 18-Patrick Pemberton, 20-Diego Calvo, 22-Jose Miguel Cubero, 23-Daniel Cambronero.

Pelatih: Jorge Luis Pinto.

Inggris:

13-Ben Foster , 5-Gary Cahill, 12-Chris Smalling, 16-Phil Jones, 23-Luke Shaw, 7-Jack Wilshere (4-Steven Gerrard 73'), 8-Frank Lampard, 17-James Milner (10-Wayne Rooney 76'), 20-Adam Lallana (19-Raheem Sterling 62'), 21-Ross Barkley, 9-Daniel Sturridge.

Cadangan:

1-Joe Hart, 2-Glen Johnson, 3-Leighton Baines, 6-Phil Jagielka, 11-Danny Welbeck, 14-Jordan Henderson, 18-Rickie Lambert, 22-Fraser Forster.

Pelatih: Roy Hodgson.

Penonton: 57.823 orang.

Wasit: Djamel Haimodi dari Aljazair. (jos)

See Also

Menpora Kunjungi Unesa Yang Mempunyai Fasilitas Olahraga Lengkap
Menpora Sebut Unesa Jadi Pusat Sports Science Nasional
Taekwondoin Kakak Beradik Tambah Koleksi Medali
Tim Jiti C Rajawali Sakti Tambah Pundi Medali
Bernard Gregory Susilo Rebut Medali Perak Jian Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Bernard Gregory Susilo Raih Perak Qiang Shu C Di Kejuaraan Wushu Antar Perguruan
Berawal Dari Hobi, Bernard Gregory Susilo Toreh Prestasi Cabor Wushu
The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
jQuery Slider

Comments

Arsip :20202019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.910.554 Since: 05.03.13 | 0.1641 sec