Olah Raga

Prancis Gasak Swiss 5-2

Saturday, 21 Juni 2014 | View : 895

SALVADOR-SBN.

Tim Prancis kembali tampil untuk kedua kalinya dan kali ini akan menghadapi Swiss di Grup E Piala Dunia 2014 di Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil pada hari Jumat (20/6/2014) waktu setempat atau Sabtu (21/6/2014) dinihari waktu Indonesia pukul 02.00 WIB.

Bagi Swiss dan Prancis, kemenangan akan membawanya lolos ke babak 16 besar. Pasalnya, kedua tim menang di pertandingan pertama. Prancis menundukkan Honduras 3-0, sementara Swiss menang 2-1 dari Ekuador.

Pertemuan kedua tim ini sudah 36 kali, dengan Prancis memimpin dengan 15 menang dan 12 kalah. Ada sembilan sisanya seri.

Hanya pertemuan Piala Dunia sebelumnya yang berakhir tanpa gol di babak penyisihan grup 2006. Tiga pertemuan terakhir telah berakhir imbang. Pertandingan terakhir tidak menyelesaikan imbang adalah kemenangan 3-1 oleh Prancis pada Kejuaraan Eropa 2004.

Prancis terakhir kali memenangi pertandingan ini di Euro 2004, sementara kemenangan terbaru Swiss adalah 2-1 dalam pertandingan persahabatan di Lausanne pada  1992. Pelatih Prancis Didier Deschamps saat itu berada di line-up awal.

Menjadi tim yang lebih diunggulkan ternyata menjadi motivasi tersendiri bagi juara Piala Dunia 1998 ini untuk tampil selalu menyerang. Hasilnya, Les Blues mampu menghancurkan Swiss di stadion Arena Fonte Nova, Salvador, Brasil pada pertandingan kedua Grup E.

Wasit Björn Kuipers meniup peluit, babak pertama dimulai. Pada menit ke-1, Serangan Prancis melalui Karim Benzema di sektor kiri pertahanan Swiss gagal.

Pada menit ke-3, Johan Djourou menekan kepala Karim Benzema dengan tangan dalam perebutan bola.

Pada menit ke-5, Satu placing Karim Benzema dari luar kotak pinalti masih di kiri gawang Swiss yang dikawal Diego Benagilo.

Baru memasuki menit ke-6, Prancis memiliki sebuah peluang bagus dengan tendangan keras kaki kanan Benzema. Namun hanya tipis di sisi kiri gawang Diego Benaglio.

Pada menit ke-7, kaki Oliver Giroud, pemain asal klub Arsenal mendarat dimuka  Steve Von Bergen. Satu kejadian dalam perebutan. Oliver Giroud tidak melihat Steve Von Bergen yang akan penetrasi saat Oliver Giroud akan menerima bola. Wajah antara hidung dan mata Steve Von Bergen berdarah dan ditarik keluar diganti Philippe Senderos.

Belum genap 10 menit babak pertama, Swiss harus rela kehilangan satu pemainnya, Steve Von Bergen, setelah kaki Oliver Giroud secara tak sengaja mengenai wajahnya.

Pada menit ke-10, Prancis menempatkan Oliver Giroud sebagai bomber dan Karim Benzema berposisi di belakang Oliver Giroud, tetapi belum mampu menghasilkan banyak ancaman.

Pada menit ke-12, Prancis masih sulit menemukan  celah untuk melakukan penetrasi ke pertahanan Swiss yang dikoordinir Johan Djourou.

Pada menit ke-13, Admir Mehmedi dan Haris Seferovic salah pengertian dalam melakukan fast break. Bola umpan Admir Mehmedi justru jatuh di ruang kosong, Haris Seferovic masih tertinggal di belakang.

Pada menit ke-15, kerja sama Oliver Giroud dan Mathieu Debuchy di sektor kiri pertahanan Swiss kembali gagal.

Menit ke-16, Prancis berhasil membuka keunggulan melalui penyerang Arsenal, Oliver Giroud yang memanfaatkan tendangan pojok Mathieu Valbuena dengan kepalanya, dan bola merangsek ke pojok kiri jala Diego Benaglio. Sundulan kepala Oliver Giroud memanfaatkan crossing dari sepak pojok Mathieu Velbuena menembus gawang Swiss. Skor berubah menjadi 1-0 untuk Prancis. Gol Oliver Giroud sekaligus menjadi gol ke 11 Prancis di Piala Dunia.

Prancis tampil bak kesetanan. Tak sampai satu menit kemudian kini giliran Blaise Matuidi. Pada menit ke-17, gol kedua Prancis melalui Blaise Matuidi, umpan dari Karim Benzema. Back pass  Xherdan Shaqiri yang jatuh di kaki Karim Benzema. Valon Behrami yang berniat mengoper bola ke belakang justru malah mengarah Karim Benzema, dan kemudian Karim Benzema memberi operan kepada Blaise Matuidi sebelum akhirnya diselesaikan dengan baik. Prancis tetap unggul, skor 2-0.

Pada menit ke-20, Karim Benzema menundul bola tendangan bebas Mathieu Debuchy. Tapi dia offside.

Pada menit ke-22, Yohan Cabaye tackling Stephen Leichiester. Tendangan bebas untuk Swiss.

Pada menit ke-24, satu sontekan Karim Benzema ke sisi kiri gawang Swiss masih tertangkap kiper Diego Benaglio.

Pada menit ke-25, Patrice Evra lakukan pelanggaran terhadap Stephen Leichiester. Tendangan bebas Swiss.

Pada menit ke-27, Granit Xhaka sempat merayakan keberhasil menjebol gawang Prancis. Tapi hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside.

Pada menit ke-28, Xherdan Shaqiri dapat peringatan wasit karena pelanggaran kepada pemain Prancis, Mathieu Valbuena.

Pada menit ke-30, Tendangan Xherdan Shaqiri ke sisi kiri gawang Prancis. Haris Seferovic terlambat beberapa detik. Bola meluncur out. Ini diawali  fast break Admir Mehmedi.

Petaka buat Swiss kembali datang. Pada menit ke-32 ini, kaki Johan Djourou mengenai kaki Karim Benzema di kotak pinalti dalam perebutan bola dan Karim Benzema jatuh. Pemain bertahan Johan Djorou menjatuhkan penyerang Real Madrid, Karim Benzema, di kotak terlarang. Penalti pun diberikan wasit kepada Prancis. Karim Benzema yang menjadi algojo ternyata tak mampu menjalankan tugasnya dengan baik di menit 32. Penalti dan gagal dijebloskan oleh Karim Benzema karena kena blok Diego Benaglio. Bola berhasil ditepis Diego Benaglio. Sebenarnya kembali mantul ke arah Mathieu Valbuena, tapi beruntung Swiss masih dibantu tiang gawang. Bahkan saat bola mental disambar Oliver Giroud pun menghantam tiang dan  bola mental ke tengah lapangan.

Pada menit ke-34, bola umpan Patrice Evra ke Karim Benzema dalam fast break terlalu deras dan out.

Pada menit ke-36, kontrol bola Granit Xhaka  lepas dan bola out.

Pada menit ke-37, sundulan Oliver Giroud menyambut crossing Moussa Sissoko out. Tapi kepala Oliver Giroud mengenai kepala Stephen Leichiester yang kesakitan.

Pada menit ke-38, Xherdan Shaqiri masih belum mampu melewati Mathieu Debuchy saat penetrasi dari sayap kanan.

Les Blues benar-benar perkasa. Di menit ke-40 Prancis kembali cetak gol melalui serangan balik cepat. Pada menit ke-40, Mathieu Valbuena mencetak gol ketiga Prancis. Ini diawali dari Karim Benzema kasih ke Oliver Giroud dan umpan tarik ke Mathieu Valbuena. Sodoran bola Raphael Varane dari depan tengah diterima dengan baik oleh Oliver Giroud dan kemudian diteruskan Mathieu Valbuena yang berlari kencang dari sisi kanan, sebelum akhirnya bola diceploskan dengan mulus oleh pemain bertubuh kecil itu. 3-0 masih untuk keunggulan Prancis.

Pada menit ke-42, umpan dari Blaise Matuidi ke Karim Benzema yang langsung diberikan kepada Mathieu Valbuena gagal menghasilkan gol. Bola Mathieu Valbuena masih bisa diblok kiper Swiss, Diego Benaglio.

Pada menit ke-45, Admir Mehmedi dan Ricardo Rodriguez yang mencoba menembus pertahanan Prancis dari sisi kanan pertahanan, masih gagal.

Wasit Björn Kuipers meniup peluit panjang, pertandingan babak pertama selesai. Babak pertama pun berakhir untuk kemenangan Prancis 3-0.

Sedangkan Swiss tentu harus berbenah waktu istirahat. Setidaknya untuk memperkecil kekalahan.

Babak kedua bergulir. Di babak kedua Swiss sejak awal mencoba menguasai permainan.

Pada menit ke-46, Swiss langsung menekan dan menit awal langsung memiliki peluang melalui Haris Seferovic, tetapi terlalu hasil tendangannya masih tinggi

Pada menit ke-47, Gokhan Inler juga memilik peluang tapi terbuang percuma.

Pada menit ke-48, tendangan Oliver Giroud dari luar kotak pinalti masih menyentuh pemain Swiss dan out.

Pada menit ke-49, umpan tarik Ricardo Rodriguez ke arah kotak penalti gagal.

Pada menit ke-51, Xherdan Shaqiri dijatuhkan oleh Admir Mehmedi di luar kotak pinalti. Tendangan bebas untuk Swiss.

Pada menit ke-53, Mathieu Valbuena menarik tangan Gokhan Inler.

Pada menit ke-54, tendangan Xherdan Shaqiri dari luar kotak penalti masih di kiri gawang kiper Hugo Lloris.

Pada menit ke-55, tendangan Oliver Giroud dari luar kotak pinalti masih melenceng di kiri gawang Diego Benaglio.

Pada menit ke-56, Xherdan Shaqiri masih belum mampu atasi ketatnya pertahanan Prancis Raphael Varane.

Terbukti menit ke-57, Blerim Dzemaili melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya, tetapi hanya tipis di atas sisi kanan gawang Hugo Lloris. Tendangan Blerim Dzemaili dari luar kotak pinalti masih tinggi.

Pada menit ke-59, tendangan Karim Benzema di kotak penalti umpan Mathieu Valbuena masih mengenai kaki Johan Djourou dan bola melambung.

Pada menit ke-63, Oliver Giroud diganti oleh Paul Pogba.

Dan, menit ke-64, Admir Mehmedi gagal manfaatkan umpan Phillipe Senderos. Bolana masih kena kiper Hugo Lloris dan melambung. Admir Mehmedi yang bebas di depan gawang juga ikut mengancam, namun lagi-lagi dewi fortuna belum berpihak kepada Schweizer Nati.

Pada menit ke-65, Mamadou Sakho diganti Laurent Koscielny.

Dua menit kemudian, pada menit ke-66 justru Prancis yang bisa mencetak gol. Masih dari aktor yang sama, Karim Benzema kembali jebol gawang Swiss. Karim Benzema mampu menyelesaikan umpan manis Paul Pogba dari sisi kanan yang kemudian diselesaikan Karim Benzema dengan cantik. Peluang ini terjadi setelah bola gagal dijinakkan Philippe Senderos. Prancis memimpin dengan skor 4-0.

Ini gol kesembilan Karim Benzema dari delapan pertandingan terakhir Prancis dan gol ketiga dalam dua pertandingan di Piala Dunia.

Pada menit ke-69, Haris Seferovic diganti oleh Josip Drmic.

Pada menit ke-70, Granit Xhaka gagal mencetak gol. Tendangannya masih tinggi.

Lagi, Prancis mencetak gol kelimanya pada pertandingan kedua di grup E. Kali ini gantian Moussa Sissoko yang turut mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima umpan dari Karim Benzema dan tak pikir panjang Moussa Sissoko langsung menceploskan bola ke gawang pada menit 73. Moussa Sissoko mencetak gol kelima Prancis. 5-0 untuk Prancis.

Pada menit ke-75, Blerim Dzemaili menjatuhkan Blaise Matuidi.

Pada menit ke-76, tendangan Gokhan Inler dari luar kotak pinalti di sisi kiri gawang Hugo Lloris.

Pada menit ke-78, pelanggaran terhadap Gokhan Inler.

Swiss bisa menghibur diri di menit 81. Melalui tendangan bebas dari luar kotak pinalti oleh pemain Swiss, Blerim Dzemaili yang mengeksekusi melakukan tendangan keras mendatar  melewati kaki Moussa Sissoko dan Patrice Evra bersarang di sisi kanan gawang Hugo Lloris dan tak mampu dihalau kiper Hugo Lloris. Skor 5-1 masih untuk keunggulan Prancis.

Pada menit ke-83, Blerim Dzemaili lakukan pelanggaran. Tendangan bebas untuk Prancis.

Pada menit ke-85, tendangan Xherdan Shaqiri dari luar kotak pinalti ditepis oleh penjaga gawang Prancis Hugo Lloris.

Tujuh menit kemudian, pada menit ke-87, kembali Swiss cetak gol. Garnit Xhaka mencetak gol kedua untuk Swiss. Melalui terobosan umpan lambung dari Gokhan Inler, Garnit Xhaqa berhasil lolos dari jebakan offsides dan langsung menceploskan bola lewat sentuhan pertamanya. Skor 5-2 masih tetap untuk keunggulan Prancis.

Pada menit ke-88, Yohan Cabaye dapat kartu kuning. Ini yang kedua dari dua pertandingan. Tidak tampil di partai ketiga.

Pada menit ke-90, Ofisial pertandingan memberi tambahan waktu tiga menit.

Pada menit ke-91, umpan Gokhan Inler ke Xherdan Shaqiri terlalu tajam, sehingga keluar lapangan

Wasit Bjorn Kuipers dari Belanda meniupkan peluit panjangnya, tanda pertandingan selesai dengan skor 5-2 untuk Prancis.

Dengan hasil ini praktis Prancis memuncaki klasemen sementara grup E dengan enam point, sekaligus semakin dekat dengan tiket babak 16 besar.

Susunan pemain:

Swiss (4-2-3-1):

1-Diego Benaglio, 2-Stephen Lichtsteiner, 20-Johan Djorou, 5-Steve Von Bergen (4-Phillipe Senderos 9'), 13-Ricardo Rodriguez, 11-Valon Behrami (15-Blerim Dzemaili 45'), 8-Gokhan Inler, 23-Xherdan Shaqiri, 10-Granit Xhaka, 18-Admir Mehmedi, 9-Haris Seferovic (19-Josip Drmic 69').

Cadangan: 

3-Reto Ziegler, 6-Michael Lang, 7-Tranquilo Barnetta, 12-Yann Sommer, 16-Gelson Fernandes, 14-Valentin Stocker, 17-Mario Gavranovic, 21-Roman Buerki, 22-Fabian Schaer.

Pelatih: Ottmar Hitzfield.

Prancis (4-3-3):

1-Hugo Lloris, 2-Mathieu Debuchy, 4-Raphael Varane, 5-Mamadou Sakho (21-Laurent Koscielny 65’), 3-Patrice Evra, 6-Yohan Cabaye, 18-Moussa Sissoko, 14-Blaise Matuidi, 8-Mathieu Valbuena (11-Antoine Griezmann 82'), 10-Karim Benzema, 9-Oliver Giroud (19-Paul Pogba 63').

Cadangan: 

7-Remy Cabella, 12-Rio Mavuba, 13-Eliaquim Mangala, 15-Bacary Sagna, 16-Stephane Ruffier, 17-Lucas Digne, 20-Loic Remy, 22-Morgan Schneirderlin, 23-Mickael Landreau.

Pelatih: Didier Deschamps.

Skor: 2-5.

Gol: Blerim Dzemaili 81', Granit Xhaka 88' - Oliver Giroud 17', Blaise Matuidi 18', Mathieu Valbuena 40', Karim Benzema 67', Moussa Sissoko 73'.

Tendangan ke gawang: 4-12.

Penguasaan bola: 58%-42%.

Pelanggaran: 12-15.

Offside: 1-2.

Kartu Kuning: Yohan Cabaye.

Stadion: Arena Fonte Nova, Salvador.

Penonton: 50.000 orang.

Wasit: Bjorn Kuipers dari Belanda. (jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.493 Since: 05.03.13 | 0.1399 sec