Politik

Delapan Organisasi Sayap Partai Demokrat Dukung Prabowo-Hatta

JAKARTA-SBN.

Menyusul dukungan terhadap 115 anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (PD) yang menyatakan memberikan dukungannya terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa, kini giliran delapan organisasi sayap Partai Demokrat (PD) menyatakan sikap yang sama yakni ikut mendeklarasikan dukungannya terhadap pasangan nomor urut 2 tersebut, Selasa (17/6/2014). "Ini kami lakukan atas inisiatif dan atas kecintaan kader demokrat delapan sayap," ujar Penasihat dan Pelindung Organisasi Sayap Partai Demokrat Letnan Jenderal TNI Purnawirawan Cornel Simbolon di Gedung Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Selasa (17/6/2014) pagi ini.

Acara deklarasi yang digelar di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ini diawali dengan pembacaan deklarasi dukungan dari delapan Organisasi Sayap Partai Demokrat (PD). “Menyatakan dan akan mengawal dan mengamankan suksesnya pilpres dengan memilih dan memenangkan pasangan nomor 1 menjadi presiden dan wapres. Kami akan berjuang dan menggerakan seluruh kader dan simpatisan kami di seluruh tanah air," kata Penasehat dan Penanggung Jawab Deklarasi 8 Sayap Organisasi Partai Demokrat (PD), Letjen Purn. Cornel Simbolon saat membacakan deklarasinya di Padepokan Pencak Silat, TMII, Jakarta Timur, Selasa (17/6/2014).

Dalam kesempatan itu hadir juga Cawapres Hatta Rajasa. Hatta Rajasa yang hadir dalam deklarasi ini mengatakan, dengan merapatnya delapan organisasi sayap Partai berlambang mercy ini, tentunya mendapat kekuatan baru yang bisa memenangkan dirinya dalam pilpres 9 Juli 2014 mendatang. Dirinya mengaku optimis dapat memenangkan pemilu presiden (pilpres) setelah mendapat dukungan dari organisasi sayap Partai Demokrat (PD). “Saya merasa bersyukur mendapatkan energi baru, sebuah kekuatan yang tidak kecil. Kekuatan yang selama 10 tahun ini telah membuktikan kiprahnya dalam membangun bangsa dan negara ini," ucap Hatta Rajasa usai deklarasi dukungan di Padepokan Pencak Silat TMII, Jakarta Timur, Selasa (17/6/2014).

Menurut Hatta Rajasa, organisasi sayap partai pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu memiliki jaringan yang luas dan memiliki simpatisan yang banyak di berbagai daerah. "Saya bersyukur, saya tahu organisasi sayap PD sangat kuat, memiliki jaringan yang luas di daerah-daerah. Ini tambahan amunisi bagi kami,” imbuhnya.

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut, Hatta Rajasa mengakui, jika dukungan ini adalah di luar dari wewenang partai.

Dia menambahkan, deklarasi ini dilakukan secara individu, hal itu dikarenakan Ketua Umum Partai Demokrat (PD), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memberikan hak sepenuhnya kepada seluruh kader untuk mendukung siapapun. "Secara institusi tentu tidak, tapi secara individu telah bergabung semua. Sebagai Presiden pak SBY harus netral tapi kan ke bawahnya sudah masuk," paparnya.

Deklarasi dukungan yang dihadiri oleh para Kader dan ratusan simpatisan Partai Demokrat (PD). Acara deklarasi ini juga dihadiri oleh petinggi Partai Demokrat, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie, Letjen Purn Cornel Simbolon, dan Milton Pakpahan.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie mengatakan demi Indonesia merdeka, adil, dan makmur, dirinya mengingatkan para simpatisan tidak hanya berjuang sampai pembacaan deklarasi saja. "Tapi bagaimana kita menggerakkan sampai ke lapangan untuk memenangkan Prabowo-Hatta," cetusnya.

Ketua DPR RI, Marzuki Alie menuturkan, sayap Partai Demokrat telah mengikuti kampanye, debat capres dan mengetahui bahwa visi-misi dan program aksi yang disampaikan Prabowo-Hatta sejalan dengan visi-misi Partai Demokrat. "Prabowo telah melanjutkan program pemerintahan SBY. Semua bangga dan senang bahwa pasangan capres dan cawapres akan melanjutkan, karena dirasakan oleh seluruh rakyat," paparnya.

Dirinya berjanji akan mengawal dan mengamankan pemilu presiden dengan memilih dan memenangkan Prabowo-Hatta untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2014-2019. "Kami akan berjuang dan menggerakan seluruh kader dan simpatisan. Semua dukungan demi kejayaan bangsa," pungkasnya.

Adapun deklarasi yang memberi dukungan terhadap Prabowo-Hatta ini juga meliputi dari 239 DPD dan 3114 DPC Partai Demokrat yang tergabung dalam delapan Organisasi sayap Partai Demokrat (PD) diantaranya adalah:

1. Angkatan Muda Demokrat Indonesia (AMDI).

2. Angkatan Muda Demokrat (AMD).

3. Generasi Muda Demokrat (GMD).

4. Kader Muda Demokrat (KMD).

5. Barisan Muda Demokrat (BMD).

6. Komite Nasional Pemuda Demokrat (KNPD).

7. Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI).

8. Perempuan Demokrat Republik Indonesia (PDRI).

Juru Bicara Partai Demokrat (PD) Ruhut Sitompul menilai dukungan kepada pasangan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa bukanlah sikap resmi partai.

Ruhut Sitompul menilai banyak kader yang mendeklarasikan dukungan kepada Prabowo-Hatta merupakan anggota Fraksi Demokrat yang gagal melenggang ke Senayan.

"Itu inisiatif masing-masing kader mengajak temannya. Apalagi mereka-mereka sudah tidak terpilih lagi. Siapa tahu kan mereka terpanggil jadi salah satu menteri, komisaris BUMN (Badan Usaha Milik Negara) atau Duta Besar," kata Ruhut Sitompul ketika dikonfirmasi, Senin (16/6/2014).

Diketahui, dalam deklarasi yang dipimpin ketua Fraksi Demokrat Nurhayati Ali Assegaf tersebut, 115 dari 148 anggota mendukung Prabowo-Hatta. Pada periode 2014-2019, anggota fraksi Demokrat menyusut menjadi 61 orang.

Ruhut Sitompul mengakui sebagian besar caleg DPR RI incumbent memang tak terpilih lagi.

"Kalau orang Betawi bilang itu 'usahe-usahe'. Dari 148 anggota FPD di DPR, hanya 37 orang yang bisa tinggal (terpilih lagi). Saya menghormati usaha kawan-kawan, siapa tahu mereka jadi menteri, komisaris BUMN, atau Dubes," katanya.

Ruhut Sitompul mengatakan sikap partai berlambang bintang mercy itu tetap netral pada pemilihan presiden 2014.

Lebih lanjut, Ruhut Sitompul menegaskan, sikap resmi PD masih netral. Bahkan, sikap ini akan terus dipertahankan hingga Pilpres 2014 berakhir dan dilanjutkan dengan mengambil posisi di luar pemerintahan. "Kami akan terus netral," tegas Ruhut Sitompul.

Ruhut Sitompul kembali menegaskan pilihannya meskipun sempat menjadi tim sukses Anggota Dewan Pembina Demokrat Pramono Edhie Wibowo. Pramono Edhie Wibowo sendiri menyatakan dukungan kepada Prabowo-Hatta.

Anggota Komisi III DPR RI itu mengaku hanya mengikuti keputusan Ketua Umum Demokrat, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang telah menyatakan netral.

"Saya mengikuti ketum Pak SBY, saya netral. Saya bisa sukses begini berkat Tuhan dan SBY. Saya hanya patuh kepada Pak SBY," tukas Ruhut Sitompul. (mer/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.001.900 Since: 05.03.13 | 0.1673 sec