Politik

Tim Jokowi-JK Tuding Prabowo-Hatta Ikut-ikutan Buka Rekening Sumbangan

Saturday, 14 Juni 2014 | View : 723

JAKARTA-SBN.

Langkah pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa membuka rekening bank untuk menampung sumbangan publik disebut sebagai sebuah langkah yang tidak konsisten. Kubu pasangan capres-cawapres Jokowi-Jusuf Kalla (JK) menyebut langkah pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa membuka rekening bank untuk menampung sumbangan publik tidak konsisten. "Kita merasakan dalam beberapa hal apa yang disampaikan tidak sama dengan yang sebenarnya. Ini namanya tak konsisten," kata Anggota Tim Pemenangan Jokowi-JK, Ir. Dolfie OFP, di Jakarta, Sabtu (14/6/2014).

Sebab, beberapa waktu lalu saat pasangan Jokowi-JK melakukannya, tim Prabowo-Hatta justru mengecam. "Ini namanya tidak satunya kata dan perbuatan. Mereka dulu mengkritisi Jokowi-JK membuka rekening kampanye dari publik. Sekarang hal yang sama dilakukan," kata Anggota Tim Pemenangan Jokowi-JK, Dolfie OFP, di Jakarta, Sabtu (14/6/2014).

Ir. Dolfie OFP yang duduk di Komisi XI DPR RI itu, menyebutkan kubu Prabowo-Hatta sepertinya menyadari pembukaan donasi dari publik sangat populis sehingga ditiru. "Faktanya banyak masyarakat yang antusias memberikan bantuan. Donasi mereka beraneka ragam. Jokowi-JK tidak melihat nilai sumbangannya tapi kita gembira masyarakat mau berpartisipasi," tambah Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membawahi bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan Nasional, Perbankan, Lembaga Keuangan Bukan Bank, Ir. Dolfie OFP.

Menurut Dolfie OFP, dukungan antusiasme memberikan sumbangan ke rekening Jokowi-JK sebagai partisipasi publik. "Tidak semua masyarakat bisa secara langsung mengespresikan dukungan ke Jokowi-JK. Jadi, secara tidak langsung melakukannya dengan menyumbang melalui rekening yang dibuka Jokowi-JK," lanjut Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membawahi bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan Nasional, Perbankan, Lembaga Keuangan Bukan Bank tersebut, Ir. Dolfie OFP.

Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membawahi bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan Nasional, Perbankan, Lembaga Keuangan Bukan Bank, Ir. Dolfie OFP menambahkan sejak awal pasangan Jokowi-JK didesain hendak membangun koalisi dengan rakyat bukan elit.

Desain itu yang kemudian dipraktikkan, dan terbukti dengan banyaknya relawan yang terbentuk, pembukaan posko, dan rekening Jokowi-JK. "Termasuk dengan metode kampanye yang berbasis komunitas," tutup Anggota DPR RI Komisi XI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang membawahi bidang Keuangan, Perencanaan Pembangunan Nasional, Perbankan, Lembaga Keuangan Bukan Bank, Ir. Dolfie OFP.

Sebelumnya, tim Prabowo-Hatta pernah mencibir Rekening Gotong Royong untuk partisipasi publik yang dibuka Jokowi-JK.

Menurut Direktur Hukum dan Advokasi tim pemenangan Prabowo-Hatta, politikus asal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang saat ini tengah menjabat sebagai Anggota Komisi III DPR RI periode 2009-2014 yang membidangi hukum dan perundang-undangan, hak asasi manusia, dan keamanan, Ahmad Yani, S.H., M.H., masyarakat sudah cerdas, terkait dengan maksud yang dilakukan oleh kandidat Capres-Cawapres yang tengah berkiprah di Pemilu presiden (Pilpres) 9 Juli 2014. "Katanya mau mensejahterakan rakyat, tapi kok malah menyengsarakan," cetusnya di Rumah Polonia, Jalan Cipinang-Cempedak, Jakarta Timur, Jumat (30/5/2014).

Bahkan, Anggota Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Letjen (Purn) Suryo Prabowo meminta masyarakat memilih capres yang memiliki nasionalisme dan kehormatan. Selain itu, dia juga meminta masyarakat memilih capres yang kaya-raya. "Capres juga harus sudah kaya sehingga konstituennya tidak perlu meminta uang di jalanan. Ini perilaku penyimpangan sosial, merendahkan martabat manusia. Orang kok disuruh jadi pengemis," tukas Letjen (Purn) Suryo Prabowo.

Tetapi, kini kubu Prabowo-Hatta justru mengikuti hal yang sama yakni membuka rekening sumbangan.

Direktur Komunikasi dan Media Timkamnas Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Budi Purnomo Karjodihardjo menuturkan, dasar pertimbangan dari pembukaan rekening adalah untuk membantu pemenangan timkamnas perlu dibentuk komite yang memfokuskan kegiatan pada pengumpulan dana masyarakat secara gotong royong.

Para pengurus dan susunan personalianya sudah disahkan berdasarkan SK Koalisi Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, No.Kep-001/Timkamnas-Relawan/VI/2014 tentang Pembentukan Komite Dana Aspirasi Indonesia Bangkit pada tanggal 10 Juni 2014. Surat diteken oleh Mahfud MD dan Fadli Zon. (tri/bs)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 8.001.840 Since: 05.03.13 | 0.2346 sec