Politik

Caleg DPR RI Terpilih Dari Dapil Jateng III

Thursday, 01 Mei 2014 | View : 1697

JAKARTA-SBN.

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah III meliputi Kabupaten Grobogan, Kabupaten Blora, Kabupaten Rembang, Kabupaten Pati yang disahkan dan telah ditetapkan Rapat Pleno Terbuka Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Rabu (30/4/2014),  Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berhasil meraih dua kursi DPR RI dari 9 jatah kursi DPR RI dari dapil tersebut.

PDIP unggul dengan meraih 392.472 suara atau 18,94% dari total suara sah Pemilu 2014 di Dapil Jateng III yang mencapai 2.071.932. Surat suara tidak sah tercatat 411.196, dan total pemilih yang menggunakan hak pilihnya 2.483.128.

Berikut ini perolehan suara 12 parpol di Dapil Jateng III yang meliputi Kabupaten Grobogan, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, dan Kabupaten Blora, disusun menurut parpol yang meraih suara terbesar.

1. PDIP 392.472 dengan 2 kursi.

2. Partai Golkar 301.851 suara.

3. Partai Gerindra 285.557 suara.

4. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 280.384 suara.

5. Demokrat 202.818 suara.

6. PPP 139.679 suara.

7. NasDem 130.060 suara.

8. PKS 123.354 suara.

-------------------
9. Hanura 92.740 suara.

10.PAN 92.244 suara.

11.PKPI 16.812 suara.

12.PBB 13.961 suara.

Untuk menentukan parpol mana yang berhak mendapat kursi DPR RI, total suara sah sebesar 2.071.932 dibagi 9 sesuai dengan jumlah kursi DPR RI yang menjadi jatah Dapil Jateng III.

Hasilnya diperoleh angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP) sebesar 230.214.

Ini adalah BPP sementara karena total suara sah masih menyertakan perolehan suara parpol yang tidak lolos parliamentary threshold mengingat perhitungan suara sah nasional dari 77 Dapil DPR belum seluruhnya disahkan KPU.

Dari perolehan suara 12 parpol di atas, ada empat parpol yang meraih suara melebihi BPP, yakni PDIP, Partai Golkar, Partai Gerindra, dan PKB. Empat parpol ini pada perhitungan tahap pertama langsung memperoleh masing-masing 1 kursi DPR RI.

5 (lima) kursi DPR RI yang tersisa diperebutkan pada perhitungan tahap kedua. Hasilnya, 1 kursi untuk Partai Demokrat, 1 kursi diraih PDIP kembali, 1 kursi untuk PPP, 1 kursi untuk Partai NasDem, dan 1 kursi terakhir untuk PKS.

Berikut ini 9 caleg DPR Dapil Jateng III yang diprediksi lolos ke Senayan.

1. H. Imam Suroso, S.Sos., S.H., M.M. dari PDIP dengan 91.708 suara.

2. Firman Subagyo, S.E., M.H. dari Partai Golkar dengan 90.757 suara.

3. Hj. Sri Wulan, S.E. dari Partai Gerindra dengan 64.423 suara.

4. H. Marwan Jafar dari PKB dengan 123.447 suara.

5. Ir. Djoko Udjianto, M.M. dari Partai Demokrat dengan 73.906 suara.

6. Evita Nursanty, M.Sc. dari PDIP dengan 73.673 suara.

7. H. Moh. Arwani Thomafi dari PPP dengan 67.484 suara.

8. Donny Imam Priambodo, S.T., M.M. dari Partai NasDem dengan 42.491 suara.

9. H. M. Gamari dari PKS dengan 20.785 suara.

1. H. Marwan Jafar.

Pria kelahiran 12 Maret 1971 di Pati ini sejak kuliah aktif dalam sejumlah organisasi, seperti menjadi Ketua Bidang Kaderisasi Senat Mahasiswa Fakultas Hukum UII, Redaktur Majalah Keadilan Fakultas Hukum UII dan Ketua Litbang Forum Komunikasi Mahasiswa Yogyakarta.

Marwan Jafar adalah Anggota DPR RI yang sudah menjalankan tugasnya selama dua periode, yaitu periode 2004-2009 dan periode 2009-2014. Selama kiprahnya di DPR RI, ia pernah duduk sebagai Wakil Ketua Komisi V, Anggota Komisi I dan III, Anggota Badan Legislasi, Anggota Panitia Anggaran, Anggota Badan Musyawarah, dan menjadi Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua DPP PKB ini kembali mencalonkan dirinya agar bisa kembali duduk sebagai Anggota DPR periode 2014-2019 dengan nomor urut 1 untuk dapil Jawa Tengah III.

2. H. M. Gamari.

Sebelum menjadi Anggota DPR periode 2009-2014, H. M. Gamari adalah mantan Sekretaris Ditjen RTF Departemen Penerangan RI. Dengan pengabdiannya, H. M Gamari mendapatkan penghargaan seperti Satya Lencana Karya Satya 10 dan 20 tahun dan pernah mendapatkan penghargaan International Golden Citra Award Yayasan Kharisma Indonesia.

Memulai bangku kuliah di Universitas Ibnu Chaldun jurusan Publisistik/Public Relation, H. M. Gamari kemudian mengambil Master of Profesional Studies In Communication Cornell University, USA dan Doctor of Philosophy American University USA.

Di DPR RI, dirinya pernah terlibat sebagai anggota pansus RUU tentang Aparatur Sipil Negara, anggota tim khusus DPR RI terhadap Penanganan TKI di Saudi Arabia, Anggota Panja RUU tentang Intelijen Negara, dan lainnya. Mewakili PKS, H.M. Gamari menjadi caleg nomor urut 5 di dapil Jawa Tengah III pada pemilu 2014 mendatang.

3. Evita Nursanty, M.Sc.

Anggota DPR RI perempuan dari PDIP ini kembali mencalonkan dirinya sebagai caleg di daerah pemilihan Jawa Tengah III. Wanita kelahiran Palembang 6 April 1960 ini mendapatkan nomor urut 1 dan kembali mewakili Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Perjalanan organisasinya ia jalani dengan menjadi Wakil Ketua Umum INCCA, Ketua Bidang Dana INCCA, dan mengikuti Kamar Dagar dan Industri (KADIN).

Sejumlah perusahaan juga pernah dipimpinnya dengan menjadi direktur dan managing direktur, perusahaan itu antara lain PT. Royalindo Expoduta, Rose Bank Asset, dan PT. Infrasindo International, ia juga pernah bekerja di Mandarin Oriental Hotel sebagai Bussiness Center Manager. Sebagai Anggota DPR RI, Evita Nursanty saat ini juga menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI.

4. H. Imam Suroso, S.Sos., S.H., M.M.

H. Imam Suroso adalah lulusan Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Bojonegoro, Fakultas Hukum Universitas Bung Karno, dan Institut Manajemen Indonesia (IMI) Jakarta. Namanya mencuat karena aktivitasnya sebagai paranormal. Karena bakat dan gemblengan sang nenek,  pria asal Pati, Jawa Tengah ini dikenal memiliki kemampuan unik sejak duduk di bangku sekolah menengah.

H. Imam Suroso berhasil membuat debut karir politiknya dengan menang di pemilu 2009 lalu dan duduk sebagai anggota Komisi IX DPR RI periode 2009-2014 yang menangani masalah Tenaga Kerja, Transmigrasi, Kependudukan, Kesehatan.

Presiden Direktur Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati ini menjadi caleg PDIP dan mendapatkan nomro urut 2 di dapil Jawa Tengah III.

5. Firman Subagyo, S.E., M.H.

Pada pemerintahan Presiden Soeharto, Firman Subagyo pernah menjadi Anggota MPR pada tahun 1997 sampai 1999. Setelah itu, tepatnya tahun 2004 ia bekerja sebagai Komisaris Utama PT. Marlina Paluansa Line Jakarta sampai dengan 2013. Sambil menjabat Komisaris Utama, Firman Subagyo juga menjadi Anggota DPR RI untuk periode 2009-2014.

Di Partai Golkar, pria kelahiran Pati 2 April 1953 ini menjadi Ketua DPP bidang Pemilu yang sudah ia jabat sejak tahun 2010 dan akan berakhir pada tahun 2015. Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPP bidang UKMK, dan Ketua DPP bidang Kesejahteraan. Pendidikan Master Hukumnya didapat dari Universitas Padjadjaran Bandung pada tahun 2006 sampai 2008.

Kembali dicalonkan oleh Partai Gokar sebagai caleg, Firman Subagyo diberi nomor urut 1.

6. Ir. Djoko Udjianto, M.M.

Sejumlah jabatan di perusahaan yang tergabung dalam Astra Agro Lestari (Astra Group) pernah dijabat oleh Djoko Udjianto. Di perusahaan itu, dia pernah menjabat sebagai Deputi Direktur, Presiden Direktur Divisi III, Komisaris, dan Direktur. Tahun 2000 menjadi tahun terakhir dari Djoko Udjianto berkarir di PT. Astra Agro Lestari.

Ia kemudian bekerja di PT. Transpasific Agro Industry, PT. Citra Indo Niaga, PT. Gemareksa Mekarsari, PT. Satria Hupasarana dan PT Perkebunan Nusantara V.

Di perusahaan-perusahaan ini ia menjabat sebagai Presiden Direktur dan Komisaris.

Sejak tahun 2004 ia mencoba debut karirnya di bidang politik dengan bergabung dengan Partai Demokrat dan menjabat Ketua Departemen Penanaman Modal dan Investasi dari tahun 2009.

Melalui Partai Demokrat juga ia berhasil melenggang ke Senayan pada tahun 2009, saat ini ia menjadi Anggota Komisi IV dan menjadi Wakil Ketua Badan Anggaran DPR RI sejak awal tahun 2012 lalu.

Djoko Udjianto mencoba mempertahankan kursinya dengan menjadi caleg dari Partai Demokrat dengan nomor urut 1 di daerah pemilihan Jawa Tengah III.

7. H. Moh. Arwani Thomafi.

H. Moh. Arwani Thomafi adalah anggota DPR RI yang menjadi caleg incumbent. Moh. Arwani Thomafi masih diusung PPP di dapil Jawa Tengah III dan namanya tertera di nomor urut 1.

Politisi muda Indonesia ini lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 21 November 1975, Moh. Arwani Thomafi bisa disebut sangat akrab dengan percaturan politik nasional bahkan dalam usia yang belum genap menginjak 40 tahun.

Alumnus Fakultas Syariah IAIN Sunan Kalijaga Yogya ini memperoleh jabatan puncak di PPP, seperti jabatan sebagai Ketua Bidang Komunikasi dan Hubungan Media DPP PPP periode 2011-2015 dan Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI.

Sebagai Anggota DPR RI, Moh. Arwani Thomafi duduk sebagai anggota Komisi VIII DPR RI yang membawahi bidang agama, sosial, dan pemberdayaan perempuan.

Selama menjabat anggota Dewan, Moh. Arwani Thomafi menjadi Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI, anggota alat kelengkapan Dewan bersifat tetap BURT (Badan Urusan Rumah Tangga) dan Wakil Ketua Panitia Kerja (Panja) Rancangan Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu). (jos)

See Also

Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
Rapat Paripurna DPR RI Setujui Program Dana Aspirasi
Pimpinan DPR RI Minta MKD Usut Tuntas Dugaan Gelar Doktor Palsu
4 Butir Hasil Islah Partai Golkar
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.166.299 Since: 05.03.13 | 0.2729 sec