Politik

Guruh Soekarnoputra Tak Persoalkan Rachmawati Soekarnoputri Dukung Prabowo Subianto

JAKARTA-SBN.

Putra bungsu dari pasangan Presiden Republik Indonesia (RI) pertama yang menjabat pada periode 1945-1966, Dr. (HC) Ir. Soekarno dan Fatmawati, Guruh Soekarnoputra yang memiliki nama lengkap Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra, tidak mempersoalkan kakaknya yang juga merupakan anak ketiga Proklamator Kemerdekaan Indonesia bersama dengan Mohammad Hatta, Rachmawati Soekarnoputri, mendukung calon presiden (capres) dari Koalisi Merah Putih gabungan dari beberapa partai seperti Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), serta Partai Bulan Bintang (PBB) yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

"Tidak masalah Rachmawati mendukung Prabowo. Itu hak dia," tukas politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini dalam acara Ikrar Janji Prasetyawira yang diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Bung Karno yang jatuh pada Jumat (6/6/2014) ini.

Menurut adik kandung dari Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri yang pada tanggal 23 Maret 2011, bertepatan dengan Perayaan Hari Musik Nasional telah menerima Penghargaan Nugraha Bhakti Musik Indonesia (NBMI) dari Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu, dan Penata Musik Rekaman Indonesia (PAPPRI), Guruh Soekarnoputra, kondisi ini merupakan ekses dari pemilihan langsung yang dipilih Indonesia. Menurutnya ini merupakan kecelakaan sejarah karena tidak sesuai dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Pendiri grup kesenian Indonesia yang bernama GSP Production (Gencar Semarak Perkasa) dan juga sebelumnya Swara Mahardhika, Guruh Soekarnoputra yang lolos ke Senayan setelah mendapatkan 84.753 suara di Daerah Pemilihan (Dapil) I Jawa Timur (Jatim) ini menyatakan pemilihan langsung seperti saat ini bertentangan dengan sila keempat Pancasila. "Kerakyatan istilah lain dari demokrasi terpimpin sekaligus perwakilan," tutur pendiri grup musik Guruh Gipsy dan Gank Pengangsaan bersama Keenan Nasution, Abadi Soesman, dan Chrisye.

Berbeda dengan Guruh Soekarnoputra dan Sukmawati Soekarnoputri yang mendukung pasangan calon presiden (capres) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gubernur DKI Jakarta ‘nonaktif’, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ dan calon wakil presiden (cawapres) yang mantan Wakil Presiden periode 2004-2009, Drs. Muhammad Jusuf Kalla, Rachmawati Soekarnoputri belakangan ini memang giat mendukung pasangan Prabowo Subianto yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra dan mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak 22 Oktober 2009, Ir. M. Hatta Rajasa.

Pilihan politiknya itu terlihat ketika anak ketiga Presiden pertama RI Dr. (HC) Ir. Soekarno yang tercatat sebagai politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang didirikan oleh Surya Paloh ini dikunjungi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan Wakil Ketua Umum Bidang Politik Hukum dan Keamanan Partai Gerindra, Fadli Zon 16 Mei silam di rumahnya di kawasan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. (tri/jos)

See Also

Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
Rapat Paripurna DPR RI Setujui Program Dana Aspirasi
Pimpinan DPR RI Minta MKD Usut Tuntas Dugaan Gelar Doktor Palsu
4 Butir Hasil Islah Partai Golkar
jQuery Slider
Arsip :20172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 6.166.286 Since: 05.03.13 | 0.3223 sec