Politik

Bawaslu Nyatakan TvOne Langgar Aturan Penyiaran Kampanye

Saturday, 07 Juni 2014 | View : 849

JAKARTA-SBN.

Komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Ir. Nelson Simanjuntak, S.H. menyatakan salah satu stasiun televisi nasional yang berkantor di Jakarta sebelumnya dikenal sebagai Lativi, tvOne yang berslogan ‘memang beda’ serta mengklasifikasikan program-programnya dalam kategori News One, Sport One, Info One, dan Reality One, telah melanggar ketentuan tentang penyiaran kampanye.

Untuk diketahui, pada tanggal 14 Februari 2008, pukul 19.30 WIB, merupakan saat pertama kalinya tvOne mengudara sekaligus menjadi stasiun televisi pertama di Indonesia yang mendapatkan kesempatan bersejarah untuk diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dari Istana Presiden Republik Indonesia.

Stasiun televisi nasional, berkantor di Jakarta yang sebelumnya dikenal sebagai Lativi tersebut, tvOne terbukti bersalah karena menyiarkan secara langsung acara dialog politik DPP Partai Demokrat (PD) dengan pasangan calon nomor urut 1. "Bawaslu menyimpulkan bahwa penyiaran secara langsung pada tanggal 1 Juni 2014 acara dialog politik DPP Partai Demokrat dengan pasangan calon nomor urut 1 oleh tvOne termasuk kategori pemberitaan dan penyiaran kampanye," ungkap Nelson Simanjuntak di Jakarta, Sabtu (7/6/2014).

Komisioner Bawaslu Nelson Simanjuntak juga menjelaskan bahwa media berhak menyiarkan kampanye para pasangan calon sesuai dengan peraturan yang sudah diatur oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sehingga hal ini yang mendukung tvOne terbukti bersalah. "Menurut peraturan KPU Nomor 4 tahun 2014 tentang jadwal dan tahapan pilpres dimulai pada tanggal 4 Juni 2014 sampai 5 Juli 2014. Sedangkan tvOne menyiarkan acara dialog politiknya pada tanggal 1 Juni 2014," beber Nelson Simanjuntak.

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia sejak 22 Oktober 2009, Ir. M. Hatta Rajasa mengatakan pada Bawaslu bahwa pihaknya hadir di Hotel Grand Sahid Jaya, Jalan Jenderal Sudirman Kav. No.86, Jakarta Pusat dalam rangka rapimnas DPP Partai Demokrat (PD) adalah bersifat intern. "Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa mengatakan bahwa pihaknya menghadiri acara rapimnas DPP Partai Demokrat pada tanggal 1 Juni lalu dan melakukan dialog politik dengan bersifat tertutup," papar Nelson Simanjuntak.

Calon wakil presiden (cawapres) yang digadang-gadang oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Golongan Karya (Golkar), serta Partai Bulan Bintang (PBB) bersama calon presiden (capres) yang Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ir. M. Hatta Rajasa dinyatakan tidak bersalah. Namun tvOne dinyatakan bersalah karena telah melanggar undang-undang penyiaran. “Oleh karena itu Bawaslu akan merekomendasikan kasus yang dilakukan tvOne kepada Komisi Penyiaran Indonesia," pungkasnya. (mer/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.994.221 Since: 05.03.13 | 0.2071 sec