Olah Raga

Maria Sharapova Tiga Kali Lolos Final Prancis Terbuka

PARIS-SBN.

Unggulan ketujuh, petenis cantik asal Rusia yang berusia 27 tahun, Maria Yuryevna Sharapova atau lebih dikenal dengan nama Maria Sharapova, berhasil lolos mencapai babak final turnamen tenis Grand Slam Prancis Terbuka 2014.

Maria Sharapova adalah pemegang empat Grand Slam dan ini merupakan untuk ketiga kalinya secara beruntun yang diraih petenis cantik asal Rusia ini sukses menembus final Prancis Terbuka di lapangan tanah liat Roland Garros di lapangan Roland Garros, Paris, Prancis, Kamis (5/6/2014) atau Jumat (6/6/2014) dini hari WIB.

Mantan ratu tenis dunia dari Rusia, Maria Sharapova melenggang ke babak final setelah mengkandaskan impian bintang tenis baru Kanada unggulan ke-18, Eugenie Bouchard, dalam pertarungan tiga set dengan skor 4-6, 7-5, 6-2, pada babak laga semifinal, Kamis (5/6/2014) atau Jumat (6/6/2014) dini hari WIB.

Petenis jelita asal Rusia ini, Maria Sharapova sempat tertinggal terlebih dulu pada set pertama, 4-6. Petenis berusia 27 tahun itu kembali harus melewati jalan yang berat, bertarung untuk bangkit dari kekalahan set pertama. Namun di dua set berikutnya, ia mampu bangkit dan akhirnya berbalik menang, 7-5 dan 6-2, atas unggulan ke-18 itu.

Sebelumnya, mantan ratu tenis dunia dari Rusia, Maria Sharapova mengakhiri sepak terjang si pembunuh raksasa Garbine Muguruza yang memiliki nama panjang Garbiñe Muguruza Blanco dari negeri Matador Spanyol pada babak perempat final dengan skor 1-6, 7-5, 6-1, di Roland Garros, Paris, Prancis, Selasa (3/6/2014).

Sementara itu sebelumnya, petenis asal Kanada, Eugenie Bouchard menaklukkan petenis unggulan ke-14 dari Spanyol, Carla Suarez Navarro dengan skor 7-6 (7-4), 2-6, 7-5 pada babak perempat final lainnya.

Nama Eugenie Bouchard memang baru mencuat akhir tahun lalu setelah WTA atau badan tenis putri dunia menobatkannya sebagai newcomer of the year. Suatu Award yang tidak berlebihan karena Eugenie Bouchard lantas menorehkan rekor sebagai petenis Kanada kedua yang menembus semifinal Grand Slam Australia Terbuka.

Prestasi petenis kelahiran Montreal, Kanada, 20 tahun lalu tersebut pun berlanjut di Grand Slam Prancis Terbuka.

Eugenie Bouchard menjadi yang pertama mengisi slot perempat final setelah pada babak keempat, Eugenie Bouchard menang mudah atas unggulan kedelapan, petenis asal Jerman kelahiran Bremen pada 18 Januari 1988 yang saat ini menduduki ranking dunia nomor 9, Angelique Kerber straight set dengan skor 6-1, 6-2 pada hari Minggu (1/6/2014). Kemenangan Eugenie Bouchard ini menjadi revans atas kekalahannya dari Angelique Kerber di turnamen Grand Slam lainnya, AS Terbuka tahun 2013 lalu. "Saya berharap bisa mengulang capaian Australia Terbuka. Saya terus memperbaiki permainan saya sejak dari Australia dan saat ini saya bisa mengatakan bahwa saya berada pada level yang berbeda," kata Eugenie Bouchard kepada AFP.

Sebelumnya, pada babak ketiga Eugenie Bouchard membungkam perlawanan petenis non unggulan asal Swedia berusia 25 tahun kelahiran Boden pada 17 Agustus 1988 yang pernah menduduki ranking dunia nomor 46 pada 11 Juli 2011 merupakan ranking tertinggi sepanjang karier tenisnya yakni Johanna Larsson dengan skor 7-5, 6-4 pada hari Jumat (30/5/2014).

Dalam laga semifinal, Maria Sharapova kewalahan saat melawan petenis cantik asal Kanada, Eugenie Bouchard. Duel antara Maria Sharapova melawan Eugenie Bouchard berlangsung seru.

Laga ini adalah pertemuan ketiga bagi kedua pemain. Dan pertemuan keduanya adalah yang ketiga kali dengan dua kemenangan diraih Maria Sharapova. Dua pertemuan sebelumnya selalu dimenangi Maria Sharapova dengan dua set langsung.

Kali ini, Eugenie Bouchard menghadirkan tantangan baru. Eugenie Bouchard petenis 20 tahun ini memimpin lebih dulu setelah memenangi set pertama dengan skor 6-4. Maria Sharapova harus kehilangan set pertama dan kalah dengan angka 4-6. Ini adalah kali pertama Eugenie Bouchard mengambil set dari Maria Sharapova.

Pada set kedua permainan berlangsung ketat. Persaingan di set kedua berlangsung berbeda dengan Maria Sharapova memimpin dalam pengumpulan poin. Petenis 27 tahun tersebut mendapat servis ketika unggul 5-4. Namun, petenis berusia 20 tahun ini, Eugenie Bouchard berhasil mematahkan servisnya dan menyamakan kedudukan 5-5.

Maria Sharapova memenangi dua game berikutnya yang memastikannya menutup set kedua dengan 7-5. Maria Sharapova bangkit di set kedua dengan kemenangan 7-5 dalam 59 menit.

Pertandingan berlanjut ke set ketiga.

Maria Sharapova yang unggul pengalaman menguasai set ketiga. Juara Prancis Terbuka 2012 ini unggul cepat 4-1, lalu 5-2, dan akhirnya menutup set dengan 6-2. Maria Sharapova menyudahi set ketiga dengan lebih mudah 6-2. Hasil ini memastikan langkah Maria Sharapova ke final.

Maria Sharapova mengaku beruntung bisa memenangi pertandingan semifinal melawan Eugenie Bouchard. “Saya memenangkan pertandingan dimana saya merasa ketika lawan saya bermain sangat baik dan luar biasa," kata Maria Sharapova. "Laga berjalan begitu luar biasa dan sementara saya tidak merasa menunjukkan dalam penampilan permainan terbaik saya," tambah Maria Sharapova. "Namun saya terus berusaha dan berjuang, bergegas dan akhirnya saya menemukan cara untuk menang," lanjutnya mengenai lawannya yang berusia tujuh tahun lebih muda itu. "Aku senang dan bangga dengan itu," imbuhnya lagi.

Ditambahkannya, pada set ketiga, dirinya bermain sangat agresif. "Aku melangkah dan melakukan apa yang ingin aku lakukan dan mungkin seharusnya aku lakukan sebelumnya," tandasnya.

Ini untuk yang ke-19 kalinya secara beruntun Maria Sharapova yang tidak pernah menyerah itu memenangi pertandingan tiga set di lapangan tanah liat, setelah terakhir kali kalah melawan mantan petenis nomor satu dunia asal Belgia Justine Henin yang pada tahun 2002-2007 dikenal dengan nama Justine Henin-Hardenne di Roland Garros pada 2010. "Saya lebih suka menang dalam dua set, tapi dia memulai pertandingan dengan baik. Berat kehilangan set pertama, tapi itu bukan saat pertandingan berakhir," pungkasnya.

Eugenie Bouchard, yang kini dijuluki "The Next Sharapova" mengaku sedikit gugup menghadapi Maria Sharapova yang menjadi idolanya sejak kecil. "Ketika Anda bermain melawan seorang juara besar, Anda pasti merasakannya. Sering saya tidak menyelesaikan pukulan seperti yang saya inginkan," cetus pemain Kanada berusia 20 tahun, yang gagal dalam upayanya menjadi wanita Kanada pertama yang mencapai final Grand Slam.

Petenis Rusia kelahiran Nyagan pada tanggal 19 April 1987 ini, Maria Sharapova sendiri berhasil menjuarai ajang Prancis Terbuka pada 2012. Tahun lalu, kekasih Grigor Dimitrov ini juga lolos ke final, tetapi ditundukkan petenis negeri Paman Sam, Serena Williams pada laga final turnamen tahun 2013 lalu. Tahun 2013, Maria Sharapova kalah di final dari petenis AS Serena Williams yang sudah tersingkir di babak kedua tahun ini. Petenis asal negeri Matador tersebut, Garbine Muguruza tampil sebagai pembunuh raksasa ketika di babak kedua menjegal unggulan pertama Serena Williams dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS) dengan skor telak 6-2, 6-2 pada Rabu (28/5/2014).

Di babak puncak final nanti pada Sabtu (7/6/2014) mendatang, unggulan ketujuh tersebut, Maria Sharapova sudah ditunggu unggulan keempat, Simona Halep dari Rumania yang melangkah ke final setelah usai mengalahkan Andrea Petkovic dari Jerman dengan skor 6-2, 7-6 (7-4) pada babak semifinal lainnya. (afp/jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.648.086 Since: 05.03.13 | 0.196 sec