Internasional

Raja Juan Carlos Digantikan Felipe De Borbon

Tuesday, 03 Juni 2014 | View : 1784

MADRID-SBN.

Raja Spanyol, Juan Carlos (76 tahun) menyatakan, pada usianya yang ke-74, sudah saatnya dia memberikan ruang yang lebih banyak kepada generasi muda. Bila parlemen setuju, Juan Carlos akan digantikan oleh Putra Mahkota Pangeran Felipe de Borbon (46 tahun), Pangeran Asturias setinggi 1,98 m dan mantan atlet yacht Olimpiade.

Di antara ketiga putra Juan Carlos, Pangeran Felipe de Borbon paling populer dan mendapat banyak dukungan positif rakyat. Bahkan dalam jajak pendapat Januari 2014 lalu, saat Felipe de Borbon merayakan ulang tahun ke-46, popularitasnya mengungguli sang ayah.

Dia mengantongi 66,4 persen citra positif, sementara Juan Carlos hanya 41,3 persen. Pernikahannya dengan Putri Letizia Ortiz yang bukan keturunan bangsawan turut mendongkrak popularitasnya.

Sebagai bungsu dari tiga bersaudara, Pangeran Felipe de Borbon dididik di sekolah ternama di Madrid, sebelum kuliah di Kanada. Dia kembali ke Spanyol untuk mengejar gelar di bidang hukum, sebelum menyelesaikan studinya di Washington. Saat berkuliah di kota itu ia tinggal sekamar dengan Putra Mahkota Pavlos dari Yunani.

Pada usia 18 tahun ia dinobatkan sebagai Putra Mahkota. Namun masalah pasangan hidupnya, yang akan menjadi calon ratu, mengganggu kubu konservatif.

Sebelumnya, Felipe de Borbon terlibat dalam beberapa hubungan asmara. Felipe de Borbon memiliki beberapa teman dekat, namun tak satu pun yang memenuhi syarat.

Isabel Sartorius dianggap pas, namun ibunya kecanduan kokain sehingga menjadi catatan buruk.

Termasuk begitu juga dengan model pakaian dalam asal Norwegia, Eva Sannum, yang dinilai kurang tepat mendampingi sang calon raja.

Pada saat mengunjungi Pantai Galicia di Spanyol utara untuk meninjau dampak lingkungan akibat tenggelamnya kapal tanker minyak Prestige tahun 2002, Felipe de Borbon bertemu dengan Letizia Ortiz, seorang wartawan CNN. Setahun kemudian pasangan ini mengumumkan pertunangan mereka.

Bagi Istana, pertunangan ini bak tamparan. Letizia Ortiz adalah seorang janda dan tidak berasal dari keluarga bangsawan. Letizia Ortiz, janda berusia 41 tahun, adalah warga masyarakat biasa pertama yang masuk ke dalam lingkungan kerajaan Spanyol. “Beberapa bangsawan marah ketika Felipe menikahi Letizia," kata seorang pengamat kerajaan pada majalah Vanity Fair. "Mereka mengolok-olok dirinya di belakang punggungnya, tetapi mereka tidak akan mengatakan secara terbuka," katanya lagi.

Namun Pangeran Felipe de Borbon bertekad menikahi perempuan pilihannya itu. Felipe de Borbon menikahi mantan presenter televisi tersebut, Letizia Ortiz. Pasangan itu menikah dalam upacara agung di Katedral Almudena, Madrid, pada Mei 2004. Pasangan ini memiliki dua anak, Leonor (8) dan Sofia (7). Mereka tinggal di sayap Istana Zarazuela di Madrid.

Kepada Pangeran Felipe de Borbon, rakyat Spanyol berharap banyak. Tidak seperti ayahnya, Pangeran Felipe de Borbon dianggap sebagai suami yang setia dan ayah yang baik.

Dikenal lebih sering tersenyum namun lebih pendiam dibandingkan ayahnya, Felipe de Borbon sudah lama dibanding-bandingkan dengan Juan Carlos. Tetapi beberapa orang mengatakan ia tidak memiliki karisma Raja Juan Carlos. “Karakternya sangat dingin, lebih mirip ibunya," kata Eusebio Val, seorang koresponden untuk La Vanguardia.

Sedangkan Juan Carlos disebut "sangat Spanyol". "Dia suka berbicara dan bercanda, tak seperti Pangeran Felipe. Namun Pangeran Filipe de Borbon jauh lebih profesional dalam memberikan pidato, hal yang tak ditemui pada ayahnya,” sambungnya lagi.

Belum jelas kapan penobatan Pangeran Felipe de Borbon dilakukan. Sesuai dengan konstitusi Spanyol, pengunduran diri Raja dan penobatan Putera Mahkota harus menunggu persetujuan parlemen. (afp/jos)

See Also

Boris Johnson Terpilih Sebagai PM Inggris Baru
Menlu Inggris Ancam Iran
Laut China Selatan Tegang
Presiden AS Pecat Direktur Dinas Rahasia
Kapal China Dekati Pulau Filipina
Thailand Dilanda Badai Pabuk
Warga Kelas Menengah Australia Akan Kian Sulit Dapat Kredit Perumahan
Donald Trump Kunjungi Militer AS Di Irak
Kota Surabaya Raih Guangzhou Awards 2018
Teleskop NASA Temukan 2 Planet Baru
Najib Razak Ditahan SPRM
Mantan PM Malaysia Ditahan
Najib Razak Ditahan KPK Malaysia
Turki Adakan Pemilu Hari Ini
Arab Saudi Resmi Mencabut Larangan Perempuan Menyetir
Gempa Guncang Osaka
Amerika Serikat Keluar Dari Dewan HAM PBB
Suriah Berhasil Usir ISIS
Kementerian Pertanian Cegah Rock Melon Australia Masuk Indonesia
Perwakilan Nahdlatul Ulama Dan Wahid Foundation Temui Dubes Amerika Serikat
Polri Benarkan Penangkapan WNI Isteri Tokoh ISIS Marawi
Sultan Selangor Kecewa Terhadap Mahathir Mohamad Soal Bugis
China Meminjamkan Sepasang Panda Ke Indonesia
Spanyol Buru Sopir Pelaku Teror Di Barcelona
Serangan Teror Di Barcelona
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.590.604 Since: 05.03.13 | 0.1403 sec