Politik

Partai Demokrat Dipastikan Dukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa

DEPOK-SBN.

Partai Demokrat (PD) dipastikan mendukung pasangan calon presiden (capres) yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan calon wakil presiden (cawapres) Hatta Rajasa.

Pendeklarasian dukungan secara resmi akan dilakukan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) yang juga Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Sabtu (31/5/2014).

Hal itu dikatakan Sekretaris DPC Partai Demokrat (PD) Depok, Rintis Yanto, saat ditemui wartawan di Gedung DPRD Depok, Jumat (30/5/2014).

"Sudah menjadi keputusan dewan pimpinan pusat bahwa Partai Demokrat akan memberikan dukungannya kepada pasangan Prabowo dan Hatta sebagai capres dan cawapres dalam pilpres 2014 mendatang," beber Rintis Yanto.

Menurut Rintis Yanto, pendeklarasian dukungan akan dilakukan langsung secara resmi oleh Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga Presiden RI di kediamannya di Cikeas, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/5/2014).

"Direncanakan deklarasi akan dilakukan Sabtu (31/5/2014) oleh Ketua Umum langsung," ungkap Rintis Yanto.

Seperti dikabarkan, ternyata sebenarnya ada dua skenario besar Presiden SBY dan Partai Demokrat (PD) untuk pemilihan presiden (pilpres) 2014. Meski sudah menyatakan akan bersikap netral dalam pilpres 9 Juli 2014 mendatang namun Partai Demokrat (PD) disinyalir memiliki skenario besar.

Mantan Wakil Direktur Eksekutif Partai Demokrat (PD) M. Rahmad mengatakan ada dua skenario yang mungkin akan digencarkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertama,  apabila Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang menang, Partai Demokrat (PD) akan mulus bergabung dalam koalisi meskipun nanti ada penolakan sana sini dari partai pendukung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. “Hubungan dekat SBY-Prabowo dan SBY-Hatta akan memuluskan jalan koalisi," papar M. Rahmad kepada wartawan, Rabu (21/5/2014).

Skenario berikutnya, ucap M. Rahmad yang akan dilakukan Presiden SBY adalah jika duet Jokowi-JK menang, Partai Demokrat (PD) akan memainkan bargaining untuk bergabung dalam koalisi Jokowi-JK. Ingat, pendukung Jokowi-JK tidak dominan di parlemen, sehingga bisa mengganggu program kerja kabinet Jokowi-JK. “Dengan masuknya Partai Demokrat ke Jokowi-JK, program kabinet Jokowi-JK akan aman di parlemen. Sikap netral yang dimainkan PD saat ini mengandung sebuah harapan agar nanti mudah diterima dalam koalisi Jokowi-JK pascapilpres," terang M. Rahmad.

M. Rahmad menjelaskan Presiden SBY tidak menyiapkan Partai Demokrat (PD) sebagai partai oposisi dan mereka tidak siap sebagai oposisi karena memang belum punya pengalaman sebagai oposisi. "Lagipula terlalu riskan bagi SBY menempatkan partainya di garis oposisi. Banyak hal yang perlu diamankan SBY," tutur M. Rahmad. (wk/tri/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.842 Since: 05.03.13 | 0.1897 sec