Ekonomi

Toyota Luncurkan Avanza Tipe Mewah

Friday, 30 Mei 2014 | View : 1816

JAKARTA-SBN.

PT. Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota dan Lexus di Indonesia. PT. Toyota-Astra Motor diresmikan pada tanggal 12 April 1971.

Peranan TAM semula hanya sebagai importir kendaraan Toyota, namun setahun kemudian sudah berfungsi sebagai distributor. Pada tanggal 31 Desember 1989, TAM melakukan merger bersama tiga perusahaan antara lain:

PT. Multi Astra merupakan pabrik perakitan yang didirikan tahun 1973.

PT. Toyota Mobilindo adalah pabrik komponen bodi dan didirikan tahun 1976.

PT. Toyota Engine Indonesia merupakan pabrik mesin, didirikan tahun 1982.

Gabungan merger semuanya diberi nama PT. Toyota-Astra Motor.

Sejak tanggal 15 Juli 2003, TAM direstrukturisasi menjadi 2 perusahaan, yaitu:

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia disingkat TMMIN yang merupakan perakit produk Toyota dan eksportir kendaraan dan suku cadang Toyota. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International 5% dan TMC menjadi 95%.

PT. Toyota-Astra Motor sebagai agen penjualan, importir dan distributor produk Toyota di Indonesia.

TAM merupakan perusahaan joint venture antara PT. Astra International Tbk. Komposisi kepemilikan saham di perusahaan ini adalah Astra International dengan persentase saham 51% dengan persentase saham 51% dan sedangkan, Toyota Motor Corporation (TMC), Jepang dengan persentase saham 49%.

MPV yang merupakan singkatan dari Multi Purpose Vehicle adalah mobil serbaguna yang memiliki tempat duduk untuk 7 orang serta bagasi. Umumnya tempat duduk baris tengah dan belakang pada MPV dapat dilipat atau dilepas agar dapat memuat barang lebih banyak. MPV juga disebut minibus, minivan, people carrier, atau 7-seater.

Segmen mobil keluarga atau MPV merupakan pasar yang sangat menggiurkan para produsen di Tanah Air. Terlebih segmen low MPV.

Pada tahun 2004 adalah peluncuran Toyota Avanza sebagai kendaraan hasil kolaborasi TAM-TMMIN dan PT. Astra Daihatsu Motor.

Setelah sekian lama tidak meluncurkan model terbarunya, akhirnya Toyota Astra Motor (TAM) selaku distributor mobil Toyota mengkonfirmasi bahwa mereka segera meluncurkan varian terbarunya dari keluarga Toyota Avanza yakni Toyota Avanza Luxury 2014 Indonesia  pada Senin (2/6/2014) depan.

Seperti yang kita ketahui bahwa Toyota Avanza saat ini merupakan mobil MPV terlaris di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan. Merasa terganggu dengan penetrasi pasar yang telah dilakukan para pabrikan di segmen low MPV, PT. Toyota Astra Motor (TAM) pun akan melempar Toyota Avanza tipe mewah pada Senin (2/6/2014) depan.

Dan pada peluncuran akan berlokasi di Jakarta tersebut TAM akan memperkenalkan Toyota Avanza Luxury 2014 sebagai mobil MPV mewah andalan.

Peningkatan penjualan yang sangat signifikan pernah dirasakan oleh Suzuki Ertiga selama dua tahun. Bahkan, Suzuki Ertiga sempat menempati peringkat kedua pasar di segmen low MPV ini dengan menyingkirkan Daihatsu Xenia.

Melihat pasar yang menjanjikan ini, PT. Honda Prospect Motor pun selaku distributor mobil Honda di Indonesia hadir dengan model low MPV pertamanya, yakni Honda Mobilio. Honda Mobilio hadir dengan beragam kelebihan dari para pesaingnya. Dengan fasilitas dan fitur yang diklaim 'lebih' ini, Honda Mobilio memukul goyah posisi Suzuki Ertiga. Hanya dalam waktu singkat, Honda Mobilio menggeser Suzuki Ertiga ke posisi ketiga, dan menempati posisi kedua.

Belum lama ini, hadir pendatang baru yang mulai tergiur dengan pasar low MPV tersebut, yaitu Datsun GO+ Panca. Tak tanggung-tanggung, Datsun GO+ Panca yang telah diuji coba para jurnalis ke Cirebon, Jawa Barat pekan lalu ini dibanderol Rp 80 juta-an, jauh dibawah harga low MPV lainnya yang memasang harga dikisaran Rp 100 juta.

Melihat penetrasi pasar yang telah dilakukan para pabrikan lain di segmen low MPV ini, membuat PT. Toyota Astra Motor (TAM) pun mulai merasa terganggu. Beniat mempertahankan posisi sebagai jawara di kelas low MPV ini, pada Senin (2/6/2014) pekan depan, berdasarkan undangan resmi yang dilayangkan ke meja redaksi Otosia, TAM akan meluncurkan Toyota Avanza Luxury.

Memang belum ada informasi detil mengenai Toyota Avanza mewah facelift ini. Sampai saat ini belum ada kabar mengenai apa saja spesifikasi yang akan digunakan dan berapa harga yang akan dibanderolnya nanti. Meskipun demikian menurut informasi yang berkembang saat ini bahwa Toyota Avanza Luxury ini akan mempunyai eksterior dan juga interior yang sangat menawan dan mewah dibandingkan sebelumnya. Namun dari prakiraan redaksi, semua ini dilakukan guna mempertahankan posisi Toyota Avanza di segmen ini.

Sama halnya yang telah dilakukan Honda Mobilio dengan menggelar lomba irit antar pengguna Honda Mobilio beberapa waktu lalu di Sentul Bogor. Dari hasil tersebut telah didapat penggunaan bahan bakar Honda Mobilio mencapai 22,5 Km/liter. (jos)

See Also

Ditunggu Warga, Pensertifikatan Tanah Massal Di TMMD Kalikondang
Bursa Asia Ditutup Bervariasi
Semangat Babinsa Koramil 09/Karangtengah Dampingi Panen Perdana MT I
Kontrol Hasil Panen, Babinsa 03/Wonosalam Lakukan Pengubinan Padi
Bersama Warga, Babinsa 06/Wedung Siap Sukseskan Swasembada Pangan
Mendesa Klaim Bank Dunia Contoh Indonesia Terkait Penganggaran Dana Desa
Mulai Hari Ini Harga Pertamina Dex, Dexlite, Pertamax, Pertalite Turun
Bursa Asia Dan AS Menguat
Menko Maritim Sebut Bandara Kulonprogo Mulai Layani Penerbangan April 2019
Kodim 0716/Demak Buka Stand Pasar Murah
Babinsa Kodim 0716/Demak Perkuat Alsintan Dengan Diklat
Mengoptimalkan LTT Dengan Pemanfaatan Alsintan
Awas Tamu Tak Diundang Di Saat Panen Tiba
Demak Panen Raya Perdana Jagung Hibrida
Dandim 0716/Demak Jamin Demplot Kodim Kualitas Dan Produktivitasnya Panen Bagus
Generasi Muda Didorong Untuk Kreatif
Bursa Nikkei Dibuka Menguat
Menteri Perindustrian Bertemu Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss, Bahas Kerja Sama Dua Negara
Presiden Joko Widodo Terima Kunjungan Menteri Ekonomi Pendidikan Riset Swiss
Babinsa Pendampingan Nyemprot Tanaman Padi
7,23 Juta Wajib Pajak Yang Sudah Lapor SPT
Koperasi Kodim 0716/Demak Ikuti Pasar Murah
Babinsa Koramil 10/Kradenan Bersama Petani Panen Jagung
Babinsa Koramil 05/Cepu Bantu Petani Bajak Sawah
Persit Ranting 9/Kedungtuban Semangati Suami Tanam Padi
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.846 Since: 05.03.13 | 0.1464 sec