Nasional

Prabowo Subianto Terkejut Suryadharma Ali Jadi Tersangka KPK

Friday, 23 Mei 2014 | View : 781

JAKARTA-SBN.

Seperti dikabarkan sebelumnya, lembaga antirasuah yakni Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) disebutkan telah menetapkan Menteri Agama, Suryadharma Ali (SDA) sebagai tersangka. SDA dijerat karena diduga melakukan dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013.

Kabar tersebut, diungkapkan oleh Wakil Ketua KPK M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum. melalui pesan singkatnya kepada wartawan, Kamis (22/5/2014). "Sudah naik penyidikan dengan SDA dkk (dan kawan-kawan) sebagai tersangka," beber Wakil Ketua KPK M. Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum.

Istilah "dan kawan-kawan", kerap dipakai oleh KPK dalam sebuah surat perintah penyidikan. Merujuk hal itu, adalah SDA diduga tidak melakukan korupsi tersebut dengan sendiri, alias bersama-sama.

Namun disinggung siapa pihak lain yang juga dijerat KPK dalam kasus ini, Wakil Ketua KPK tersebut, Busyro Muqoddas belum mau buka suara. Sementara KPK sampai saat ini belum mengumumkan secara resmi penetapan tersangka tersebut.

Terkait hal tersebut, bakal calon presiden (Capres) yang diusung Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengaku terkejut mendengar kabar Menteri Agama (Menag) Suryadharma Ali  (SDA) dijadikan tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan korupsi terkait pengadaan barang dan jasa haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013.

Suryadharma Ali selain menjabat sebagai Menteri Agama, juga berposisi sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang mengusung Prabowo Subianto-Hatta Rajasa sebagai Capres dan Cawapres.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra mengaku prihatin atas penetapan SDA sebagai tersangka oleh KPK. Dia tidak percaya jika SDA sebagai Menag menjadi tersangka dalam kasus pengadaan barang dan jasa haji di Kementerian Agama tahun anggaran 2012-2013. “Terus terang saya terkejut mendengar berita itu (SDA tersangka). Saya secara pribadi, saya tidak percaya bahwa pak Suryadharma Ali itu bersalah," tutur Prabowo Subianto seusai bertemu dengan Hary Tanoesoedibjo di kediaman Hary Tanoesoedibjo, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/5/2014) malam.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu mengaku telah mendapat penjelasan secara langsung dari SDA. Penjelasan itulah yang membuatnya yakin bahwa rekan koalisinya itu tidak bersalah. "Saya sudah mendapatkan penjelasan dari pak SDA tentang masalah yang dituduh. Kita harus hormati proses hukum," pungkasnya.

Mantan Danjen Kopassus itu meminta harus mengedepankan azas praduga tak bersalah terhadap SDA. Menurutnya, Indonesia adalah negara hukum dan biarkan hukum akan menentukan apakah SDA bersalah atau tidak. “Tapi kan negara hukum, kami hormati, ada praduga tak bersalah,” tegas dia.

Prabowo Subianto juga memastikan posisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dalam barisan partai yang mendukungnya di pemilihan presiden (pilpres) 2014 tidak akan terganggu. (mer/jos)

See Also

Seleksi Program Magang Ke Jepang, PPMKP Adakan Pelatihan Petani Muda Di P4S Al Mawaddah
Demi Meriahkan Penutupan TMMD Grup Seni Kentongan Berlatih Hingga Larut Malam
Agar Lebih Dekat Dengan Warga, Satgas TMMD Juga Ikut Ronda Malam
Arswendo Atmowiloto Meninggal Dunia
Ini Talud TMMD Versi Tentara Kodim 0716/Demak
Jalan TMMD Akan Buka Jalur Alternatif Sumberejo
Ketika Para Santri Ikut Bekerja Di Lokasi TMMD
Senang Bisa Bekerja Dengan Pak Tentara
Luangkan Waktu Cek Lokasi TMMD
Terus Didengungkan TMMD Kalikondang Ke Seantero Demak
Tiada Hari Tanpa Sosialisasi TMMD
Progres Pekerjaan Talud TMMD Menggembirakan
Galang Kekuatan Kaum Muda Untuk Sukseskan TMMD Kalikondang
Sortir Material TMMD Dilakukan Sejak Dari Toko
Sudah Tersusun Jadwal Kerja Bhakti Warga Di TMMD
Terima Kasih Sejumlah RTLH Warga Saya Sudah Mulai Dibangun TNI
Terus Dipoles Lapangan Untuk Upacara Pembukaan TMMD
Ajari Anak-Anak Di Desa TMMD Tentang Kebersihan Lingkungan
Permudah Media Akses Berita, Dirikan Posko Penerangan Di Lokasi TMMD
Balai Desa Kalikondang Disiapkan Sebagai Poskotis TMMD Reguler Ke-105
Sosok Tenaga Teknis Yang Akan Menyukseskan TMMD
Maturnuwun Pak Tentara, Jalan Beton Ini Sudah Ditunggu Warga
Excavator Menjadi Pusat Perhatian Anak-Anak Pada TMMD Kodim 0716/Demak
Pedagang Es Tebu Raup Untung, Berkat TMMD
Dibalik Layar TMMD Reg Ke-105 Kodim 0716/Demak
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.542.064 Since: 05.03.13 | 0.1907 sec