Politik

Jusuf Kalla Akan Hadir Di Gedung Joang 45

JAKARTA-SBN.

Teka-teki siapa cawapres pendamping Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ sudah terjawab. Dia adalah Jusuf Kalla atau JK.

Mantan Wakil Presiden RI periode 2004-2009, Jusuf Kalla (JK) dijadwalkan hadir di Gedung Joang, Jakarta Pusat, Senin (19/5/2014). Informasi itu diperoleh dari salah seorang staf atau asisten pribadi Jusuf Kalla, Adam Yadi Suryadi Nur. Di tempat ini, rencananya akan digelar deklarasi pasangan bakal calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ dan bakal calon wakil presidennya (cawapres).  "Iya, pukul 9 di Gedung Joang," kata Adam Yadi Suryadi Nur, melalui pesan singkat, Senin (19/5/2014) pagi.

Di kediamannya, Jusuf Kalla (JK) mengungkap hari ini, Senin (19/5/2014) ia akan menuju Gedung Joang 45, di Jalan Menteng Raya 31, Kelurahan Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat untuk deklarasi pasangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). "Mau ke Gedung Joang," ucap JK di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (19/5/2014).

Hari ini, Senin (19/5/2014) Jusuf Kalla dipastikan akan melakukan deklarasi menjadi calon wakil presiden (cawapres) untuk bakal calon presiden (capres) Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’. JK sudah terlihat siap dengan kemeja putih di rumahnya. "Insya Allah, Insya Allah (siap deklarasi)," kata JK di rumahnya, Brawijaya, Jakarta Selatan, Senin (19/5/2014).

Sebelumnya, dalam wawancara dengan Metro TV, pagi ini, Jusuf Kalla (JK) memberikan isyarat bahwa ia siap jika dipilih sebagai cawapres Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’. "Insya Allah. Pembicaraan-pembicaraan sudah selesai. Untuk bangsa dan negara, kita harus siap," kata Jusuf Kalla saat menjawab pertanyaan apakah sudah final ia menjadi cawapres bagi Jokowi. Lebih jauh, Jusuf Kalla menyatakan menjadi urusan internal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Jusuf Kalla (JK) disebut-sebut sebagai kandidat kuat yang akan dipilih Ir. H. Joko Widodo. Dugaan itu menguat karena Jusuf Kalla dan Jokowi sama-sama mengeluarkan sinyalemen serupa.

Sementara politisi senior Partai Golkar Zainal Bintang mengungkapkan, PDIP sudah resmi mengusung Jusuf Kalla alias JK sebagai cawapres pendamping Jokowi. Hal itu dikatakan Zainal Bintang di sela Rapimnas ke-VI Partai Golkar.

Zainal Bintang menjelaskan, keputusan JK dipasangkan dengan Jokowi oleh PDIP disepakati pada Sabtu (17/5/2014) malam. "Tadi malam sudah oke, jatuhnya oleh JK," beber Zainal Bintang di Jakarta Convention Centre (JCC), Minggu (18/5/2014).

Setelah deklarasi, pasangan capres dan cawapres yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama tiga partai koalisinya, akan menuju kediaman Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat. Di kediaman Megawati Soekarnoputri, seluruh ketua umum partai pendukung akan hadir, yakni Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, dan Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto.

JK mengaku, di Gedung Joang 45, ia bersama Jokowi akan dideklarasikan sebagai pasangan capres-cawapres untuk berlaga pada pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014. Setelah deklarasi, Jokowi-JK bersama parpol pendukungnya akan menuju Gedung KPU untuk mendaftarkan diri sebagai pasangan calon. "Deklarasi capres-cawapres di Gedung Joang, lalu ketemu Ibu Mega, dan mendaftar (ke KPU) bersama ketua umum partai lainnya,” beber JK.

Menurut JK, pembicaraan dirinya dengan PDIP sudah berjalan dan mencapai keputusan final. Disepakati Jokowi dan JK akan maju dalam laga pemilihan umum presiden (Pilpres) 2014. "Dalam pilpres ini masyarakat kan harus diberi keyakinan dan harapan apa yang akan kita buat di masa mendatang," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan, JK sudah bersiap menuju ke rumah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Menteng, Jakarta Pusat. JK tampak berpamitan dengan keluarga di rumah. Mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) disertai sejumlah orang dekatnya sudah meninggalkan kediamannya di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Hingga berita ini diturunkan, suasana di kediaman Megawati Soekarnoputri masih tampak sepi. Sebuah tenda besar dengan ratusan kursi yang telah tersusun rapi. (mettv/tri/tem/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.823 Since: 05.03.13 | 0.1566 sec