Olah Raga

Hancurkan Yangon United 9-2, Persipura Jayapura Ke Perempat Final Piala AFC

Tuesday, 13 Mei 2014 | View : 726

JAYAPURA-SBN.

Hujan gol terjadi di Stadion Mandala, Jayapura, Selasa (13/5/2014) siang ketika tuan rumah Persipura Jayapura menjamu Yangon United FC dari negara Myanmar di babak 16 besar Piala AFC.

Persipura Jayapura tampil luar biasa saat menghempaskan Yangong United FC 9-2 dalam babak 16 besar AFC Cup. Penampilan striker Liberia, Eddie Foday Boakay, mendapat pujian selangit.

Ada 11 gol yang tercipta dalam pertandingan selama 90 menit. Sembilan gol diantaranya tercipta di babak pertama, dan sisanya di babak kedua.

Bintang dari pertandingan ini adalah Eddie Foday Boakay. Eddie Foday Boakay memang menjadi momok tersendiri untuk Yangon United FC, klub sepakbola asal Myanmar tersebut. Bagaimana tidak, lima gol berhasil dicetak oleh penyerang impor milik Persipura Jayapura tersebut. Kontribusinya itu memastikan langkah Persipura Jayapura ke babak perempat final Piala AFC 2014 setelah menggilas dengan skor 9-2 atas Yangon United FC.

Pesta gol tuan rumah Persipura Jayapura di Stadion Mandala Jayapura dilengkapi oleh dua gol Ian Louis Kabes di tambah milik milik Yustinus Pae dan Titus Bonai.

Tampil di depan pendukungnya sendiri, Tim “Mutiara Hitam” tampil menggila.

Baru dua menit pertandingan dimulai, gol sudah tercipta lewat kaki Eddie Foday Boakay. Tujuh menit kemudian giliran Tinus Pae memberikan kontribusi lewat kerja sama apik dengan kapten Boaz Solossa.

Namun Yangon United FC memberikan perlawanan dengan memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 berkat gol yang dicetak Cezar Augusto Hermeneguldo di menit ke-16.

Yangon United FC kemudian mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2 berkat gol yang dicetak Kyaw Ko Ko di menit ke-21.

Skor imbang 2-2 hanya bertahan selama dua menit setelah Eddie Foday Boakay mencetak gol keduanya.

Lima menit kemudian giliran Ian Kabes menyumbang gol untuk menjadikan skor menjadi 4-2.

Dua gol lagi kembali tercipta sebelum jeda dan diborong Eddie Foday Boakay di menit ke-23 dan 41 untuk menjadikan skor menjadi 6-2.

Dominasi Persipura Jayapura di babak pertama tidak lepas dari timpangnya jumlah pemain setelah Yangon United FC harus bermain dengan 10 pemain.

Yangon United FC kehilangan bek Aung Thaik yang mendapat kartu merah di menit ke-26.

Di babak kedua, Persipura Jayapura makin sulit terbendung.

Persipura Jayapura memperbesar keunggulan dengan mencetak tiga gol lagi. Ketiga gol tersebut masing-masing dicetak Ian Louis Kabes di menit ke-53, Titus Bonai di menit ke-57 dan gol kelima Eddie Foday Boakay di menit ke-86.

"Puji Tuhan anak-anak bisa bermain bagus. Terutama aksi gol yang dibuat Boakay. Kami sangat senang bisa lolos ke perempat-final," tutur pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago.

Kemenangan besar ini mengantarkan Persipura Jayapura memecahkan beberapa rekor. Hasil 9-2 ini merupakan kemenangan terbesar di fase knockout AFC Cup, melewati hasil 8-2 yang dibuat klub Vietnam, Binh Duong, saat membantai klub Malaysia, Kedah, pada tahun 2009.

Selain itu, Persipura Jayapura juga menjadi tim kedua yang bisa mencetak sembilan gol di laga AFC Cup setelah Nasaf dari Uzbekistan, yang mengalahkan klub India, Dempo, 9-0 pada tahun 2011 silam.

"Kemenangan ini patut kami banggakan. Ini adalah hasil kerjasama antara pemain, pelatih, manajemen klub, dan semua dukungan orang Papua," lanjut Jacksen F. Tiago, seperti dilansir situs AFC.

Dengan hasil ini, Persipura Jayapura akan melakoni babak delapan besar yang akan memakai sistem home and away. Laga pertama akan digelar pada 19 Agustus 2014, lalu dilanjutkan pada 26 Agustus 2014. Lawan Persipura Jayapura berikutnya baru akan diundi pada 28 Mei 2014.

Susunan Pemain:

Persipura Jayapura Indonesia:

Yoo Jae Hoon (kiper), Bio Paulin, Yohanis Tjoe, Ruben Sanadi, Yustinus Pae, Lim Joon Sik, Gerald Pangkali, Ian Louis Kabes, Imanuel Wanggai, Eddie Foday Boakay, Boaz Solossa (20 Titus Bonai).

Yangon United FC Myanmar:

Pyae Phyo Oo, David Htan, Aleksandar Vasilev, Kyaw Ko Ko, Yazar Win Thein, Cezar Augusto Hermeneguldo, Aung Thike, Khin Maung Lwin (captain), Emerson Luiz, Pyae Phyo Aung (63 Tan Htet Aung), Yan Aung Kyaw. (jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.537.405 Since: 05.03.13 | 0.1388 sec