Politik

15 Artis Huni Senayan

Thursday, 15 Mei 2014 | View : 885

JAKARTA-SBN.

Hasil Pemilihan Umum Legislatif (pileg) 2014 sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan 560 calon jadi anggota legislatif (caleg) DPR RI, Rabu (14/5/2014) malam, yang tinggal menunggu dilantik saja.

Berdasarkan data dari KPU pada Rabu (14/5/2014), di antara para politikus itu, terselip beberapa nama artis yang wajahnya kerap menghiasi layar kaca. Para artis bakal menghiasi gedung parlemen di Senayan, Jakarta.

Bermodalkan kepopuleran dan kemampuan finansial, para artis cukup digdaya menggeser politisi kawakan dan tenar.

Para artis yang bakal menjadi wakil rakyat selama lima tahun ke depan tidak semuanya muka lama (petahana). Ada juga wajah baru yang mencoba peruntungan di dunia politik. Tetapi, tidak semuanya masih malang melintang di dunia hiburan. Ada juga yang sejak lama banting setir menekuni dunia politik dan menjadi kader partai.

Berdasarkan daftar yang disahkan dalam rapat pleno penetapan perolehan kursi calon DPR oleh KPU, setidaknya terdapat 15 nama artis siap duduki kursi DPR RI hingga masa jabatan 2019 nanti.

Berikut adalah nama artis yang maju ke kursi DPR RI yang tersebar di berbagai partai politik maupun daerah pemilihan, contohnya adalah dua kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Rieke Diah Pitaloka dan Junico B.P. Siahaan atau kerap disapa Nico Siahaan.

Artis yang juga aktivis, Rieke Diah Pitaloka meraup suara sebanyak 255.044, sedangkan Nico Siahaan memperoleh 64.980 suara.

Nama Rieke Diah Pitaloka mencuat saat berlakon sebagai Oneng pada tayangan komedi situasi 'Bajaj Bajuri.' Sementara Nico Siahaan mengawali kariernya sebagai pembawa acara.

Dari Partai Demokrat (PD), dua legislatornya yang berlatar belakang artis, yakni Dede Yusuf Macan Effendi atau kerap disapa Dede Yusuf, serta Venna Melinda yang kariernya terbuka kembali lewat ajang Abang None Jakarta 1993 kemudian Puteri Indonesia 1994 itu juga lolos ke Senayan.

Dede Yusuf yang merupakan bintang film tenar pada era 1980-an dan 1990-an berhasil memperoleh suara 142.939. Sementara itu, Venna Melinda yang malang melintang di dunia model dan bintang sinetron yang karier aktingnya dimulai lewat aktingnya dalam film Catatan Si Boy II tersebut meraih 49.383 suara.

Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi satu-satunya partai dengan calon legislatif (caleg) berlatar artis yang lolos menjadi anggota DPR RI, antara lain komedian bersama kelompok lawak patrio dalam acara 'Ngelaba' di Televisi Pendidikan Indonesia, Eko Hendro Purnomo atau yang kerap lebih dikenal dengan nama Eko Patrio dengan 69.301 suara, foto model. Kemudian, pemain sinetron dan penyanyi Lucky Hakim dengan 57.891 suara. Lucky Hakim pernah diutus langsung oleh Ir. Hatta Rajasa dengan dicalonkan sebagai kandidat calon wakil Wali Kota Bekasi dengan berpasangan dengan H. Dadang Mulyadi (DALU) nomor urut 3.

Lalu, aktris film dan pemain sinetron, model, bintang iklan sekaligus penyanyi Hj. Desy Ratnasari, S.Psi., M.Psi. dengan 56.397 suara.

Selanjutnya, jagoan PAN adalah musikus Anang Hermansyah, suami Ashanty dan mantan suami dari penyanyi pop tenar, Krisdayanti tersebut dengan 53.559 suara.

Terakhir calon yang diajukan PAN adalah, foto model dan pemain sinetron Primus Yustisio dengan 45.485 suara. Pada tahun 2008, Primus Yustisio secara mengejutkan menyatakan untuk turut serta dalam pemilihan Bupati Subang periode 2008-2013, sebagai kandidat Bupati berpasangan dengan Agus Nurani dari kalangan independen. Dalam pemilihan 26 Oktober 2008, Primus Yustisio keok.

Dari Partai Gerindra, ada dua kader Partai Gerindra berlatar artis kembali mencicipi kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI adalah pemeran dan model Indonesia Rachel Maryam Sayidina dengan 58.758 suara. Kemudian, penyanyi senior, Jamal Mirdad dengan 39.760 suara. Dan satu mantan pebalap, Moreno Suprapto, caleg Partai Gerindra, Dapil Jawa Timur V dengan 52.921 suara.

Sementara itu, dari Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masing-masing hanya sanggup meloloskan kadernya yang tenar sebagai artis menjadi wakil rakyat.

Seorang pembawa acara televisi terkenal dan ikon musik country di Indonesia, Tantowi Yahya yang mewakili Partai Golongan Karya (Golkar) meraup 45.507 suara.

Dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP), mantan model, peragawati, bintang iklan, dan pemain sinetron Okky Asokawati lolos menjadi wakil rakyat dengan meraup suara 35.727.

Terakhir adalah pembawa acara, model iklan, dan pemain sinetron Krisna Mukti yang mewakili Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan meraup 31.987 suara.

Namun, banyak pihak meragukan sepak terjang para artis dalam mengarungi kejamnya rimba politik Indonesia. Banyak kalangan berharap supaya para artis tidak hanya menjadi pemanis di gedung dewan. Rakyat Indonesia mengharapkan gebrakan dan janji para artis menjadi kenyataan. (mer/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.542.049 Since: 05.03.13 | 0.155 sec