Politik

Fadel Muhammad Dan Surya Paloh Hadiri Deklarasi Koalisi PDIP-NasDem-PKB

Wednesday, 14 Mei 2014 | View : 830

JAKARTA-SBN.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar deklarasi koalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem). Tiga partai ini sepakat mendukung Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ sebagai calon presiden (capres).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) hari ini, Rabu (14/5/2014) menggelar acara deklarasi peresmian koalisi dengan PKB dan Partai NasDem di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Deklarasi koalisi dukung Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ sebagai calon presiden (capres) di pemilu presiden (pilpres) 2014 dilakukan di markas DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Rencananya usai menggelar rapat tertutup, para petinggi partai seperti Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, dan Megawati Soekarnoputri akan memberikan keterangan pers sekitar pukul 13.00 WIB.

Acara sambutan deklarasi Parpol mengusung Ir.H. Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) akan dilakukan sekitar pukul 13.00 WIB. Di depan meja sudah terpajang nama Surya Paloh, Muhaimin Iskandar, Joko Widodo, Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, dan Tjahjo Kumolo untuk memberikan keterangan pers terkait koalisi ini.

Acara dipandu oleh Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, dimulai sekitar pukul 14.00 WIB.

Di awal acara, Tjahjo Kumolo memperkenalkan para elite politik lintas partai yang tergabung dalam koalisi.

Suasana deklarasi sempat cair saat Tjahjo Kumolo menyebut Ketum PKB Muhaimin Iskandar dengan sebutan kyai dan gus. "Yang saya hormati Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang saya hormati Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, yang Saya hormati Kyai Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB," kata Tjahjo Kumolo disambut tawa dan tepuk tangan elite politik dan wartawan yang ada di lokasi, Rabu (14/5/2014).

Usai memperkenalkan para elite politik dari tiga parpol koalisi; PDIP, Partai NasDem dan PKB, acara disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Selain menyebut nama Muhaimin Iskandar dengan sebutan kyai, Tjahjo Kumolo pun sempat memanggil Muhaimin Iskandar dengan sebutan Gus Muhaimin. "Saya persilakan, Gus Muhaimin untuk memberikan sambutan, masih muda tapi sudah memimpin partai. Mohon izin saya merangkap MC karena MC-nya belum datang," ucap Tjahjo Kumolo.

Dalam deklarasi di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan pada Rabu (14/5/2014), Tjahjo Kumolo di kantor DPP PDIP menyampaikan, bahwa penunjukan Jokowi yang dimandatkan Megawati Soekarnoputri untuk menjalankan Trisakti. "Mandat Ibu Megawati telah memberikan kepada Jokowi untuk mengemban kepimpinan bangsa, dan Jokowi adalah orang yang benar, sabar dan tegar," katanya.

Peningkatan pembangunan bangsa pada Trisakti, sangat cocok dengan restorasi Partai NasDem. Dari berbagai komunikasi, sekaligus dengan pengurus PKB, ahirnya memiliki komitmen untuk memperkuat pemerintahan untuk mendukung Jokowi.

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh menghadiri deklarasi koalisi PDI Perjuangan dengan NasDem bersama PKB untuk mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden (capres) di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014). “Silaturahmi, silaturahmi, silaturahmi saja," ujar Surya Paloh di kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Surya Paloh tiba di lokasi sekitar pukul 13.10 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan bercelana panjang hitam ditemani beberapa pengurus DPP NasDem.

Sekjen PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengatakan siang ini masing-masing Ketua Umum Partai NasDem dan PKB akan mendeklarasikan dukungan secara resmi kepada pencalonan Joko Widodo sebagai presiden yang akan bertarung dalam pemilihan umum presiden (Pilpres) 9 Juli 2014 mendatang.

"Siang ini masing-masing ketum Partai NasDem dan PKB akan mendeklarasikan dukungannya kepada PDIP secara resmi," ungkap dia.

Pemilik MetroTV ini mengatakan PDIP sudah memutuskan agar seluruh mesin partai untuk bergerak dan bertanggung jawab terhadap kinerja di wilayah masing-masing.

"Seluruh caleg, fraksi di DPR dan DPRD, serta kepala daerah untuk memenangkan Jokowi serta mempersiapkan agenda-agenda yang belum dikunjungi capres PDI Perjuangan itu," tambah dia.

Selain dengan PKB dan Partai NasDem, PDIP juga terus melakukan komunikasi politik dengan Partai Golongan Karya (Golkar). Sebelumnya, Jokowi dan Aburizal Bakrie alias Ical juga sudah bertemu di Pasar Gembrong, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Ada tamu mengejutkan dalam acara deklarasi koalisi PDIP-NasDem-PKB. Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Golongan Karya (Golkar) Fadel Muhammad datang ke acara yang berlokasi di kantor DPP PDIP itu.

Fadel Muhammad datang ke kantor DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (14/5/2014), sekitar pukul 13.20 WIB. Dia mengenakan kemeja batik coklat lengan panjang.
"Kita mau lihat, kita buka semua kemungkinan komunikasi karena suasana masih cair," kata Fadel Muhammad saat ditanya alasan kedatangannya.

Fadel Muhammad mengatakan saat ini calon presiden (capres) Partai Golkar tetap Aburizal Bakrie alias Ical. Namun status itu bisa berubah di Rapimnas Golkar yang akan digelar pada 18 Mei bulan ini. "Nanti dalam Rapimnas akan diputuskan sesuatu," jelasnya.

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini mengaku datang atas nama partai. Partai Golongan Karya (Golkar) dan Aburizal Bakrie alias Ical mengetahui kedatangannya. "Partai tahu," tuturnya. (mer/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.537.425 Since: 05.03.13 | 0.1447 sec