Politik

Jokowi Beri Sinyal Cawapres Berasal Dari Luar Jawa

Wednesday, 07 Mei 2014 | View : 560

JAKARTA-SBN.

Bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga mantan Wali Kota Solo ini, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ mengungkapkan ciri-ciri calon wakil presiden (wapres) untuk mendampinginya dalam pemilihan presiden mendatang. Mantan Wali Kota Surakarta tersebut mengaku sudah memutuskan siapa pendampingnya dalam pemilihan umum pada 9 Juli mendatang. Bakal calon presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’, mengindikasikan bahwa calon wakil presiden yang akan dipilihnya berasal dari luar Jawa.

Ketika ditanya siapa calon pendampingnya, awalnya Jokowi balik bertanya kepada para wartawan. Lalu, wartawan menegaskan lagi apakah calon pasangannya berasal dari luar Jawa, ia kembali bertanya di Hotel Oasis, Rabu (7/5/2014), "Saya dari mana?" Kemudian para wartawan menjawab lagi, "Dari Jawa." Jokowi kemudian berkata lagi usai pertemuan dengan duta-duta besar kawasan Amerika di Jalan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Selasa (6/5/2014), "Berarti dari luar (Jawa)."

Namun, Jokowi menegaskan saat ini dirinya tidak melihat asal usul cawapres tersebut. Setelah itu, Jokowi menjelaskan keputusan mengenai cawapres tidak sepenuhnya karena faktor Jawa atau luar Jawa, muda atau tua.

Menurut Jokowi, yang terpenting adalah mampu membuat perubahan ke depannya. "Meski begitu, terus terang kita sebetulnya tidak berpikir lagi, ini dari luar Jawa atau Jawa, tua atau muda, laki-laki atau perempuan tetapi kita tidak mikirkan itu," terang Jokowi yang terpilih sebagai Wali Kota terbaik ketiga sedunia dalam pemilihan World Mayor Project 2012. Di atas Jokowi, Wali Kota terbaik sedunia 2012 adalah Wali Kota Bilbao dari negara Matador, Spanyol, Inaki Azkuna. Sedangkan, Wali Kota Perth dari negara bagian Western Australia (WA), Lisa Scaffidi berada pada peringkat kedua.

Mantan wali kota Solo ini hanya tertawa saat para awak media menyebut nama mantan wakil presiden (wapres) Jusuf Kalla yang bakal mendampingi Jokowi dalam pilpres mendatang. "Ha ha ha. Mbok yang sabar," pungkas dia.

Sebagai informasi, nama Jusuf Kalla digadang-gadang bakal mendampingi Jokowi dalam pemilihan presiden mendatang. JK juga pengusaha asal Sulawesi Selatan yang notabene merupakan daerah di luar pulau Jawa.

Gubernur DKI Jakarta tersebut, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ menyebutkan calon wakil presiden (cawapres) telah diputuskan dan segera dideklarasikan. Gubernur DKI Jakarta ini menyebut deklarasi sekitar antara tanggal 9-14 Mei. Terdiam selama beberapa detik, Jokowi mengatakan, "Pengumuman antara 9-14 Mei."

Calon wakil presiden (cawapres) yang berasal dari luar Pulau Jawa sedikitnya ada tiga orang. Cawapres yang sering disebut-sebut itu adalah Abraham Samad dan Jusuf Kalla dari Sulawesi Selatan serta Ryamizard Ryacudu dari Palembang. (tem/mer/jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.537.488 Since: 05.03.13 | 0.1423 sec