Politik

Kemendagri: Perppu Perpanjangan Penetapan Hasil Pileg Maksimal Tiga Hari

Thursday, 08 Mei 2014 | View : 557
Tags : Bawaslu, Kpu, Pemilu

JAKARTA-SBN.

Direktur Jenderal (Dirjen) Kesatuan Bangsa Politik (Kesbangpol) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Tanri Bali Lamo, mengaku sudah bertemu dengan Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan. Pertemuan tersebut untuk membahas draf Perppu tentang Pemilu Presiden (pilpres) dan penetapan hasil Pemilu Legislatif (pileg).

"Tapi kita tidak membahas detail soal penetapan hasil pileg dan kemungkinan terbitnya Perppu. Sebab KPU merasa yakin dapat menyelesaikan rekapitulasi nasional pada Jumat (9/5/2014) besok," ungkap Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Tanri Bali Lamo, Kamis (8/5/2014).

Menurut Dirjen Kesbangpol Kemendagri, Tanri Bali Lamo, kalaupun Perppu terkait perpanjangan waktu untuk penetapan hasil Pemilu Legislatif 2014, paling mungkin sampai dua atau tiga hari, terhitung setelah 9 Mei atau 30 hari seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang No 8 Tahun 2012 tentang Pemilu Legislatif (pileg).

Pihaknya memberikan tambahan waktu sekitar dua sampai tiga hari bukan tanpa alasan. Menurut hasil analisis Kemendagri, bahwa tambahan waktu ini hanya dua sampai tiga hari, agar tidak mengganggu tahapan pemilu presiden ke depan.

Kemendagri bersifat pasif, dan berharap KPU bisa menyelesaikan rekapitulasi perolehan suara nasional dan menetapkan hasilnya Jumat pekan ini. Kalaupun KPU membutuhkan Perppu, diharapkan tidak mendekati batas akhir pukul 00.00 WIB Sabtu (10/5/2014).

"Sebenarnya kami tak ingin terbit perppu, karena khawatir akan berdampak pada mundurnya jadwal pilpres. Belum lagi nanti masa persidangan di MK atas sengketa pileg, kalau penetapan mundur, semua akan mundur,” tutur Kepala Biro Hukum Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hadar Nafis Gumay, menjelaskan memang pada Rabu (7/5/2014), pemerintah menawarkan dua draf Perppu, pertama terkait perpanjangan tahapan rekapitulasi dan penetapan perolehan suara Pemilu Legislatif (pileg) dan Pemilu Presiden (pilpres) 2014.

"Kemarin memang kami dikontak oleh Kementerian Dalam Negeri, tetapi kurang lebih kami berpandangan di sisa waktu ini kami bisa menyelesaikannya," jelas Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay kepada wartawan di sela rapat pleno terbuka di Gedung KPU, Jakarta, Kamis (8/5/2014) sore.

Dari dua draf Perppu yang ditawarkan tersebut, KPU menolak terkait pemilu legislatif (Pileg). Menyusul keyakinan KPU masih tebal bahwa di sisa hari sampai penetapan hasil pemilu legislatif (pileg) pada hari Jumat, 9 Mei 2014, tinggal tersisa 11 provinsi saja. Hanya memang, KPU telah sampaikan sejumlah hal yang perlu diperbaiki dari draf Perppu pilpres.

KPU sudah mengusulkan untuk perbaikan sejumlah isi draf Perppu pemilihan umum presiden (pilpres) menyoal pemungutan suara awal untuk pemilih di luar negeri. Hal tersebut tak diatur dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden. Sementara pemungutan suara awal di luar negeri sudah diatur dalam UU No.8 Tahun 2014 tentang Pemilu Legislatif (pileg). (tri)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.864 Since: 05.03.13 | 0.1508 sec