Olah Raga

Carlos Berlocq Juara Portugal Terbuka

Sunday, 04 Mei 2014 | View : 689

OEIRAS-SBN.

Petenis Argentina, Carlos Alberto Berlocq atau lebih dikenal dengan nama Carlos Berlocq, secara mengejutkan berhasil menghempaskan unggulan teratas, Tomas Berdych dari Republik Ceko, di laga terakhir pada final Portugal Terbuka 2014 yang berlangsung di Estadio Nacional, Oeiras, Portugal, Minggu (4/5/2014) waktu setempat. “Ini sangat kuat, sangat indah perasaan (bisa menang di sini)," kata petenis 31 tahun itu, dikutip laman ATP. "Itu adalah pertandingan yang sangat istimewa bagi saya. Saya tidak memiliki tekanan untuk menang dan itu bukan budaya saya untuk menyesuaikan diri dengan pengharapan,” tutur dia lagi.

Pada turnamen ATP Oeiras 2014 tersebut, Carlos Berlocq, yang menghuni peringkat 62 dunia, berhasil bangkit dari ketertinggalan setelah kalah telak di set pertama untuk membalikkan keadaan menjadi 0-6, 7-5, 6-1 ketika bermain selama sekitar dua jam 10 menit dengan petenis nomor enam dunia, Tomas Berdych.

Unggulan pertama, Tomas Berdych dipaksa untuk mengakui keunggulan Carlos Berlocq 0-6, 7-5, 6-1 pada pertandingan final Portugal Terbuka 2014 yang berlangsung di Estadio Nacional, Oeiras, Portugal, Minggu  (4/5/2014) waktu setempat dan Carlos Berlocq menjadi juara turnamen tenis Portugal Terbuka, gelar kedua sepanjang kariernya. Bagi Carlos Berlocq, gelar juara di Oeiras menjadi trofi kedua selama karirnya di dunia tenis profesional. Sebelumnya, dia pernah menjadi juara di turnamen lapangan   tanah liat Swedia Terbuka tahun 2013 lalu.

Petenis Argentina itu meraih kemenangan dalam laga yang berlangsung selama dua tahun setelah mengkonversikan tujuh dari 10 kesempatan break pointnya. “Saya merasa sangat bahagia. Ini adalah laga yang istimewa untuk saya," ujar Carlos Berlocq.

Carlos Berlocq tampaknya menemukan sejumlah keberuntungan di Estadio Nacional, Oeiras, Portugal. Setelah menyingkirkan petenis nomor 9 dunia, Milos  Raonic, di perempat final, Carlos Berlocq sukses menjungkalkan petenis peringkat 6 dunia, Tomas Berdych, di laga pamungkas. “Bisa memenangkan gelar, dan melawan pemain 10 besar dunia, membawa manfaat ganda. Bisa menutup pertandingan dengan cara yang saya lakukan adalah sangat mengharukan," pungkas petenis asal Argentina. "Meraih gelar juara dengan mengalahkan petenis 10 besar dunia membuat raihan ini terasa lebih istimewa," imbuhnya.

Carlos Berlocq bangga bisa mengikuti jejak petenis Argentina lainnya yang menjadi juara di ajang Portugal Terbuka 2014. Berkat kemenangan itu, pemain berusia 31 tahun itu pun mengikuti jejak beberapa petenis Argentina yang juga angkat trofi di Oeiras, seperti Juan Martin del Potro (2011 & 2012), David Nalbandian (2002 & 2006), Gaston Gaudio (2005), dan Juan Ignacio Chela (2004). “Ini sangat bagus untuk mengetahui Nalbandian, Del Potro, dan Gaudio memenangkan gelar ini dan bahwa saya bergabung dengan daftar ini," tukas petenis peringkat 62 dunia itu, dikutip laman ATP. "Ini sangat istimewa bagi saya bisa bersama pemain yang begitu hebat,” tambah dia lagi.

Mengenai laga melawan Tomas Berdych, Carlos Berlocq menuturkan jika dirinya mengubah strategi permainannya di set kedua, dan itu menjadi momentum kemenangannya. Kemenangan yang direbut Carlos Berlocq di turnamen lapangan tanah liat Portugal Terbuka 2014, membuat petenis nomor 62 dunia itu  kembali ke posisi 50 besar. “Pada set kedua, ketika saya mengubah taktik saya, saya melihat bola lebih baik, melakukan sedikit kesalahan dan itu membuka pintu,” terang Carlos Berlocq, yang akan  naik ke posisi 50 besar berkat kemenangan di Oeiras ini.

Petenis nomor 6 dunia, Tomas Berdych, mengakui jika Carlos Berlocq merupakan pemain yang bisa cepat beradaptasi dalam sebuah  pertandingan.

Meski sempat dengan mudah mengambil set pembuka dengan skor mencolok 6-0, Tomas Berdych terkejut dengan perubahan permainan yang diperlihatkan Carlos Berlocq di  set kedua. "Set pertama tampak mudah, tapi tidak menunjukkan apa yang sedang terjadi," tegas Tomas Berdych. "Carlos adalah seorang pejuang hebat dan dia benar-benar mengubah permainan, menemukan cara untuk menang," imbuh petenis asal Republik Ceko itu.

Kendati gagal meraih gelar juara, pemain 28 tahun itu, Tomas Berdych berhasil menjadi pemain Republik Ceko kedua yang berhasil menembus final Portugal Terbuka.

21 tahun lalu,  Karel Novacek menjadi pemain Republik Ceko pertama dan terakhir yang berhasil mencapai final pada tahun 1991 dan tahun 1993. Dengan kata lain, selama 25 tahun berlangsungnya  Portugal Terbuka, baru tiga kali Republik Ceko berada di laga terakhir.

Petenis asal Republic Ceko, Tomas Berdych, memastikan satu tempat di perempat final turnamen Portugal Terbuka, setelah menghajar petenis India, Somdev Devverman, dengan 6-3 dan 6-2 pada Kamis (1/5/2014). Petenis yang turun sebagai unggulan pertama dalam turnamen ini hanya membutuhkan waktu 75 menit untuk menyudahi pertandingan. Di ajang pertamanya setelah kandas di putaran ketiga Monte Carlo bulan lalu, Tomas Berdych membuat enam aces dan tiga break service. Tomas Berdych tampil setelah mendapatkan wildcard. “Saya menampilkan pertandingan yang sulit, tapi saya rasa ini masih di panggung awal turnamen. Saya ingin menampilkan beberapa pertandingan lagi untuk siap menghadapi turnamen besar yang tengah menanti,” papar Tomas Berdych merujuk kepada Prancis Terbuka.

Selanjutnya, petenis peringkat 6 dunia ini akan berhadapan dengan petenis Argentina, Leonardo Mayar, untuk memperebutkan satu tempat di semifinal. Hasilnya, unggulan pertama, Tomas Berdych asal Republik Ceko sukses mengalahkan Leonardo Mayer dari Argentina dengan skor 3-6 6-4 6-4 pada pertandingan perempat final putra turnamen tenis Portugal Terbuka yang berlangsung Jumat (2/5/2014) malam waktu setempat.

Di pertandingan lainnya, petenis Kanada, Milos Raonic, memastikan diri tampil di delapan besar usai menekuk petenis Uruguay, Pablo Cuevas, dengan skor 6-3 dan 6-2. Milos Raonic tidak memberikan satu kesempatan pun bagi lawannya yang hanya berperingkat 161 dunia itu melakukan break point. Milos Raonic menciptakan enam aces dan hanya kehilangan 11 service point, lima di antaranya akibat double fault. “Saya sangat senang hasil ini. Ini adalah pertandingan pertama saya di sini. Terkadang, sulit mencari momentum, tapi secara keseluruhan saya berhasil mengatasinya. Tujuan saya tahun ini adalah mendapatkan hasil yang lebih baik di turnamen tanah liat daripada tahun sebelumnya,” urai Milos Raonic.

Selanjutnya, petenis peringkat 9 dunia itu, Milos Raonic berhadapan dengan petenis Argentina, Carlos Berlocq. Carlos Berlocq menundukkan unggulan kedua turnamen tersebut, petenis asal Kanada, Milos Raonic dengan skor 7-5, 6-4 pada pertandingan perempat final putra turnamen tenis Portugal Terbuka yang berlangsung Jumat (2/5/2014) malam waktu setempat. Itu merupakan kemenangan pertama Carlos Berlocq atas petenis peringkat 10 besar dunia. Dua hari kemudian dia menumbangkan Tomas Berdych.

Pertandingan lainnya, petenis asal Rumania, Victor Hanescu mengalahkan petenis tuan rumah, Gastao Elias asal Portugal dengan skor 6-1, 7-5 pada pertandingan perempat final putra turnamen tenis Portugal Terbuka yang berlangsung Jumat (2/5/2014) malam waktu setempat. Di nomor tunggal putra ini, jagoan Republik Ceko, Tomas Berdych berpeluang menggondol titel tanah liat pertamanya dari lima tahun terakhir setelah sukses merebut tiket ke final. Tomas Berdych menang 6-2, 6-2 atas petenis Rumania, Victor Hanescu di babak empat besar dan akan bertarung memperebutkan gelar juara menghadapi Carlos Berlocq dari Argentina.

Sementara itu, petenis asal negeri matador, Spanyol, Daniel Gimeno-Traver secara mengejutkan mengkandaskan impian rekan senegaranya Marcel Granollers asal Spanyol dengan skor 6-1, 6-2 pada pertandingan perempat final putra turnamen tenis Portugal Terbuka yang berlangsung Jumat (2/5/2014) malam waktu setempat. Pada duel laga semifinal, petenis Argentina, Carlos Berlocq membungkam petenis Spanyol, Daniel Gimeno-Traver dengan skor 7-6 (8-6), 6-2 pada hari Sabtu (3/5/2014). (afp/reuters/jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.542.078 Since: 05.03.13 | 0.1817 sec