Olah Raga

Marc Marquez Rajai Sirkuit Jerez MotoGP Spanyol

Sunday, 04 Mei 2014 | View : 1137

JEREZ-SBN.

Juara bertahan baby aliens, Marc Marquez sulit dibendung. Pebalap tim Repsol Honda asal Negeri Matador, Spanyol, Marc Marquez akhirnya berhasil kembali mengakhiri MotoGP Spanyol dan memastikan menjadi yang di posisi terdepan di balapan seri keempat MotoGP musim ini, Minggu (4/5/2014) waktu setempat, di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Spanyol.

Marc Marquez kembali menjadi yang tercepat pada MotoGP Spanyol untuk keempat kalinya berturut-turut memenangi balapan pada awal musim 2014 dalam lomba MotoGP Spanyol yang berlangsung di sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (4/5/2014) malam WIB.

Marc Marquez menutup 27 putaran MotoGP Spanyol, Minggu (4/5/2014), dengan finis pertama.

Prediksi Marc Marquez bahwa balapan akan berlangsung sengit, hanya terjadi pada awal putaran kesatu dan kedua.

Pebalap Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa melakukan start dengan kurang baik dari posisi dua dan tiga. Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa sempat merosot beberapa posisi.

Usai start yang terlihat tak begitu baik, Marc Marquez tak lama segera didahului oleh Valentino Rossi yang start dari posisi keempat. Dari posisi start keempat, Valentino Rossi melesat cepat dan sempat memimpin pada putaran pertama.

Selama beberapa tikungan dan di lap-lap awal kemudian, Marc Marquez dan Valentino Rossi beberapa kali saling mendahului. Marc Marquez melewati Rossi pada tikungan terakhir untuk mengambil alih pimpinan pada akhir putaran pertama. Valentino Rossi tertahan di posisi dua diikuti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Selebihnya, Marc Marquez kembali mendominasi balapan. Marc Marquez yang start paling depan akhirnya berhasil mengamankan posisinya itu sejak lomba dimulai. Pada putaran-putaran berikutnya, Marc Marquez semakin jauh meninggalkan ketiga pesaingnya tersebut. Sejak itu, Marc Marquez tidak bisa dikejar lawan-lawannya hingga tampil sebagai pebalap tercepat dengan catatan waktu 45 menit 24,134 detik.

Namun kemudian sejak lap ke-5, Marc Marquez melejit ke depan, lantas perlahan melaju makin jauh sampai memastikan finish terdepan. Pada akhir putaran kelima, pebalap 21 tahun ini 1,4 detik lebih cepat dari Valentino Rossi.

Sementara itu, rider Ducati, Cal Crutchlow, yang membalap dengan tangan belum pulih sempurna pascacedera, tak bisa melanjutkan balapan karena masalah mesin.

Satu putaran berikutnya, Andrea Iannone yang mewakili Pramac Racing terjatuh. Namun, pebalap Italia ini masih bisa melanjutkan balapan.

Memasuki putaran ke-10, Marc Marquez sudah unggul 2,9 detik dari rombongan kedua. Tiga putaran berikutnya baby aliens ini memperlebar jarak hingga 3,6 detik. Lima lap selanjutnya, dia unggul 4,8 detik dari Valentino Rossi yang mulai meninggalkan Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa.

Pertarungan sengit terjadi justru untuk memperebutkan juara kedua dan ketiga. Empat pebalap, Valentino Rossi, Jorge Lorenso, dan Dani Pedrosa terus saling mengintip di hampir sepanjang putaran.

Ketika balapan tinggal tersisa sembilan putaran, pebalap Repsol Honda asal Spanyol, Dani Pedrosa berusaha menyalip sesama rekan senegaranya, pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenso.

Tujuh putaran sebelum balapan berakhir, Dani Pedrosa berhasil melewati Jorge Lorenzo untuk mendapatkan posisi tiga. Dani Pedrosa meninggalkan Jorge Lorenzo dan kini mengejar Valentino Rossi untuk mewujudkan finis satu dua berikutnya bagi Repsol Honda.

Pebalap Repsol Honda tersebut, Dani Pedrosa menghadirkan tekanan hingga putaran terakhir, tetapi Valentino Rossi berhasil mempertahankan posisinya hingga balapan berakhir. Finis kedua ini menyamai prestasinya pada seri pembuka di Qatar, Maret lalu. Di depan, Marc Marquez tak terkejar dan akhirnya menutup balapan ke-100-nya dengan menjadi juara di Sirkuit Jerez untuk kali pertama. Marc Marquez juga menyamai prestasi pebalap asal negeri Kanguru, Australia, Mick Doohan pada 1992, yakni memenangi empat seri pembuka dalam satu musim.

Menuntaskan 27 lap, Marc Marquez melaju nyaris sendirian di sebagian besar balapan, dengan jarak bahkan mencapai sekitar 4 detik di depan Valentino Rossi dari tim Movistar Yamaha yang akhirnya masuk di urutan kedua. Posisi kedua diduduki pebalap Movistar Yamaha MotoGP asal Italia, Valentino Rossi disusul kemudian posisi ketiga yang direbut oleh rekan Marc Marquez, pebalap Spanyol Dani Pedrosa asal Repsol Honda juga.

Sementara itu rekan Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, harus puas masuk di urutan keempat dengan jarak agak jauh, disusul kemudian dari jarak yang juga jauh oleh pebalap Ducati Andrea Dovizioso. Jorge Lorenzo sendiri sebenarnya sempat menduduki posisi kedua, setelah juga start dari posisi kedua dalam balapan ini.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso memenangi pertarungan sengitnya untuk menduduki urutan kelima setelah mengalahkan pebalap GO&FUN Honda Gresini, Alvaro Bautista dan pebalap NGM Forward Racing, Aleix Espargaro serta pebalap Monster Yamaha Tech 2, Bradley Smith pada lap terakhir.

Sebelumnya, para pembalap sedang menjajal lintasan dalam latihan bebas sesi pertama lomba MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez, Jerez de la Frontera, Jumat (2/5/2014). Marc Marquez telah menyapu bersih sesi kualifikasi MotoGP 2014. Ia melakukannya dengan membuat torehan waktu yang sekaligus mematahkan rekor lap yang sebelumnya dipegang oleh pebalap Movistar Yamaha Jorge Lorenzo yang dalam balapan ini gagal naik podium. Pebalap Repsol Honda tersebut, Marc Marquez menjadi pebalap tercepat dalam sesi latihan bebas kedua MotoGP Spanyol. Juara dunia penunggang Honda itu mengalahkan pebalap NGM Forward Racing, Aleix Espargaro yang menguasai latihan bebas sebelumnya.

Kemenangan ini sekaligus memperpanjang dominasi Marc Marquez dengan empat kemenangan beruntun dari empat balapan musim ini. Seperti dikutip motogp.com, pebalap berusia 21 tahun itu akan mendominasi musim 2014 karena, pada seri sebelumnya Marc Marquez menguasai seri pembuka MotoGP Qatar, MotoGP Amerika Serikat, dan MotoGP Argentina.

Ini adalah gelar keempat pebalap Repsol Honda tersebut musim ini, dan yang pertama di Sirkuit Jerez sepanjang karier. Gelar juara untuk keempat kalinya ini menunjukkan pebalap asal Spanyol tersebut masih mendominasi sepanjang awal musim ini.

Bagi Marc Marquez, kemenangan ini terasa sangat spesial karena ia belum pernah menang di Sirkuit Jerez ini. Pada musim perdananya di MotoGP tahun lalu, juara dunia bertahan dari tim Repsol Honda itu hanya mampu finis di tempat kedua setelah Dani Pedrosa. “Ini adalah satu-satunya sirkuit yang belum pernah saya taklukkan. Saya belum pernah menang di sini, jadi kemenangan ini terasa spesial buat saya," tutur Marc Marquez.

"Saya tidak pernah berharap pertarungan berjalan seperti tadi. Saya sempat berpikir Rossi, Pedroda, atau Lorenzo akan tampil lebih baik dari saya," lanjut Marc Marquez.

Kemenangan di Jerez ini menjadi kemenangan ke-10 Marc Marquez sepanjang berkarier di pentas MotoGP. Kemenangan perdanaya ia raih di GP Americas tahun lalu.

Hasil kemenangan ini memastikan Marc Marquez kian kuat di puncak klasemen sementara musim balapan tahun ini, dengan Dani Pedrosa yang juga ikut naik podium kali ini masih berada di urutan kedua. Valentino Rossi sendiri sejauh ini juga masih berada di posisi ketiga klasemen pebalap.

Lomba MotoGP berikutnya akan digelar di Sirkuit Le Mans, Prancis pada 18 Mei 2014. Sirkuit Le Mans memiliki panjang 4,185 meter dengan lebar 13 meter. Sirkuit yang dibangun pada 1965 ini direnovasi pada tahun 2008 silam itu memiliki empat tikungan kiri dan sembilan tikungan kanan.

Hasil balapan MotoGP Spanyol:

1. MARQUEZ M, Repsol Honda, 27 lap.

2. ROSSI V, Movistar Yamaha, +1.431.

3. PEDROSA D, Repsol Honda, +1.529.

4. LORENZO J, Movistar Yamaha, +8.541.

5. DOVIZIOSO A, Ducati, +27.494.

6. BAUTISTA A, GO&FUN Honda Gresini, +27.606.

7. ESPARGARO A, NGM Forward Racing, +27.917.

8. SMITH B, Monster Yamaha Tech 3, +27.947.

9. ESPARGARO P, Monster Yamaha Tech 3, +29.419.

10. BRADL S, LCR Honda, +32.872.

Pos. Rider Bike Nation Points
1 Marc MARQUEZ Honda SPA 100
2 Dani PEDROSA Honda SPA 72
3 Valentino ROSSI Yamaha ITA 61
4 Andrea DOVIZIOSO Ducati ITA 45
5 Jorge LORENZO Yamaha SPA 35
6 Stefan BRADL Honda GER 30
7 Aleix ESPARGARO Forward Yamaha SPA 30
8 Bradley SMITH Yamaha GBR 28
9 Andrea IANNONE Ducati ITA 25
10 Pol ESPARGARO Yamaha SPA 25
11 Nicky HAYDEN Honda USA 23
12 Hiroshi AOYAMA Honda JPN 19
13 Scott REDDING Honda GBR 14
14 Yonny HERNANDEZ Ducati COL 13
15 Alvaro BAUTISTA Honda SPA 10
16 Cal CRUTCHLOW Ducati GBR 10
17 Karel ABRAHAM Honda CZE 8
18 Colin EDWARDS Forward Yamaha USA 7
19 Danilo PETRUCCI ART ITA 2
20 Hector BARBERA Avintia SPA 2
21 Broc PARKES PBM AUS 1

(motogp/jos)

See Also

The Reds Juara Piala Super Eropa 2019
Santoso Nahkodai Tapak Suci Putera Muhammadiyah Kudus 2019-2024
Manny Pacquiao Rebut Gelar Dunia WBA Super Kelas Welter
All Indonesian Final Di Indonesia Terbuka 2019
Manchester United Tunjuk Ole Gunnar Solskjaer Gantikan Jose Mourinho
Manchester United Pecat Pelatih Jose Mourinho
Persija Jakarta Juara Liga 1 Tahun 2018
Maroko Menahan Spanyol 2-2
Uruguay Juara Grup A Libas Tuan Rumah Rusia 3-0
Asa Jerman Terbuka, Jerman Tundukkan Swedia 2-1
Meksiko Kirim Pulang Korea Selatan 2-1
Belgia Bantai Tunisia 5-2
Swiss Atasi Perlawanan Serbia 2-1
Nigeria Hempaskan Islandia 2-0
Brazil Pupus Harapan Kosta Rika 2-0
Ryan Giggs Jadi Direktur Akademi Sepakbola Di Vietnam
SEA Games 2017, Indonesia-Thailand Imbang 1-1
Tumbuhkan Kebersamaan, Dandim 0716/Demak Ikuti Jalan Sehat
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Pos Koramil 02/Bogorejo Gelar Senam Bersama Forkopimcam
Hermansyah Pelatih Kiper Baru Madura United FC
Pelatihan Dayung, Babinsa Koramil 01/Kota Kodim 0721/Blora Instruktur Pelatih
Koramil 14/Todanan Besama Muspika Gelar Senam Bersama
Personel Koramil 13/Kunduran Melaksanakan Pembinaan Fisik
Koramil 07/Sambong Gelar Senam Bersama Muspika
jQuery Slider

Comments

Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.538.503 Since: 05.03.13 | 0.1383 sec