Politik

Jokowi Tunjuk Khofifah Indar Parawansa Jadi Juru Bicara

Saturday, 03 Mei 2014 | View : 1440

SURABAYA-SBN.

Calon presiden (capres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Gubernur DKI Jakarta itu, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’, mulai melakukan silaturahim ke banyak pihak menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2014.

Jokowi beserta rombongan baru tiba di rumah kediaman Khofifah Indar Parawansa sekitar pada pukul 14.30 WIB, Sabtu (3/5/2014).

Tampak bersama rombongan, Jokowi didampingi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PDIP Ahmad Basarah, Ketua Fraksi PKB DPR RI Marwan Dja'far, Effendi Choirie dari Partai NasDem, anggota DPR RI PDIP Indah Kurnia, dan Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji.

Sedangkan lebih dulu datang di rumah Khofifah Indar Parawansa, antara lain mantan calon gubernur (cagub) provinsi Jawa Timur Bambang Dwi Hartono, pengamat pendidikan Kresnayana Yahya, guru besar UIN Sunan Ampel Ridwan Nasir, serta pengurus Muslimat NU, PCNU, dan IPPNU.

Bahkan dalam pertemuan singkat kediaman Khofifah Indar Parawansa, Ketua PP Muslimat NU di Jalan Jemursari VIII/24 Surabaya, Sabtu (03/05/2014) siang ini, Jokowi menunjuk secara langsung Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa sebagai Juru Bicaranya (Jubir) tim pemilihan presiden (pilpres) 2014.

Calon Presiden (capres) dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ menetapkan Ketua Umum Pengurus Pusat Muslimat Nahdatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa resmi menjadi Juru Bicaranya.

Keputusan tersebut diambil langsung Jokowi tanpa melibatkan DPD PDI Perjuangan Jawa Timur. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur (Jatim) Sirmadji mengatakan, keputusan pengangkatan Khofifah Indar Parawansa sebagai Juru Bicara tersebut diambil langsung oleh Jokowi tanpa melibatkan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur. “Itu keputusan Pak Jokowi langsung, kami memang tidak dilibatkan. Beliau diberi mandat penuh oleh PDIP, jadi yang menentukan Pak Jokowi," ungkap Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji di kediaman Khofifah Indar Parawansa, Surabaya, Sabtu (3/5/2014).

DPD PDIP Jatim tidak mempermasalahkan penunjukan Khofifah Indar Parawansa sebagai Juru Bicara Jokowi. Justru DPD PDIP Jatim mendukung penunjukan itu dengan akan melibatkan Khofifah Indar Parawansa di setiap rapat internal partai. “Sekarang sudah jelas siapa Bu Khofifah, tentu dong dilibatkan. Karena beliau sudah jadi bagian Pak Jokowi, Juru Bicara nasional,” papar Ketua DPD PDIP Jawa Timur Sirmadji, Surabaya, Sabtu (3/5/2014).

Dirinya menyebutkan, keputusan Jokowi menetapkan Khofifah Indar Parawansa menjadi Juru Bicaranya, karena telah lama berinteraksi dengannya sehingga Khofifah Indar Parawansa yakin dapat saling bersinergi dengan mantan Wali Kota Surakarta ini, Jokowi. “Saya rasa banyak hal dari proses interaksi saya dengan Beliau sejak jadi Wali Kota kemudian pada saat jadi Gubernur hingga saat ini setelah deklarasi, saya merasa banyak hal yang Insya Allah bisa bersinergi," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Jokowi mengakui dirinya sudah lama mengenal Khofifah Indar Parawansa dan bebarapa kali melakukan pertemuan. Dalam kesempatan kali ini, bahkan Jokowi meminta Khofifah Indar Parawansa menjadi Juru Bicara (Jubir) dirinya yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden (capres). “Mbak Khof (Khofifah) kebetulan berkenan rawuh (hadir). Beliau menyanggupi saya beri amanah menjadi Juru Bicara bagi Jokowi,” kata mantan Wali Kota Solo tersebut, Jokowi dihadapan ratusan kader Muslimat NU.

Jokowi resmi mengumumkan Khofifah Indar Parawansa sebagai Juru Bicara dirinya. Penegasan tersebut dilakukan di hadapan kader muslimat NU yang dipimpin Khofifah Indar Parawansa.

Pengumuman tersebut langsung disambut tepuk tangan kader Muslimat NU yang hadir. Penunjukan tersebut diakuinya sebagai dasar pertemanan kedua sahabat lama tersebut.

Dalam kesempatan pertemuan itu, Khofifah Indar Parawansa juga memberikan sebuah cenderamata untuk Jokowi berupa silsilah keilmuan Nahdlatul Ulama yang merunut daftar guru mulai dari Hasyim Asyhari hingga kepada Nabi Muhammad. Dirinya membuatkan silsilah keilmuan keluarga besar NU yang sudah dibingkai.

Selain itu, mantan Wali Kota Surakarta tersebut, Jokowi juga berkesempatan mendapat suguhan rujak cingur. Khofifah Indar Parawansa menawarkan kudapan khas Surabaya kepada Jokowi. "Ayo Pak, ndak afdhol kalau ke Surabaya ndak makan rujak cingur," ajak Khofifah Indar Parawansa.

Acara silaturahmi itu hanya berlangsung sekitar 60 menit.

Gubernur DKI Jakarta tersebut, Ir. H. Joko Widodo yang akrab disapa ‘Jokowi’ juga mengaku bersyukur hari ini bisa bertemu dengan warga Jatim, khususnya Surabaya.

Agenda selanjutnya, Jokowi yang pernah dinobatkan menjadi Wali Kota terbaik ketiga dunia akan bertemu dengan  K.H. Solahuddin Wahid atau Gus Sholah di Ponpes Tebuireng Jombang. Rombongan Jokowi pun kemudian melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang.

Dan, diteruskan bertemu dengan Ketua Dewan Syuro PKB K.H. Azis Mansyur di Ponpes Pacul Gowang, Jombang, Jawa Timur. Terakhir, Jokowi akan bertemu dengan pengurus dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) se-Kabupaten Jombang.

Sementara keesokan harinya, dia akan melakukan silaturahim ke K.H. Maimun di Rembang, Jateng. (jos)

See Also

Ketika Ahli IT Dan Master Di Bidang Hukum Menolak Korupsi
Kami Peduli Kejahatan Pornografi
Ketua MUI Tak Sependapat Indonesia Bubar 2030
Mukernas II PPP Hasilkan Sejumlah Ketetapan
PAN Walk Out Dari Paripurna RUU Pemilu
Pengamat LIPI Sebut Fenomena Ahok Bikin Parpol Panik
Gubernur DKI Jakarta Tunggu Menteri Sebelum Konsep Baru Raperda Reklamasi
Fadli Zon Akan Sidak Lokasi RS Sumber Waras
Mekanisme Pemilihan CaGub Dan CaWaGub DKI Jakarta Dari PDIP
Presiden Joko Widodo Melantik Agus Widjojo Sebagai Gubernur Lemhannas
Ahok Kecam Cuitan Yusron Ihza Mahendra Yang Rasis
Bicara Kalimat Rasis, Kemlu Minta Yusron Ihza Mahendra Fokus Jalankan Tugas
Ahok Hadiri Pelantikan Pengurus Partai NasDem DKI Jakarta
Muhammadiyah Ingatkan Sistem Politik Tidak Boleh Memiskinkan Rakyat
Tujuh Rekomendasi Mukernas PKB
Agung Laksono Tegaskan Munaslub Partai Golkar Harus Oleh Tim Transisi
Setya Novanto Mundur
Mayoritas Anggota MKD DPR RI Putuskan Setya Novanto Langgar Kode Etik
Ibu Yang Dimarahi Ahok Soal KJP Mengadu Ke DPRD DKI Jakarta
MenkoPolhukam Bersaksi
Sejumlah Calon Petahana Menangkan Pilkada
Maroef Sjamsoeddin Ibaratkan Setya Novanto Seperti Henry Kissinger
Prabowo Subianto Juru Kampanye Maya Rumantir/Glenny Kairupan
Tiga Paslon Bupati Dan Wakil Bupati Blora Sampaikan Program Dan Visi Misi
Haedar Nashir Terpilih Menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah
jQuery Slider
Arsip :2019201820172016201520142013
  •    •    •    •  
Copyright © 2013-2014 Siar Batavia News. All rights reserved. Visit: 7.537.439 Since: 05.03.13 | 0.1426 sec